Home Bisnis dan Usaha Tips Memperoleh Pendapatan Tambahan Untuk Karyawan

Tips Memperoleh Pendapatan Tambahan Untuk Karyawan

by Lara Nifa

Pekerjaan full time yang kamu jalankan saat ini merupakan sumber pendapatan tetap yang kamu miliki sebagai main income kamu, tetapi meskipun sudah memiliki pendapatan tetap, tetap masih ada karyawan yang menginginkan penghasilan tambahan di luar gaji yang mereka dapatkan setiap bulannya.

Menjadi sebuah kendala, ketika ingin mendapatkan penghasilan tambahan diluar pendapatan tetap kamu tetapi kamu tidak mempunyai waktu ataupun sumber daya untuk menambah penghasilan kamu. 

Hanya mengandalkan penghasilan kamu sebagai karyawan tetap saja belum tentu cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan kamu, apalagi semenjak pandemi harga beberapa barang kebutuhan pokok melonjak tajam, dan jadi memberatkan pengeluaran kamu. 

Side Hustle

Untuk mengatasinya, beberapa orang mulai mencoba untuk mencari penghasilan lain diluar pendapatan tetap mereka sebagai karyawan. Mereka tahu kalau hanya mengandalkan pendapatan mereka saat ini, lambat laun mereka akan mengalami kesulitan di area finansial mereka. 

Ya, mencari penghasilan tambahan selain pendapatan tetap bisa menjadi salah satu solusi paling tepat yang bisa dilakukan selain kamu berhemat atau menjaga pengeluaran kamu.  Kegiatan mencari tambahan penghasilan diluar penghasilan tetap inilah yang biasa kita kenal dengan istilah side hustle.

Tips memulai side hustle

Lalu, bagaimana caranya kamu  mendapatkan sumber penghasilan tambahan selain pendapatan tetap kamu sebagai karyawan? Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu meninggalkan pekerjaan tetap kamu yang sekarang. 

Di zaman yang serba canggih ini, kemajuan teknologi memampukan kita untuk melakukan banyak hal, salah satunya sebagai tempat mencari penghasilan tambahan untuk menambah pendapatan kamu.

Berikut beberapa tips memperoleh pendapatan tambahan untuk menambah penghasilan kamu yang bisa kamu simak sebelum kamu memulai side hustle.

  • Mulai dari minat dan hobi

Usaha yang kamu mulai sebagai penghasilan tambahan tidak akan bisa  berjalan dengan sukses, apabila kamu sendiri tidak suka dan berminat dengan usaha tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus memilih usaha yang kamu suka dan minati untuk kamu jalankan. 

Usaha yang dimulai dari kesukaan atau hobi dan dijalankan dengan minat akan memberikan hasil yang optimal, jika dibandingkan dengan usaha yang dijalankan dengan setengah hati.

Jika  kamu hobi memasak, kamu bisa memulai usaha di bidang kuliner, kamu bisa menjalankan dengan sistem PO pada akhir pekan agar tidak mengganggu jam kerja tetap kamu. Atau jika kamu mahir di bidang fotografi, kamu bisa menjadi fotografer freelance pada akhir pekan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Punya bisnis plan yang jelas

Usaha  sampingan yang kamu miliki tidak akan bisa sukses dan bertumbuh, kalau kamu selaku pemilik usaha tidak memiliki tujuan yang jelas terhadap usaha kamu. 

Walaupun hanya sampingan, kamu perlu memperlakukan usaha yang kamu jalankan dengan serius, siapa sangka nanti usaha kamu yang sebelumnya sebgai usaha sampingan ini berkembang sehingga menjadi usaha tetap yang akhirnya kamu jalani dengan seirus.

Buatlah bisnis plan sederhana untuk usaha kamu, set tujuan yang jelas dan terukur. Dengan adanya tujuan yang jelas, akan membuat kamu lebih bersemangat dan fokus dalam menjalaninya walau usaha kamu saat ini hanya usaha sampingan.

Misalnya saja kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan omset 3 juta dalam sebulan atau karena usaha kamu sudah mulai ramai pelanggan, kamu ingin merekrut karyawan dan mencoba menjalankan usaha kamu fulltime dari yang tadinya hanya buka di akhir pekan karena kesibukan kamu sebagai karyawan.

  • Mencari rekan usaha

Kalau kamu masih merasa kesulitan untuk memulai usaha kamu, kenapa tidak mencoba mencari rekan usaha untuk memulai usaha kamu. Siapa tahu ada teman-teman kamu yang juga sedang mencari side hustling untuk menambah penghasilan mereka. 

Coba presentasikan ide usaha kamu kepada teman kamu, siapa tahu mereka tertarik dengan ide usaha kamu. Dengan mempunyai rekan usaha maka menjalankan usaha sampingan tidak akan terasa berat karena kamu mempunyai rekan yang bisa saling membantu dan mendukung. 

  • Komitmen 

Usaha apapun tidak akan mencapai sukses jika tidak dijalankan dengan komitmen dan disiplin yang baik. Menjalankan usaha sampingan berarti kamu harus siap berkomitmen untuk membagi  waktu kamu di sela kesibukan kamu sebagai karyawan tetap. Mempunyai komitmen dan disiplin adalah kunci sukses menjalankan usaha.

Mulailah belajar disiplin untuk membagi waktu kamu dengan baik. Buatlah agenda atau catatan apa yang perlu kamu lakukan dan persiapkan untuk usaha sampingan kamu. Selalu mencatat ketika ada ide, agar ketika kamu mempunyai waktu luang sehabis bekerja kamu bisa fokus mengolah ide yang kamu catat.

Demikianlah beberapa tips memperoleh pendapatan tambahan untuk karyawan. Kamu juga harus ingat, walaupun kamu sudah memiliki usaha sampingan, jangan sampai kamu lupa dengan pekerjaan utama yang kamu miliki sekarang.

Related Posts