Tips Memilih AC yang Hemat Listrik Beserta Rekomendasi Merknya

Tips Memilih AC yang Hemat Listrik Beserta Rekomendasi Merknya Di zaman sekarang ini AC memang sudah menjadi salah satu alat elektronik yang harus ada di

Lara Nifa

[addtoany]

Tips Memilih AC yang Hemat Listrik Beserta Rekomendasi Merknya

Di zaman sekarang ini AC memang sudah menjadi salah satu alat elektronik yang harus ada di rumah, mall hingga kantor. Hampir semua ruang tertutup saat ini menggunakan pendingin ruangan tersebut. 

Namun, banyak juga yang merasa bila mempunyai AC akan membuat biaya listrik bulanan menjadi meningkat. Padahal ada cara yang mudah supaya biaya tersebut tidak membebani pengeluaran, yaitu membeli AC yang sesuai dengan ruangan.

AC atau pendingin ruangan merupakan mesin yang memang dirancang guna menstabilkan kelembaban dan suhu udara dari suatu ruangan. Apalagi dapat dikatakan bila saat ini AC menjadi kebutuhan sebagian besar orang.

Bahkan sekarang ini kamu bisa menemukan banyak sekali brand AC yang mempunyai kualitas baik di pasaran, dimana masing-masing merk tentunya memiliki keunggulan tersendiri dan harga berbeda-beda. Karena inilah terkadang membuat para konsumen kebingungan untuk memilih mana yang berkualitas baik tetapi hemat ketika digunakan. 

Cara memilih AC yang hemat listrik

Bentuk, ukuran watt dan besar AC kerap membuat orang merasa kebingungan. Apalagi bila kamu tidak mengerti tentang AC. Tentunya untuk memiliki AC yang tidak terlalu banyak menggunakan listrik, kamu harus memperhatikan beberapa hal, seperti :

  • Sesuaikan besar PK dengan ruangan

Sebelum membeli AC, Anda harus memahami terlebih dahulu luas ruangan yang akan dipasang AC tersebut. Metode pemilihan dan penyesuaian ukuran PK AC didasarkan pada ukuran ruangan yang ada. 

½ PK AC untuk ruangan 10 m2, ¾ PK AC untuk 14 m2, 1 PK AC untuk 18 m2, 1 ½ PK AC untuk 24 m2, 2 PK AC untuk 36 m2. Jika ruangan lebih besar dari 36 meter persegi, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli AC tambahan.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Ada berbagai jenis dari setiap jenis AC, masing-masing dengan kelebihannya sendiri. Ada berbagai jenis AC di pasaran, seperti tipe split, tipe kotak, tipe sentral, tipe vertikal, dll. AC split biasanya digunakan di rumah atau gedung perkantoran.

Kaset AC juga dapat digunakan di gedung perkantoran. AC sentral sering digunakan di pusat perbelanjaan dan hotel karena kompresornya sangat besar. Jika ingin AC yang bisa dipindah-pindah, gunakanlah AC Standing.

  • Gunakan AC yang memang bisa hemat listrik

Pelanggan memilih menggunakan AC yang hemat listrik supaya tagihan listrik bulanannya tidak mahal. Terdapat banyak perusahaan/ pabrik AC yang memproduksi alat pendingin yang hemat energi.

Karena itu, sebelum kamu membeli AC usahakan mencari tahu tentang daya listrik dari AC tersebut dan kamu tidak perlu khawatir perihal dingin atau tidaknya AC dengan kapasitas watt rendah, karena tidak mempengaruhi dinginnya ruangan.

  • Sesuai dengan anggaran

Tentunya sebelum membeli AC, kamu harus menentukan budgetnya terlebih dahulu. Apalagi jika brand AC yang kamu inginkan harganya cukup tinggi, maka mau tidak mau kamu perlu mulai mengumpulkan uang dari sekarang.

Tetapi jika ternyata harganya terlalu tinggi, maka bisa menyesuaikan dengan anggaran yang telah dimiliki. Karena, sekarang sudah banyak merk AC dengan kualitas baik dengan harga murah. 

  • Garansi jelas

Terakhir, kamu harus menanyakan secara pasti perihal garansi produk yang dipilih. Karena memang seharusnya, setiap produk elektronik termasuk AC harus mempunyai garansi resmi dari pabrik. Ini bertujuan agar ketika terjadi kerusakan yang memang karena kecacatan produk, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan.

Untuk jangka waktu garansi, pastinya masing-masing produk masanya akan berbeda-beda. Jadi, kamu harus mencocokkan lama dari garansi sesuai dengan kebutuhan, misalnya memilih yang 5 tahun atau 10 tahun. Pastikan juga, bila produk tersebut memang terpercaya.

Rekomendasi AC yang hemat listrik

Bagi kamu yang masih bingung ingin membeli merek AC apa saja yang bisa menghemat listrik di rumah, berikut adalah beberapa brand yang direkomendasikan :

  • Midea MSFL-05CR 

Midea MSFL-05CR adalah AC tipe split dengan daya sebesar 260 Watt. Fitur yang terdapat dalam AC ini adalah Mode turbo, mode tidur, dan terdapat lampu LED tersembunyi. Harganya  dibanderol mulai dari Rp2,5 juta-an saja.

  • Akari AC-05d3LW

AC dari Akari ini memiliki daya sebesar 420–320 Watt dan harganya sekitar Rp2,5 juta. Fitur unggulan AC ini adalah adanya teknologi 3D yang mampu menghembuskan udara ke 5 arah bersamaan sehingga udara dingin tersebar secara merata ke seluruh ruangan.

  • Panasonic CS-YN5RKJ

AC dari Panasonic ini mengklaim dapat memotong penggunaan listrik sampai sebesar 20%. AC single split 1/2 PK ini memiliki daya sebesar 430 Watt dan bisa didapat hanya dengan harga Rp2,8 juta saja.

  • Samsung AR05JRFLAWKNSE

AC keluaran Samsung ini memiliki daya sebesar 360 Watt. Adanya fitur smart installation pada AC ini berguna untuk memeriksa masalah pada AC secara keseluruhan. Harga AC ½ PK ini juga hanya seharga Rp2,3 juta. 

Demikianlah tadi tips memilih AC dengan kapasitas watt rendah yang bisa menghemat pengeluaran listrik. Perlu diingat pula bahwa kamu harus menyesuaikan dengan anggaran dan juga kebutuhan rumah.

 

Related Post