Tips Membangun Usaha Laundry

Salah satu jenis usaha memiliki peluang sangat besar yang dapat kamu lakukan adalah usaha laundry. Selain itu, laundry juga tidak membutuhkan modal yang sangat besar dan akan membuat mu mendapatkan keuntungan yang besar. Terlebih kebutuhan masyarakat untuk kegiatan laundry ini sangat meningkat. Banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian karena padatnya aktivitas yang dijalankan.

Apalagi jika kamu membuka laundry di kota kota besar yang padat penduduk dan sibuk dengan aktifitas masing masing. Mereka pasti akan sangat memburu laundry kiloan untuk membantu nya meringankan pekerjaan. Tetapi sebelum  membuka usaha laundry ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar usaha dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

Tips Membuka Laundry Kiloan

  • Menentukan Target Pasar

Membuka usaha laundry juga harus memiliki target pasar. Hal ini dapat membuatmu lebih fokus pada satu tujuan, tetapi tidak masalah ketika dapat mencapai tujuan lainnya. Jangan malah ingin mencapai semua tujuan hingga membuatmu hanya menerawang seluruhnya dan tidak mendapatkan satu tujuan pun. Sedari awal tentukan target pasar yang akan kamu tuju, misalkan kamu membuat target pasar untuk anak kuliahan kamu dapat menyesuaikan harga yang pas dikantong anak kuliahan. 


  • Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis dapat menentukan berhasil tidaknya usaha laundry yang akan kamu jalankan. Untuk itu pilihlah lokasi yang berpotensi besar untuk dikunjungi para pelanggan. Kamu juga dapat menentukan lokasi berdasarkan target pasar mu. Kamu dapat mendirikan laundry di dekat kos kosan, kampus, atau perkantoran. Selain itu usahakan laundry mu berdiri dipinggir jalan yang sering dan banyak dilalui orang orang agar setiap orang yang lewat dapat dengan jelas melihat usaha laundry mu. Pastikan juga aksesibilitas untuk menuju ke laundry mu memiliki jalan yang bagus. 

  • Pelajari Teknik Pencucian

Meski terlihat sepele sebenarnya memahami teknik pencucian untuk setiap pakaian merupakan hal yang sangat penting. Terlebih pakaian dari setiap pelanggan tentunya berbeda beda, ada pakain yang memiliki pantangan pantangan tersendiri. Untuk itu kamu harus mempelajari seluruh teknik pencucian dari setiap bahan dari pakaian. 

 

Jangan sampai kamu melakukan teknik pencucian yang salah hingga menyebabkan rusaknya pakain pelanggan mu. Jika hal tersebut terjadi tentunya mereka akan kecewa dan tidak mau lagi mempercayai jasa laundry mu. Pilih juga deterjen yang cocok dan tidak cocok untuk setiap bahan pakaian. Hindari kesalahan pemilihan deterjen untuk mencuci pakaian tertentu karena akan berakibat cukup fatal, seperti luntur, dan lainnya.

  •  Menetukan Harga yang sesuai

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan harga yang sesuai dengan target pasar dan lokasi usaha laundry mu. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan agar laundry mu dapat sesuai dengan target pasar mu. Lakukan analisis terlebih dahulu mengenai harga dari para pesaing disekitarmu, kemudian berdasarkan kemampuan target pasar, dan juga keuntungan yang akan kamu dapat jika menetapkan harga tertentu. 

 

Biasanya pada kelurahan atau kecamatan tertentu sudah ada komunitas untuk para pengusaha laundry, jadi kamu dapat bergabung pada komunitas tersebut untuk mengetahui berapa harga yang sewajarnya diberikan. Terlebih untuk penetapan harga laundry sendiri tidak boleh kemahalan atau pun kemurahan untuk menghindari pasar yang tidak sehat.

  • Berikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan dapat menjadi nilai plus untuk usaha laundry mu. Hal ini juga dapat membuat laundry mu beda dari para competitor. Usahakan untuk selalu bersikap ramah kepada semua pelanggan, kemudian usahakan selalu tersenyum agar terlihat profesional dan jangan segan untuk memberikan gratis ongkir untuk pelanggan yang tidak jauh dari laundry mu. Hal ini juga dapat membuat mu mendapatkan pelanggan yang loyal. Mereka tidak akan beralih ke yang lain jika kamu sudah memberikan pelayanan terbaik.

  • Lakukan Analisis Pesaing

Melakukan analisis terhadap para pesaing adalah salah satu hal yang sangat penting. Hal ini akan membuatmu mengetahui dimana letak kekuranganmu dari para pesaing mu dan dapat segera kamu perbaiki. Terlebih saat ini usaha laundry sudah sangat marak dan hampir setiap sudut lokasi yang strategis terdapat laundry. Agar tetap dapat bertahan di pasaran kamu harus melakukan hal ini secara rutin.

  • Berikan Penawaran Menarik

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan ketika membuka usaha laundry adalah memberikan penawaran penawaran menarik untuk para pelanggan. Seperti memberikan diskon, gratis ongkir, dan lain sebagainya. Intinya kamu harus memiliki strategi marketing seapik mungkin agar menarik para calon pelanggan. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, dan juga tik tok untuk sarana promosi agar lebih maksimal. 

 


Posted

in

by