Home Bisnis dan Usaha Tips Membangun Bisnis dengan Pasangan

Tips Membangun Bisnis dengan Pasangan

by Lara Nifa

Menjalankan usaha atau bisnis bersama pasangan ? kenapa tidak? Dengan menjalankan bisnis bersama pasangan artinya kamu mempunyai partner usaha yang benar benar bisa dipercaya dan mengerti dirimu sepenuh nya dan juga bisa dijadikan tempat untuk mendapatkan semangat dalam menjalankan usaha.

Namun memang harus diakui tidak semudah itu untuk bisa menjalankan sebuah bisnis atau usaha bersama  pasangan. Tidak selama nya semua bisa berjalan harmonis , konflik pribadi adalah hal yang paling sering dihadapi oleh pasangan yang menjadikan bisnis atau usaha. Sebagai pasangan  tentu kamu memiliki ikatan emosional dengan pasangan kamu dan kadang juga tidak dijaga dengan baik makan konflik personal ini terbawa ke dunia usaha yang akan membuat jalannya usaha kamu pun akhirnya terganggu. Tidak sedikit usaha atau bisnis yang dijalankan oleh pasangan akhirnya harus gulung tikar atau bubar karena tidak terkelolanya antara kepentingan pribadi dan kepentingan usaha.

Untuk menghindari hal hal yang merugikan usaha, setiap pasangan yang sedang menjalankan usaha atau bisnis bersama perlu mengetahui tips tips agar jalannya usaha bisa berjalan dengan baik tanpa terkena kepentingan atau konflik pribadi antar pasangan.

Bisnis Mudah Bersama Pasangan

1.Utamakan profesionalisme kerja

Meskipun kalian adalah pasangan yang memiliki ikatan batin dan emosional namun di tempat kerja usahakan untuk menjaga profesionalisme kerja, apalagi jika kalian adalah seorang pemilik usaha yang berarti kalian sekaligus adalah pemimpin di perusahaan kalian. Sangat dihindarkan untuk membawa persoalan persoalan pribadi ke ranah kerja atau tempat kerja. Jikapun kalian sedang berkonflik buatlah kesepakatan jika di tempat kerja harus bisa menjaga sikap dan tetap mengutamakan kepentingan usaha di atas kepentingan pribadi. Hindarkan pula sikap sikap yang tidak profesional hanya kalian adalah pasangan , seperti tidak mau dikritik pasangan, tidak mau menjalankan perintah dari pasangan ataupun membiarkan bersikap seenaknya saat berada di tempat kerja mentang mentang kalian adalah pasangan.

2.Pembagian jobdesk dan tugas yang jelas di antara pasangan.

Pembagian tugas diantar pasangan dengan jelas ini akan menghindarkan dari double job desk maupun tumpang tindih pekerjaan yang hanya akan membawa kekacauan di usah kalian. Dengan pembagian tugas ini masing masing dilatih untuk bertanggung jawab dengan apa yang menjadi jobdesknya dan diharapkan kan untuk masing masing menjalani dengan baik sehingga tercipta sinergis dan harmonisasi dalam usaha atau bisnis yang kalian jalankan.

3. Saling bersikap terbuka

Bersikap terbuka tidak saja diperlukan saat dalam menjalankan hubungan sebagai pasangan namun perlu juga diterapkan saat menjalankan  usaha atau bisnis, tidak bersikap curang ataupun sembunyi sembunyi dalam menjalan usaha. Bersikap terbuka ini juga termasuk mau menerima kritik dan saran dari pasangan saat membahas usaha atau bisnis. Dengan adanya keterbukaan ini juga mampu menciptakan suasana profesionalisme  diantara pasangan saat menjalankan usaha atau bisnis bersama.

4. Mempunyai visi dan misi yang sama dalam menjalankan usaha/bisnis

Kesamaan visi dan misi dari pasangan yang bersama sama menjalankan usaha mutlak diperlukan karena ibarat kaki tentu saja harus seiring dan jalan untuk berjalan tidak boleh masing masing punya visi dan misi yang berbeda. Untuk itulah sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha bersama pasangan, sangat diperlukan  pembahasan untuk bisa menemukan titik temu untuk menjalan visi dan misi  yang sama dalam menjalankan bisnis atau usaha bersama. Begitupun saat di tengah tengah menjalankan usaha perlu tetap dijaga kesamaan visi dan misi dari pasangan yang menjalankan usaha. Karena banyak kasus terjadi  meski diawal memiliki visi dan misi yang sama namun ditengah jalan karena tidak terjaganya komunikasi antar pasangan dalam menjalankan usaha akhirnya terjadi perbedaan visi dan misi hingga menimbulkan konflik yang menghantar pada kehancuran usaha yang dirintis bersama.

5. Transparansi dalam keuangan

Salah satu keterbukaan dalam menjalankan usaha adalah transparansi dalam keuangan. Ada baiknya diadakan pemisahan antara keuangan pribadi pasangan dengan keuangan perusahaan  agar tidak terjadi kekacauan dalam cash flow keuangan perusahaan yang akan mengganggu jalannya usaha.

6. Menjaga keharmonisan

Sebagai pasangan tetap menjaga keharmonisan sangat diperlukan , jangan sampai karena masing masing sibuk dalam bekerja akhirnya malah mengganggu keharmonisan hubungan yang  pada akhirnya juga akan menciptakan konflik pribadi yang pasti akan merembet ke dalam pekerjaaan. Selain itu menjaga keharmonisan sebagai pasangan juga mampu untuk menjadi booster dan penyemangat dalam menjalankan usaha bersama sehingga apapun yang dihadapi dalam menjalankan usaha akan dihadapi dengan semangat karena ada orang yang mampu menjadi penyemangat.

7. Menjaga komunikasi tetap terjalin dengan baik

Salah satu untuk menjaga agar hubungan pasangan terjaga dengan baik adalah adanya komunikasi yang baik antar pasangan hingga mampu mewujudkan harmonisasi dalam hubungan. Ketika dalam hubungan pasangan tercipta komunikasi yang baik ini akan membawa dampak yang positif ketika pasangan menjalankan usaha bersama. Karena dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan baik antar pasangan yang sedang menjalankan usaha atau bisnis bersama maka akan menciptakan irama kerja yang baik.

Related Posts