Home Tips Tips Memilih Rekan Untuk Buka Cabang Usaha 

Tips Memilih Rekan Untuk Buka Cabang Usaha 

by Lara Nifa

Sudah sangat biasa dilakukan oleh para pengusaha untuk memilih rekan kerja dalam menjalankan suatu bisnis. Karena kamu tidak bisa melakukan semua pekerjaan dalam usana yang di jalani dengan sendirian. Meskipun kamu bisa mendirikan usaha itu dari nol tanpa bantuan orang lain, tetap saja dalam proses nya kamu tetap harus membuat rekan bisnis. Tetapi memiliki teman bisnis juga bukan suatu hal mudah untuk dilakukan, terkadang orang yang kamu bisa percaya belum tentu bisa kamu andalkan untuk membantu usaha bisnis berdua. 

Dalam memilih rekan kerja kamu harus bisa menyelesaikannya dengan apa yang kamu butuhkan dalam usaha, apalagi jika usaha yang akan kamu buat ini berkaitan dengan cabang usaha baru. Berarti semua aspek yang dibutuhkan dalam usaha termasuk sumber daya manusia nya harus diperhatikan dengan baik dan teliti. Karena saat awal cabang usaha baru di buka maka masa itulah yang penting untuk menentukan seberapa berkualitasnya cabang tersebut. 

Maka dari itu, tulisan ini akan embah tentang bagaikan sih tips memilih rekan kerja untuk kamu jika sedang ingin buka cabang usaha baru? Apakah penting memilih rekan usaha yang baik? Berikut ini adalah tips yang bisa kamu gunakan, siapkan catatan kamu ya! 

1. Menyamakan Visi Dan Misi Dalam Usaha

Dalam menjalani sebuah usaha, sesekali dituntut untuk memiliki visi dan misi usaha sebagian upaya untuk membuat usaha tersebut menjadi memiliki motivasi dan tujuan untuk bisa lebih baik lagi. Begitupun juga jika kamu ingin bekerja sama dengan sesekali untuk menjalankan usaha bersamamu. Kamu dan calon rekan usaha harus memiliki visi misi yang sama untuk mencapai tujuan usaha yang lebih baik. 

Karena sangat penting bagi kamu dan tekanan kerja untuk memiliki tujuan sebagai visi dan misi yang sama. Sehingga dalam berjalannya bisnis visi dan misi tersebut bisa menjadi acuan untuk mencapai suatu hal yang baik untuk perusahaan. Jika kamu menemukan rekan kerja yang memiliki tujuan yang sama, kamu juga akan lebih mudah menjalani sebuah usaha bersama. 

2. Melihat Kemampuan Rekan Usaha Sesuai Dengan Kebutuhan Usaha

Jika kamu ingin seorang rekan yang dapat membantu kamu dalam melakukan seluruh proses bisnis bersama, berarti kamu harus memilih rekan bisnis dari kemampuan dia terhadap kebutuhan usaha yang sedang di jalani. Jangan sampai kamu malah memilih rekan bisnis yang sama sekali tidak mengerti dengan apa yang akan dia kerjakan dalam bisnis yang sedang berlangsung. 

Kamu bisa melihat kemampuan rekan usaha sesuai dengan kebutuhan usaha bisa dilihat langsung dari obrolan dengan orang itu. Kamu bisa menanyakan kesanggupan dia dalam berbisnis, kemampuan dia dalam membagi tugas dengan adil dan sesuai dengan aspek yang dimiliki dan aspek lainnya yang berkaitan dengan bisnis yang akan kamu jalani bersama rekan usaha kamu. 

3. Perhatikan Kondisi Finansial Yang Dimiliki Oleh Rekan Usaha

Salah satu tujuan untuk mendapatkan rekan dalam usaha sesuai kebutuhan adalah kondisi finansial untuk bisnis itu sendiri. Jika kamu memilih bisnis usaha yang baru saja mau buka cabang usaha lalu kamu terbentur oleh kondisi finansial sehingga usaha tersebut tidak berjalan, maka kamu bisa mencari rekan usaha yang bisa bekerja sama untuk memberikan modalnya sebagai investasi. 

4. Memiliki Komitmen Yang Bagus Dalam Menjalankan Bisnis

Jika poin sebelumnya adalah masalah finansial harus diperhatikan dalam memilih rekan kerja, maka yang terpenting selanjutnya dalam menjalankan usaha adalah sebuah komitmen. Karena akan sia-sia saja jika semua aspek terpenuhi tetapi rekan bisnis kamu malah tidak memiliki komitmen yang tinggi dan malah lepas dari tanggungjawab. 

5. Memiliki Sikap Yang Terbuka Pada Kritikan

Sebagai rekan dalam bisnis, kamu harus memilih seorang yang selalu mau mendengar apapun pendapat dan kritikan oleh berbagai pihak. Karena kritikan itu sangat penting untuk berjalannya sebuah usaha. Maka pilih lah rekan usaha yang memiliki sikap terbuka pada kritikan. 

6. Mampu Bekerja Dalam Tim

Selalu ada seseorang yang memiliki sikap egois, selalu melakukan suatu hal sendiri. Hal demikian sangat tidak baik dilakukan oleh pengembang usaha. Karena dalam dunia usaha harus bisa bekerja dalam tim. 

Beberapa tips memilih rekan untuk buka cabang usaha ini hanya merupakan beberapa dari tips yang sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri. Karena setiap orang akan memiliki kriteria khusus masing-masing untuk bisa menjadikan orang lain sebagai partner atau rekan dalam sebuah bisnis. Tulisan ini hanya membantu kamu untuk menyadari bahwa penting sekali untuk mendapatkan rekan bisnis yang baik dan sesuai dengan kebutuhan usaha kamu. 

Jangan sampai kamu salah memilih rekan bisnis karena akan sangat berpengaruh pada kualitas usaha yang dijalani. Jadi Semoga informasi yang ada dalam tulisan ini dapat bermanfaat untuk kamu ya. 

Related Posts