Home Tips Tips Jualan Online Biar Laris Manis

Tips Jualan Online Biar Laris Manis

by Lara Nifa
jualan online

Di zaman yang serba online seperti sekarang ini, memudahkan kita semua untuk menambah pundi-pundi penghasilan secara online juga. Tentu hal ini menjadikan kita banyak mencari informasi terkait dengan tips jualan online yang tepat. Berbekal koneksi internet, sebagai penjual bisa mencari konsumen dari berbagai wilayah.

Sebaliknya, untuk konsumen sendiri juga diuntungkan karena bisa melakukan belanja dengan mudah untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Terlebih bisnis online ini bisa dilakukan dengan banyak cara, tanpa harus ada modal untuk memulainya. Apakah benar demikian? Berikut ini informasi lengkapnya.

Cara Jualan Online Untung Besar

tips jualan online

1. Mulai mengenal produk yang Anda jual 

Pertama dan utama penting untuk mengenal produk yang memang Anda jual. Silahkan Anda mencoba memposisikan diri sebagai konsumen, bayangkan kesan apa yang muncul ketika Anda mengetahui produk tersebut. Apakah produknya menarik? Packingannya unik? 

Hal ini sangat penting sekali supaya Anda bener-benar bisa mengenali produk yang sedang Anda jual. Dengan ini Anda bisa melakukan strategi yang tepat supaya barang Anda bisa laku laris manis.

2. Miliki alamat website 

Cara jualan online supaya bisa bertahan di berbagai situasi yaitu dengan memiliki situs khusus untuk jualan Anda. Penting diketahui keberadaan website memiliki berbagai manfaat untuk mendukung jualan Anda. Melalui website Anda bisa mulai jualan, memasarkan produk hingga memasang iklan.

Selain itu keberadaan situs website menjadikan bisnis Anda semakin memiliki kredibilitas yang baik di mata konsumen. Intinya, website memiliki peranan yang penting supaya awarness bisnis Anda meningkat.

3. Berjualan di marketplace

Sekalipun Anda sudah memiliki situs website, namun mendaftar di marketplace juga bisa menjadi langkah meningkatkan penjualan Anda. Sudah banyak yang melakukan bisnis online dengan memasang lapak di marketplace, dan alhasil penjualannya meningkat drastis.

Ketika Anda bergabung di Marketplace, Anda bisa menarik berbagai pelanggan dari berbagai wilayah dalam waktu yang singkat. Untuk mendongkrak penjualan, Anda juga bisa mensinkronkan antara toko online dengan marketplace miliki Anda. Ini menjadi langkah tepat untuk menaikkan penjualan Anda.

4. Eksis di media sosial

Saat ini keberadaan media sosial sudah menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Tidak jarang banyak orang yang rela menghabiskan waktu untuk berlama-lama bermain media sosial. Penting Anda garis bawahi jika komunikasi menjadi salah satu hal penting guna menarik pelanggan.

Ketika Anda sedang menjalani bisnis online ingat jika keberadaan Anda di media sosial sangat menentukan nasib brand Anda kedepannya nanti. Untuk itu, mulailah dengan membuat konten yang menarik sehingga awarness Anda meningkat.

5. Lakukan marketing mulut ke mulut

Ketika Anda mampu menciptakan produk yang menarik, maka hal ini mampu menciptkan terjadinya marketing otomatis antar mulut ke mulut. Cara jualan online yang kelima ini sudah banyak dilirik para pebisnis. Mengingat seseorang pada dasarnya lebih senang mendapatkan informasi dari orang yang dikenalnya dibandingkan orang yang tidak dikenalnya.

6. Pasang iklan di social media 

Cara jualan secara online selanjutnya ini jangan pernah Anda lewatkan. Bukan hanya biayanya yang lebih terjangkau dibandingkan Anda harus pasang iklan via televisi, namun melakukan iklan di media sosial juga lebih efektif, mengingat saat ini pengguna media sosial sudah mencapai jutaan.

Semakin menarik mengingat saat ini media sosial sudah dilengkapi dengan algoritma yang mampu menampilkan produk sesuai dengan minat penggunannya. Dengan ini, ketika orang melihat iklan dari produk Anda, maka mereka akan paham jika produk tersebut memang dibutuhkan.

7. Tambahkan deskripsi yang menarik

Sebagai penjualan sebuah produk penting untuk bisa menginformasikan dengan detail kepada pembeli terkait dengan produk yang sedang Anda jual. Dengan demikian maka menambahkan sebuah deskripsi menarik terkait dengan produk Anda merupakan langkah tepat. Buatlah deskripsi yang mudah dipahami namun tetap menarik.

Hindari kata-kata hard-selling, mulailah dengan membuat konsep deskripsi story telling. Anda bisa menempatkan deskripsi pada bagian landing page, caption untuk media sosial serta marketplace Anda.

8. Tambahkan packingan yang aman dan menarik

Tips kedelapan ini masih banyak yang mengabaikannya begitu saja. Supaya produk Anda sampai ke tangan konsumen dengan aman, sebaiknya Anda menambahkan packingan dengan lapisan ekstra.

Anda bisa melakukan packing dengan menambahkan bubble wrap kemudian baru membungkus produk dengan kardus. Kemudian tambahkan plastik supaya produk yang Anda jual aman terhadap air.

Ketika ukuran kardus lebih besar dibandingkan produk, sebelum kirim pastikan kembali jika kardus tersebut aman dari guncangan. Anda juga bisa menambahkan sttyrofoam atau beberapa koran bekas sebagai ganjal produk Anda. Dengan ini maka produk Anda akan aman hingga ke tangan konsumen.

Itu tadi kedelapan tips jualan online yang bisa Anda coba untuk meningkatkan serta mempertahankan bisnis yang sedang jalankan. Lakukan kedelapan tips tersebut dengan konsisten. 

Related Posts