Home Investasi Tips Memulai Investasi Berlian yang Menguntungkan

Tips Memulai Investasi Berlian yang Menguntungkan

by Lara Nifa

Akhir-akhir ini muncul bentuk investasi baru, dimana sedang digandrungi para selebritis, jenis investasi satu ini merupakan investasi berlian. Investasi belian secara perlahan dapat menggeser posisi emas. Hal ini bukan tanpa adanya alasan jika mereka mulai pindah dari yang tadinya investasi emas menjadi berlian. Tentunya dianggap lebih menguntungkan.

Tidak hanya itu saja, berlian pun lebih tahan dari inflasi jika dibandingkan emas, tidak memerlukan biaya perawatan, serta memiliki tren harga cenderung meningkat. Batu berlian merupakan jenis batuan mulai dengan nilai paling tinggi memiliki sifat paling keras serta langkah. Dilihat dari karakternya maka akan sangat masuk akal jika nilai investasi dari berlian jauh lebih tinggi daripada emas.

Investasi di instrumen manapun akan tetap memerlukan kecerdasan kamu supaya dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Begitu pula ketika akan melakukan investasi seperti berlian, apalagi jika kamu tergolong baru dalam dunia investasi. Mengingat begitu banyak masyarakat yang awam tentang berlian, Berikut beberapa tips dalam memulai investasi berlian.

1.       Menentukan Besar Anggaran

Sebelum kamu membeli berlian sebagai investasi ada baiknya menentukan dulu berapa yang akan kamu anggarkan. Tahap ini sangat penting agar menghindarkan kamu menjadi gelap mata saat belanja berlian. Kamu tidak dapat menghabiskan semua uang untuk dibelikan berlian saja. Karena tujuan utama kamu membeli berlian sebagai sarana investasi dan bukan barang koleksi, jangan mudah tergiur oleh model dan jenis perhiasan cantik. Apalagi nilai jual berlian lebih mahal dibanding logam mulai lain seperti emas.

2.       Membeli Berlian yang Utuh

Jika bertujuan untuk investasi sebaiknya kamu membeli atau mencari berlian yang utuh sebab akan lebih menguntungkan daripada yang sudah berbentuk pecahan. Hindari beli berlian yang sudah berbentuk perhiasan jika niat kamu memang untuk berinvestasi sebab nantinya menjadi susah dijual. Bahkan membeli berlian yang sudah berbentuk perhiasan sebetulnya merugikan kamu sebagai investor, dimana tren selalu mengalami perubahan serta harganya menjadi lebih murah.

3.       Pilihlah Warna Putih dan Jernih

Disarankan bagi kamu dalam pemilihan berlian, cari yang berwarna putih jernih. Kenapa demikian? Sebab berlian bila warnanya semakin putih maka harganya pun akan semakin tinggi. Umumnya warna berlian tercantum melalui kode huruf “D” artinya paling tinggi untuk warna putihnya. Sementara yang paling bawah yakni warna berlian berkode huruf “Z”.

Tidak hanya yang berwarna putih saja yang perlu kamu perhatikan namun juga tingkat kejernihan berlian tersebut. Berlian yang harganya paling mahal tentu yang memiliki warna paling jernih. Kamu bisa melihat kode berlian tersebut bila ada koda”VVS” itu berarti tingkat kejernihan nya paling tinggi.

4.       Carilah Jenis yang Paling Langka dan Disukai

Berinvestasi berlian pastinya akan kamu jualan kembali suatu saat nanti kepada orang lain yang mau membelinya agar bisa mendapatkan keuntungan. Supaya keuntungan diperoleh cukup tinggi maka carilah jenis berlian paling langkah dan banyak dicari. Pilih jenis paling langka serta sedang menjadi tren khususnya di kalangan pecinta bebatuan mulia ini.

5.       Pastikan Mempunyai Sertifikat

Hal yang wajib kamu hindari yakni membeli serta menyimpan barang imitasi apalagi harganya begitu tinggi seperti berlian. Bagaimana cara supaya terhindar dari berlian imitasi atau palsu? Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  • Berlian asli mempunyai tekstur yang kokoh dan kuat. Sebagai salah satu batu alam terkeras, berlian memiliki ketahanan yang diatas rata-rata. Jadi, saat berliat ini asli maka tak akan mudah pecah atau sekedar retak.
  • Mempunyai sertifikat GIA. Dimana berlian asli selalu mempunyai sertifikat yang didapat dari Gemological Laboratory alias GIA. Dalam sertifikat GIA ini akan dicantumkan pula soal karakteristik dari berlian yang kamu beli. GIA dikenal mempunyai aturan dan prosedur yang begitu ketat untuk urusan berlian.
  • Tak mudah berembun dan tergores. Berlian asli tentu tidak mudah tergores atau baret karena benda lain. Bahkan, berlianlah yang memiliki kemampuan dapat menggores barang atau benda lainnya. Jadi, dapat dipastikan bahwa baru berlian asli yakni yang tidak gampang tergores. Tidak hanya itu saja, berlian asli pun tidak akan berembus saat kamu menghembuskan napas ke berlian tersebut.
  • Dapat merefleksikan cahaya melalui berbagai sisi. Kilauan yang semakin membuat indah berlian adalah dapat merefleksikan pantulan cahaya dari berbagai sudut. Tentunya hanya berlian asli lah yang bisa melakukan hal tersebut. Jadi, bila berlian hanya dapat memantulkan cahaya hanya dari satu sisi saja, bisa dipastikan berlian yang kamu pilih tidak asli.

Demikianlah penjelasan mengenai investasi berlian yang saat ini mulai banyak digemari. Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi berlian sebagai pengganti emas? Berinvestasi berlian tersebut dapat dipilih sebagai investasi yang sangat menjanjikan bagi kamu.

Related Posts