Home Tips Tips Membuka Cabang Bisnis Baru

Tips Membuka Cabang Bisnis Baru

by Lara Nifa

Sebagai Pengusaha pastinya ingin memiliki lebih dari satu cabang bisnis, apalagi ketika bisnis sedang berkembang dan sudah shuttle dari sisi manajemen finansial dan operasional adalah momen yang tepat untuk membuka cabang bisnis yang baru. Namun untuk mencapai tujuan membuka cabang bisnis baru akan tidak semudah membalikkan telapak tangan daripada mengelola hanya satu cabang bisnis saja.

Mengelola hanya satu cabang bisnis saja mungkin Anda sebagai pebisnis akan dapat secara langsung terjun sebagai pengelolanya. Akan tetapi jika memiliki lebih dari satu bisnis maka akan banyak pertimbangan yang harus Anda perhatikan. Mulai dari tanggung jawab, operasional, manajemen akan semakin komplek permasalahannya. Jika memang bisnis yang pertama berjalan baik dan sukses namun belum tentu di cabang bisnis yang baru akan sesukses cabang yang pertama. Hal ini juga memiliki faktor internal dan eksternal yang harus diperhatikan. Lalu jika bisnis baru yang akan Anda buat tersebut memiliki perbedaan dari segi konsep, produksi, target market dan pemasaran maka Anda harus mempersiapkan banyak hal yang perlu dilakukan dengan kerja tim.

Faktor penyebab Membuka Cabang Bisnis Baru

Membangun cabang bisnis baru harus dilandasi dengan keseriusan, ilmu, konsistensi dan strategi yang tepat, dengan begitu cabang bisnis baru akan berkembang baik dan menunjukan keuntungan bagi pemilik perusahaan, lalu faktor- faktor apa saja yang membuat perusahaan ingin membuka cabang bisnis baru.

  • Usaha yang pertama sudah berjalan dengan baik, dari sisi manajemen dan operasionalnya
  • Memiliki nilai kepuasan dari konsumen tinggi dan sudah banyak pelanggan
  • Permintaan produk atau jasa banyak datang dari luar wilayah sehingga perlu mendekatkan diri kepada pelanggan yang berada di luar wilayah tersebut supaya pelayanan lebih cepat diberikan.
  • Memiliki kerja sama dengan rekan bisnis, sehingga pengelolaan di cabang baru bisa menunjuk rekan bisnis tersebut untuk mengembangkan cabang bisnis baru.
  • Pebisnis menginginkan perputaran keuangan yang lebih tinggi karena sudah lebih dari cukup untuk mencakup banyak pasar.

Tips Membuka Cabang Bisnis Baru

Memulai cabang bisnis baru merupakan suatu hal yang banyak pertimbangan dan juga harus memperhatikan manajemen ketika Anda fokus dengan cabang bisnis baru maka tata kelola bisnis lama juga harus Anda pantau dengan baik. Supaya bisnis pertama dan cabang bisnis lainnya tetap berjalan dengan baik dan saling menguntungkan, dibawah ini ada beberapa tips membuka cabang bisnis baru, yuk simak uraiannya ya.

  • Membuat Strategi Bisnis

Membangun cabang bisnis baru pastinya membutuhkan strategi yang matang dari strategi manajemen keuangan dan juga mendiversifikasikan suatu bisnis untuk kelangsungan bisnis Anda masa mendatang. Contohnya jika bisnis yang pertama belum memiliki manajemen keuangan yang baik maka. Jangan menjadikan strategi bisnis yang lama pada cabang bisnis baru, hal ini akan membuat Anda kerepotan ketika mengelola cabang bisnis baru tersebut.

  • Menunjuk Orang Kepercayaan Untuk Mengelola Cabang Baru

Membangun cabang bisnis baru pasti akan memiliki sedikit permasalahan, dengan menunjuk orang atau karyawan yang paling bisa dipercaya maka akan membuat cabang bisnis baru memiliki standar yang sama dengan bisnis yang Anda bangun sebelumnya. Biasanya penunjukan orang yang bertanggung jawab di cabang bisnis baru merupakan orang terdekat seperti karyawan dengan dedikasi tertinggi dan saudara yang dekat dengan Anda namun memiliki track record bisnis yang baik

  • Memilih Lokasi Dengan Banyak Permintaan

Jika Anda baru menambah cabang bisnis maka yang paling utama sebagai perhatian adalah dengan membuka cabang baru yang berada di wilayah paling banyak permintaan produk atau jasa yang Anda pasarkan, hal ini bertujuan supaya pelanggan yang mungkin terlalu jauh untuk membeli produk atau membutuhkan jasa perusahaan Anda akan merasa pelayanan yang Anda berikan adalah yang paling tercepat. Selain itu di cabang baru Anda juga harus ikut serta memantau jalannya bisnis tersebut sampai boleh dikatakan bisnis bisa berjalan sendiri dengan orang yang bertanggung jawab saat memimpinnya.

  • Mempersiapkan Inovasi Bisnis Baru

Tips membuka cabang selanjutnya yang juga sangat penting adalah peningkatan inovasi produk atau jasa supaya dapat memberikan pelayanan lebih dari segi produk atau jasa. Pastinya peningkatan inovasi ini akan dinantikan oleh pelanggan dan juga akan menarik perhatian pelanggan baru datang ke cabang bisnis baru Anda. Strategi dan inovasi bisa Anda persiapkan sebelum pembukaan cabang bisnis baru supaya dapat memberikan efek positif dari publish media pemasaran.

  • Menentukan SOP Yang Jelas

Memiliki SOP yang jelas dan detail merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda membuka cabang bisnis baru. Hal dasar yang harus Anda siapkan yaitu SOP pelayanan ke konsumen yang bisa menangani jika ada keluhan dari pelanggan yang masuk. SOP ini bertujuan membangun kepercayaan antara pemilik bisnis dengan karyawan dan juga SOP ini bisa meliputi manajemen keuangan, manajemen produksi dan manajemen lainnya supaya tertata rapi dan berjalan dengan tujuan utama keuntungan.

Related Posts