Home Bisnis dan Usaha Tips Memulai Bisnis sebagai Makeup Artist

Tips Memulai Bisnis sebagai Makeup Artist

by Lara Nifa

 

Bisnis di bidang tata rias artist atau make up artist sekarang pun telah menjasi bisnis yang cukup menjanjikan, selain hal itu, bisnis menjadi make up artist dapat dibilang suatu peluang yang baik juga jika sebagai pekerjaan yang paling utama serta cocok juga sebagai bisnis sampingan Anda. 

 

Pekerjaan sebagai make up artist ini sangat tergantung pada kemampuan mutlak dalam tata rias wajah. Bahkan sekarang bisnis menjadi penata rias wajah yang satu ini sangat populer di kalangan maka pun dan berapapun usianya. Dengan berkembangnya tekonologi dan informasi yang semakin maju, perkembangan di bidang ini telah menjadi tren, khususnya pekerjaan profesional menjadi penata rias artist atau make up artist yang sudah beredar di media sosial dan populer dibicarakan. 

 

Menurut fakta di lapangan, terdapat banyak pebisnis make up artist usia muda yang memanfaatkan peluang serta demi meraup keuntungan. Namun, perlu digaeis bawahi Anda juga harus memberi patokan perhitungan mengenai berapa jumlah potensi keuntungan yang  sekiranya bisa didapatkan jika terjun ke dunia bisnis dan menjadi seorang make up artist apalagi yang profesional. 

 

Menjadi make up artist dinera sekarang dapat bisibilang profesi yang sangat penting, khususnya dalam segala acara, misalnya acra resmi wisuda, proses pemotretan pre-wedding, pemotretan apapun, acara khusus pertunjukan fashion, acara akad atau resepsi pernikahan, sampai segala acara penting lainnya.

 

Tips Sukses Make Up Artist

 

Di bawah ini merupakan tips yang akan membawa Anda menjadi seorang pebisnis di bidang tata rias wajah atau make up artist, simak yuk!

 

Meningkatkan Kemampuan Merias

 

Modal utamanya tentu kemampuan tangan Anda yang spesial, jika sudah tertarik melakukan pekerjaan ini, maka harus meningkatkan kemampuan merias Anda dengan mengikuti segala pendidikan formal, atau bahkan non-formal. Sebagai contohnya, Anda dapat melakukan kursus atau mengikuti segala workshop make up artist. Agar kemampuan Anda juga diakui oleh para ahli make up artist yang sudh profesional. 

 

Namun, apabila Anda masih seorang make up artist yang pemula, maka lebih baik Anda pahami lebih lanjut mengenai wawasan dasar, serta apa saja hal yang harus diperhatikan dalam proses merias wajah. Anda sapat belajar dari segala sumber, selain menempuh pendidikan formal, Anda juga harus melatih kemampuan merias Anda setiap hari bahkan dpat Anda akses melalui internet. 

 

Menyiapkan Peralatan Lengkap Make Up 

 

Begitu banyak unsur yang harus diperhatikan dalam proses make up artis profesional, tidak hanya memahami karakter kulit wajah klien atau mengenal segala jenis make up dan fungsi yang dipakai untuk klien saja namun, Anda juga harus menyiapkan semua peralatan make up yang lengkap. 

 

Apabila Anda seorang yang masih sangat pemula, tentu segala keperluan bisa Anda miliki pelan-pelan sesuai dengan kebutuhan klien. Sebagai ahli profesional di bidang make up Anda harus menyiapkan kualitas produk make up dan semua peralatan make up yang berkualitas. Semua demi kenyamanan klien dan membawa nama serta keahlian kemampuan tangan Anda dalam merias wajah. 

 

Anda dapat mengumpulkan segala alat make up sambil mempelajarinya. Karena banyak alat yang berbeda namun masih memiliki fungsi yang sama, semua tergantung kemampuan mumpuni yang Anda miliki. Semakin lama, peralatan make up Anda akan semakin lengkap sembari melatih kemampuan merias Anda menjadi seorang yang profesional. 

Mengamati Tren Terkini

 

Jika ingin bisnis yang lebih maju, maka harus selalu mengetahui dan mencari tahu apa saja make up yang sedang tren. Serta mencari tahu bagaimana perkembangan make up saat ini. 

 

Anda dapat mencari tahu tren make up baru, tentunya melalui segala sumber berita, pertama bisa membaca koran, membaca majalah, atau agar lebih praktis bisa mengakses melalui media sosial. Sehingga, Anda harus selalu berkembang dan melakukan pembaruan make up sesuai dengan make up yang sedang berkembang saat ini. 

 

Kendati demikian, Anda juga dituntut dapat melakukan pertimbangan kembali, selain memperhatikan tren Anda juga harus tahu apakah tren yang sedang berkembang saat ini cocok dengan karakter wajah klien Anda atau tidak. Karena, tidak semua hal akan cocok diterapkan pada semua orang. 

 

Menemukan Ciri Khas Anda

 

Sekali terjun maka jangan tanggung, sebagai pebisnis ahli make up artist professional, Anda harus memiliki ciri khas make up yang tentunya hanya Anda yang punya, ciri khas yang memang tidak dimiliki para make up artist lainnya. Bertujuan agar mendapatkan posisi spesial di hati para klien.

 

Selain itu, Anda juga harus tetap memperhatikan keinginan klien, jadi Anda tidak akan dibilang sebagai make up artist yang buruk. Kebanyakan, klien akan lebih menyukai gaya make up Anda jika Anda lebih menurut keinginan klien, maka akan terjadi ikatan saling percaya. 

 

Promosi Menggunakan Media Sosial 

 

Zaman sekarang siapa yang tidak menggunakan internet dan media sosial. Langkah yang tentunya harus Anda lakukan adalah melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Kemampuan tangan spesial Anda harus dilihat oleh dunia, gunakan kamera profesional serta lampu yang bagus kemudian abadikan setiap momen merias Anda. 

 

Hal ini sangat penting demi memenuhi portofolio Anda sebagai seorang make up artist. Foto-foto yang sudah diabadikan harus dikirim melalui media sosial Anda dan lakukan suntingan dengan tampilan yang kreatif agar menarik perhatian para calon klien. Dengan ini, akan memberikan potensi keberhasilan Anda sebagai seorang tenaga ahli dalam bisnis make up artist. 

 

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan jasa wedding organizer atau para desainer tata busana dan segala aspek yang berhubungan dengan make up artist. 

 

Demikian tips-tips menjadi make up artist profesional yang akan menunjang karir Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts