Home Perencanaan Tips Memilih Asuransi Mobil Bekas

Tips Memilih Asuransi Mobil Bekas

by Lara Nifa

Asuransi adalah suatu perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis atau nasabah, lalu pihak nasabah membayar iuran yang ditagih setiap bulannya supaya mendapatkan penggantian resiko atau kerugian, kerusakan bahkan kehilangan yang terjadi karena situasi atau peristiwa yang tidak terduga. Dengan kata lain asuransi merupakan penanggung resiko yang muncul sehingga dapat membuat dampak kerugian pada nasabah,baik kerugian kecil maupun kerugian besar.

 

Memilih asuransi kendaraan terutama ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas adalah hal yang memang harus dilakukan, mungkin tidak banyak orang sadar ketika membeli mobil bekas tidak memerlukan asuransi kendaraan, padahal jika membeli mobil bekas akan sangat beresiko jika tidak mengetahui track record servisnya, bagian mobil mana yang harus diperbaiki dan juga resiko jika membeli mobil terlalu tua akan kesulitan dalam mencari sparepartnya, lalu biasanya jika mobil tua akan sangat mahal. Disisi lain juga harus menghindari resiko kecelakaan bagi diri Anda jika tidak mengetahui asal usul mobil bekas yang Anda beli.

Kenapa Mobil Bekas Harus di Asuransikan

Ketika Anda memiliki asuransi pada mobil bekas yang dibeli, akan memberikan dampak kenyamanan dan keamanan. membeli mobil bekas tidaklah salah akan tetapi harus dengan proteksi yang baik pula, supaya menghindari resiko yang tidak diinginkan seperti kecelakaan maupun kerusakan pada mobil Anda. selain itu alasan apalagi yang mengharuskan mobil bekas diasuransikan? simak penjelasannya dibawah ini,

 

  • Menghindari Resiko Kecelakaan
    Setiap pemilik mobil bekas atau mobil baru pastinya tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan di jalanan yang dapat mengganggu keuangan di rumah. walaupun sudah berhati-hati namun namanya musibah datang tidak akan mengenal waktu, maka dari itu asuransi bisa menjadi pertimbangan Anda.

  • Menghindari Kerugian Finansial
    Ketika daerah atau lingkungan tempat Anda tinggal rawan kriminalitas, upaya mendaftarkan asuransi untuk mobil Anda adalah bersifat wajib, karena supaya ketika ada kehilangan maka asuransi akan mengcover kerugian Anda.

  • Menghindari Kerugian Akibat Kerusakan Mobil bekas
    Kerugian karena kerusakan dan sulitnya mencari sparepart mobil bekas menjadi alasan kuat dimana Anda memerlukan asuransi mobil, hal ini merupakan resiko yang umum terjadi ketika membeli mobil bekas.

Jenis Asuransi Mobil Bekas

Keharusan memiliki asuransi ketika Anda memilih untuk membeli mobil bekas harus dipertimbangkan untuk keamanan finansial dan aset Anda, lalu jenis asuransi apa yang cocok untuk mobil bekas yang Anda beli?

 

  • Asuransi Mobil Perlindungan Semua Resiko (All Risk)
    Jenis asuransi yang pertama adalah asuransi yang memiliki perlindungan segala kerusakan sampai perlindungan resiko kehilangan mobil Anda. Asuransi ini sangat mempengaruhi juga ketika sparepart mobil yang Anda miliki sulit ditemukan di pasaran, maka dari itu asuransi ini cocok untuk mobil Anda yang memang sudah tua dan mengalami kesulitan dalam mencari spare part atau suku cadang.

  • Asuransi Mobil Kehilangan (TLO)
    Jenis asuransi yang direkomendasikan ketika mobil yang Anda miliki merupakan mobil yang langka dan juga memiliki nilai yang fantastis di pasaran, asuransi ini hanya memberikan perlindungan kehilangan mobil bekas. 

Tips Memilih Asuransi Mobil Bekas

Mobil bekas bisa jadi memiliki nilai yang cukup tinggi, apalagi jika mobil bekas ini banyak dicari untuk koleksi dan sangat langka di pasaran. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan Anda untuk membeli asuransi kendaraan supaya mobil yang Anda miliki ketika sesuatu terjadi dan bukan hal yang diinginkan maka akan ada yang mengcovernya, Lalu bagaimana memilih asuransi mobil bekas yang benar? simak tips dibawah ini ya,

 

  • Memperhitungkan usia Mobil Bekas
    Ketika Anda memilih untuk mengasuransikan mobil bekas, maka harus memperhitungkan nilai dari mobil bekas dan juga tahun berapa pembuatannya, jika pembuatan mobil tersebut masih di tahun 2012 keatas makan dianjurkan untuk menggunakan Asuransi All Risk. akan tetapi jika mobil bekas memiliki tahun yang lebih tua, biasanya pihak asuransi akan menolaknya dan akan dialihkan ke asuransi mobil kehilangan atau TLO.

  • Melakukan Riset dan Survei Perusahaan Asuransi
    Sebelum meyakinkan diri untuk bergabung dengan asuransi kendaraan Anda, hal yang utama yaitu survey kebijakan perusahaan asuransi tentang mobil bekas. Hal ini dilakukan supaya Anda mengetahui bagaimana kualitas perusahaan asuransi tersebut yang akan mengcover mobil Anda dalam jangka panjang. pastikan asuransi tersebut banyak digunakan oleh banyak orang dan juga memiliki platform online supaya memudahkan komunikasi Anda dengan Pihak Asuransi.

  • Memperhatikan Kontrak Asuransi Dengan Teliti
    Tips selanjutnya adalah selalu memperhatikan dengan detail pada draft kontrak dan juga penjelasan agen asuransi supaya ketika sudah ditandatangani tidak akan ada penyesalan dari pihak Anda, karena kontrak ini tidak bisa dibatalkan sampai tenggat waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan Asuransi.

  • Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan
    Asuransi mobil TLO dan All Risk memiliki manfaat yang berbeda-beda, disesuaikan kebutuhan dengan mobil bekas yang Anda miliki.

Jangan Terburu-buru Memilih Jenis Asuransi
Ketika Anda memilih atau tidak menggunakan jasa asuransi adalah keputusan yang harus tetap dipertimbangkan, supaya tidak salah melangkah lebih baik Anda bisa mencari referensi atau orang yang lebih berpengalaman dalam asuransi mobil bekas.

Related Posts