Home Belanja Tips Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik, Apa Saja Pilihannya?

Tips Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik, Apa Saja Pilihannya?

by Greg Pascal
mesin cuci hemat listrik

Mesin cuci adalah salah satu perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga. Meski minim daya, mesin cuci hemat listrik juga dapat diandalkan mempermudah pekerjaan rumah secara maksimal. Pasalnya tidak semua orang memiliki waktu untuk mencuci secara manual. Mesin cuci sangat membantu pekerjaan rumah, namun ada baiknya jika kita menggunakan mesin cuci hemat listrik.

Alasannya karena mesin cuci adalah salah satu perangkat elektronik yang memiliki daya listrik cukup besar. Selain kita harus bijaksana dalam penggunaannya, kita juga bisa memilih mesin cuci yang dapat bekerja maksimal namun tetap hemat listrik. Berikut beberapa tipsnya.

Tips Memilih Mesin Cuci

1. Cermati Daya Listriknya

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memilih mesin cuci yang hemat daya adalah dengan mencermati daya listriknya. Perhatikan bahwa semakin kecil daya listrik yang dibutuhkan mesin untuk bekerja artinya semakin hemat pula energi yang Anda habiskan.

Umumnya mesin cuci dua tabung membutuhkan daya untuk proses mencuci sebesar 90 watt sampai 240 watt. Sedangkan untuk daya untuk proses pengeringan sebesar 40 watt hingga 140 watt. Ada baiknya bila Anda memilih mesin cuci dua tabung karena lebih hemat,

Mesin cuci satu tabung membutuhkan daya listrik lebih besar karena pencucian dan pengeringan ada satu tabung saja. Penggunaan daya listrik untuk mesin cuci satu tabung bisa mencapai 350 watt yang mana lebih boros daya.

2. Pilih Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Memilih mesin cuci dengan kapasitas yang tidak begitu besar juga merupakan salah satu cara untuk hemat listrik juga. Hal ini dikarenakan oleh peningkatan kapasitas mesin cuci juga perlu didukung tenaga besar untuk menggerakkan komponen motornya. 

Apabila cucian Anda tidak terlalu banyak setiap hari atau jangka waktu tertentu, ada baiknya jika Anda memilih mesin cuci dengan kapasitas sedang supaya lebih hemat energi dalam setiap pencuciannya.

3. Menentukan Antara Mesin Cuci Satu Tabung Front Loading atau Top Loading

Jenis tabung top loading membutuhkan daya listrik lebih rendah daripada mesin cuci front loading. Meski memang mesin cuci satu tabung front loading memiliki keunggulan dari segi proses mencuci yang lebih aman dan tingkat kekeringan pakaian mencapai 90%.

4. Pilih Mesin Cuci Dengan Minim Fitur

Banyaknya fitur baru mesin cuci juga mempengaruhi konsumsi listrik saat digunakan. Panel display digital di mesin cuci keluaran terbaru umumnya akan meningkatkan konsumsi energi secara signifikan. Perhatikan fitur-fiturnya sebelum memutuskan.

Itulah tips untuk memilih mesin cuci hemat listrik. Mesin cuci murah tidak menjamin hemat listrik, namun dengan memperhatikan tips diatas Anda bisa mencari mana yang sesuai untuk Anda. Sebagai rekomendasi, berikut daftarnya.

mesin cuci hemat listrik

Baca Artikel Selanjutnya :

Rekomendasi Mesin Cuci Hemat Listrik

1. Sharp

Sharp adalah salah satu merk yang terbilang unggul asal Jepang. Ada beberapa jenis mesin cuci dari merk ini yang direkomendasikan seperti Sharp tipe SHARP ES-T97CM dengan kapasitas 9 kg. Selain hemat listrik, harganya juga terjangkau yakni dengan harga sekitar Rp.2 juta. 

Tak hanya itu saja, panel dalam bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dioperasikan. 

2. Electrolux

Electrolux merupakan brand mesin cuci asal Swedia, dikenal sebagai brand ramah lingkungan, mesin cuci ini memiliki kisaran harga antara Rp.1,5 juta hingga Rp.13 juta. Untuk rekomendasi terbaiknya, Anda bisa memilih tipe EWF 10741 dengan harga sekitar Rp.5 juta.

3. LG

Brand yang satu ini juga merupakan salah satu brand terbaik untuk direkomendasikan. Beberapa model mesin cucinya sudah dilengkapi teknologi Inverter Direct Drive dengan 6 pilihan siklus cuci serta garansi panjang hingga 10 tahun. Mesin cuci LG dikenal karena motor listriknya yang kuat,

Salah satu rekomendasinya adalah tipe LP WP-1460R Twin Tube. Mesin cuci dengan harga 3 jutaan rupiah ini memiliki bukaan atas dengan kapasitas tabung 14 kg.

Beberapa brand dan juga tipe lainnya yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  1. Panasonic NA-W87FC1-BC1 dengan harga sekitar 1,9 hingga 2 jutaan rupiah
  2. Samsung WT853210MG-TC dengan harga sekitar 1,5 hingga 2 jutaan rupiah
  3. Polytron Zeromatic PAW85511M dengan harga sekitar 2 jutaan rupiah
  4. Sanken TW-7730 dengan harga sekitar 1,2 jutaan rupiah
  5. Modena WF-652 dengan harga sekitar 4 jutaan rupiah
  6. Sharp ES-FL1491XW dengan harga sekitar 5,9 jutaan rupiah
  7. Sanyo ASW99XTF dengan harga 1,9 jutaan rupiah
  8. Electrolux EWF-85747 dengan harga sekitar 4,9 jutaan rupiah

Beberapa mesin cuci memang memiliki harga yang cukup mahal. Namun hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti karena bahan material yang digunakan seperti menggunakan stainless steel atau fitur-fitur tambahan lainnya. Jadi, kenali mana spesifikasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Itulah beberapa tips mengenai cara memilih mesin cuci hemat listrik dan juga beberapa rekomendasi jenis dan merk mesin cuci. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam memilih mesin cuci yang tepat dan yang pasti hemat listrik sehingga tidak boros dalam penggunaannya.

Related Posts