Home Tips Tips memilih Asuransi Kesehatan

Tips memilih Asuransi Kesehatan

by Lara Nifa
asuransi kesehatan

Masih banyak sekali orang yang takut untuk membeli asuransi kesehatan, padahal bila Anda memilikinya tentu akan lebih tenang serta terjamin karena adanya perlindungan dari adanya kemungkinan resiko yang merugikan finansial Anda.

Karena itu lebih baik memiliki setidaknya satu asuransi kesehatan demi menjaga diri, apalagi seperti yang Anda ketahui bila biaya pengobatan cukup mahal, belum lagi jika harus menjalani pemeriksaan secara berkala atau operasi. Bayangkan berapa banyak uang yang dikeluarkan apabila tidak memiliki polis asuransi.

Tips untuk memilih asuransi kesehatan

Supaya Anda tidak salah dalam memilih asuransi kesehatan. Berikut dibawah ini adalah beberapa yang dapat dijadikan bahan pertimbangan serta mengetahui manfaat dari polis asuransi yang akan dibeli nantinya.

1. Beli asuransi saat sehat

Ada baiknya bila Anda membeli polis asuransi disaat keadaan tubuh dalam keadaan sehat, karena bila Anda mengurus asuransi kesehatan ketika sakit. Dikhawatirkan pihak perusahaan akan menolak untuk memberikan pertanggungan, apabila hal ini sampai terjadi maka Anda terpaksa harus menanggung segala biaya menggunakan uang pribadi.

Bayangkan bila penyakit yang Anda derita tersebut mengharuskan untuk melakukan perawatan-perawatan yang terbilang beras, misalnya kemoterapi atau operasi. Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan guna membayar semua itu. Jadi, mulai sekarang bagi Anda yang belum memiliki asuransi kesehatan pertimbangkanlah hal-hal seperti itu supaya menjadi lebih sadar akan pentingnya asuransi.

2. Cari tahu syarat untuk rawat inap dan pahami kebutuhan 

Hal lain yang harus Anda ketahui adalah bahwa setiap produk dari asuransi kesehatan mempunyai syarat dan aturan mengenai rawat inapnya masing-masing. Ada sebuah pemahaman yang salah mengenai rawat inap, contohnya saat Anda harus dirawat inap maka dapat mengajukan klaim asuransi kapan saja.

Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah manfaat dari polis asuransi yang akan dibeli. Contohnya seperti aturan mengenai yang dapat diklaim itu untuk rawat inap berapa lama. Apakah setelah satu hari atau lebih dari itu? Kemudian tanyakan juga perihal apakah dapat langsung diklaim dengan menggunakan bukti biaya setelah dirawat beberapa jam di UGD?

Pahamilah hal tersebut dengan baik, karena ini sangat penting untuk menjadi salah satu bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi. Anda juga harus mengetahui kebutuhan akan asuransi kesehatan, apakah Anda membuatnya memang khusus untuk penyakit kronis atau bukan.

3. Beli asuransi untuk seluruh anggota keluarga

Untuk Anda yang telah berkeluarga, pasti memiliki pertanyaan apakah akan lebih baik bila membeli satu polis untuk satu keluarga atau per individu? Jawabannya adalah lebih baik membeli langsung. Karena akan lebih murah dibandingkan harus satu-satu. Biasanya untuk asuransi kesehatan ini memiliki jumlah maksimal hingga 5 orang dalam satu kartu keluarga.

4. Milikilah polis asuransi sejak masih muda

Anda harus memahami bila besar dari premi asuransi tergantung pada jangkauan perlindungan sesuai yang ditawarkan, seperti usia tertanggung, kemudian riwayat kesehatan dari nasabah sampai dengan tenggat waktu perlindungan. 

Pada asuransi kesehatan, terdapat ketentuan dimana semakin tua Anda makan biaya yang harus dibayar akan semakin mahal. Hal tersebut dikarenakan berbagai resiko yang bisa saja diderita oleh nasabah. Intinya, lebih baik membuat dan membeli asuransi kesehatan sejak usia muda.

5. Cari tahu mengenai manfaat dan cermati fungsinya

Cermati fungsi dan manfaat dari asuransi kesehatan yang ditawarkan serta pelajari tentang produk yang akan Anda pilih. Karena perlu diingat lagi bila tiap penyedia asuransi kesehatan memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Pada dasarnya manfaat yang ditawarkan pada sebuah produk adalah sebagai berikut :

  • Rawat inap
  • Perawatan gigi
  • Rawat jalan
  • Pembedahan

Pilihlah produk asuransi yang dapat diterima oleh banyak instansi kesehatan. karena tentunya hal tersebut akan memberikan Anda keuntungan lebih banyak. Jadi, jangan malas untuk selalu mencari tahu mengenai kondisi-kondisi tertentu yang tidak diterima oleh polis asuransi.

Misalnya, ketika Anda harus memahami tentang keadaan sebelum atau aturan-aturan pada asuransi kesehatan dimana manfaat dari polis tersebut tidak berlaku pada penyakit yang sebelum sudah Anda derita. Artinya, bila Anda sakit kemudian harus menjalani rawat inap dikarenakan kondisi pre-existing, maka penyedia asuransi kemungkinan akan menolak permintaan Anda.

Pilihlah asuransi kesehatan yang dengan sesuai kebutuhan

Anda harus tahu bahwa ketika telah memutuskan untuk membeli polis asuransi kesehatan, pastikan bila memang sesuai dengan kebutuhan. Karena hal ini penting supaya Anda dapat memaksimalkan manfaat serta menghindari resiko finansial ketika sakit.

Kunci utama dalam memilih asuransi, yakni mengenai jangkauan perlindungan, besaran iuran yang dibebankan serta rekam jejak dari perusahaan asuransi. Ini berfungsi untuk memudahkan Anda ketika akan mengurus klaim asuransi. Demikianlah sekilas penjelasan mengenai cara memilih asuransi kesehatan yang benar dan sesuai dengan kebutuhan Anda serta keluarga.

Related Posts