Home Belanja Tips Memilih AC Terbaik dan Merk AC Hemat Listrik

Tips Memilih AC Terbaik dan Merk AC Hemat Listrik

by Greg Pascal
AC hemat listrik

AC mungkin sudah menjadi kebutuhan entah di rumah, kantor, atau suatu ruangan. Ingin mencari AC yang bagus dan juga khususnya AC hemat listrik? Berikut adalah tips dan merk-merknya untuk menjadi pilihan Anda.

Air Conditioner (AC) atau mesin pendingin/penyejuk udara adalah mesin yang dibuat untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu ruangan/area. 

Sekarang bisa dikatakan AC sudah menjadi kebutuhan kebanyakan orang. Entah untuk ditaruh di kamar, ruang tamu, di kantor, atau di ruangan-ruangan yang memerlukannya. 

Berbagai merk AC dengan kualitas baik dapat Anda temui dijual di pasaran. Setiap merk punya fitur unggulannya masing-masing dan harganya juga berbeda-beda dan bervariatif. Banyaknya pilihan untuk konsumen yang terkadang membuat bingung dalam memilih.

Mulai dari bentuknya yang bagus, besar listriknya, besar AC-nya, pasti membuat Anda sedikit kebingungan. Apalagi jika Anda sebelumnya belum memiliki pengalaman dalam membeli AC. Pastinya AC hemat listrik juga menjadi konsiderasi utama.

AC yang Anda pilih haruslah sesuai dengan kebutuhan yang ada. Jika Anda berencana untuk membeli AC baru dalam waktu dekat, berikut adalah tips-tips dan merk AC hemat listrik yang bisa Anda pilih. 

Tips Memilih AC Terbaik

1. Ukuran PK AC Sesuai Dengan Besar Ruangan

Sebelum membeli AC, sebaiknya Anda tahu lebih dulu besar ruangan yang akan dipasangi AC. Cara memilih dan menyesuaikan AC untuk ukuran PK AC yang tepat adalah mengukur sesuai besar ruangan yang ada. 

Ada AC ½ PK yang cocok untuk ruangan 10 m2, AC ¾ PK untuk 14 m2, AC 1 PK untuk 18 m2, AC 1 ½ PK untuk 24 m2, dan AC 2 PK untuk 36 m2. Jika ruangan lebih besar dari 36 m2, mungkin bisa dipertimbangkan untuk membeli lebih dari satu AC.

AC hemat listrik

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Sesuai Kebutuhan

Setiap AC memiliki jenis yang berbeda-beda dan memiliki keunggulan masing-masing. Ada berbagai jenis AC dipasaran, seperti AC Split, Cassette, Central, Standing dan lainnya.

AC Split biasa digunakan untuk rumah tangga atau gedung perkantoran. AC Cassette juga bisa digunakan untuk gedung perkantoran.

AC Central biasa digunakan di pusat perbelanjaan dan hotel karena kompresornya sangat besar. AC Standing (berdiri) bisa digunakan kalau ingin AC yang bisa dipindah-pindah.

3. AC Hemat Listrik

Konsumen memilih AC hemat listrik agar tagihan listriknya tidak mahal. Berbagai perusahaan produsen AC juga banyak yang sudah membuat produknya yang dikatakan hemat energi listrik.

Sebelum membeli, jangan lupa untuk mencari tahu pemakaian daya listrik (Watt) AC tersebut. Tenang saja, AC yang hemat listrik tidak mempengaruhi AC dalam mendinginkan ruangan. 

4. Sesuaikan Dengan Budget

Sesuaikan budget Anda dengan AC yang ingin dibeli. Jika budget belum mencukupi untuk membeli AC yang diingini, mungkin bisa dipikirkan kembali untuk membeli merk AC lain yang lebih murah. AC lebih murah tetapi juga keunggulannya masih mirip.

Meskipun harga AC lain lebih murah, jangan tergiur dengan AC dengan harga yang sangat murah. Pastikan Anda yakin membeli, atau tunggu sampai budget cukup daripada membeli yang terlalu murah tetapi kualitasnya kurang bagus.

5. Garansi yang Jelas

Jangan lupa juga untuk menanyakan garansi AC yang akan dibeli. Setiap AC baru harus memberi garansi resmi dari merk AC supaya kalau ada kerusakan, Anda tidak perlu membayar biaya-biaya pembetulan.

Lamanya garansi AC per merk pasti berbeda-beda, cocokkan dengan lama garansi yang sesuai dengan Anda. Membeli AC dari merk  terpercaya pasti garansinya sudah jelas dan pasti.

Merk AC Hemat Listrik

1. Midea MSFL-05CR 

Midea MSFL-05CR adalah AC tipe split dengan daya sebesar 260 Watt. Fitur yang terdapat dalam AC ini adalah Mode turbo, mode tidur, dan terdapat lampu LED tersembunyi. Harganya  dibanderol mulai dari Rp2,5 juta-an saja.

2. Samsung AR05JRFLAWKNSE

AC keluaran Samsung ini memiliki daya sebesar 360 Watt. Adanya fitur smart installation pada AC ini berguna untuk memeriksa masalah pada AC secara keseluruhan. Harga AC ½ PK ini juga hanya seharga Rp2,3 juta. 

3. Akari AC-05d3LW

AC dari Akari ini memiliki daya sebesar 420–320 Watt dan harganya sekitar Rp2,5 juta. Fitur unggulan AC ini adalah adanya teknologi 3D yang mampu menghembuskan udara ke 5 arah bersamaan sehingga udara dingin tersebar secara merata ke seluruh ruangan.

4. Panasonic CS-YN5RKJ

AC dari Panasonic ini mengklaim dapat memotong penggunaan listrik sampai sebesar 20%. AC single split 1/2 PK ini memiliki daya sebesar 430 Watt dan bisa didapat hanya dengan harga Rp2,8 juta saja.

Itulah penjelasan mengenai tips-tips memilih AC terbaik dan merk AC hemat listrik beserta harganya untuk Anda. Beli AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga dapat membantu Anda yang sedang kebingungan dalam membeli AC dengan informasi di atas. 

Related Posts