Home Tabungan Tips Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Tips Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

by Lara Nifa

Perencanaan finansial sangat diperlukan demi kehidupan yang lebih baik. Salah satunya dengan hidup hemat dan mulai membangun kebiasaan menabung. Tapi kenapa banyak orang merasa sulit untuk memulainya? Jika kamu berencana hidup hemat, mari simak beberapa tips berikut. Bersama akan kita bahas cara mencapai tujuan menabung yang baik dan benar untuk jangka panjang atau pendek.

Mencatat Setiap Pengeluaran

Kamu harus mengetahui berapa banyak uang yang sudah dibelanjakan sebagai langkah awal menabung. Silahkan catat seluruh pengeluaran keuangan, baik untuk kebutuhan sehari-hari sampai dengan tagihan bulanan. Kamu dapat menggunakan pensil dan kertas, mengunduh aplikasi pelacak pengeluaran yang ada di Appstore atau Playstore, atau bisa dengan spreadsheet.

Langkah selanjutnya setelah mencatat pengeluaran adalah membuat urutan berdasarkan kategori, kemudian menjumlahkannya. Kamu bisa memastikan semua pengeluaran tercatat dengan benar melalui laporan mutasi bank atau riwayat transaksi kartu kredit.

Memulai Rencana Hidup Hemat

Setelah mengetahui hal-hal yang dibelanjakan dalam sebulan, langkah berikutnya adalah membuat budgeting atau anggaran belanja. Budget harus sesuai jumlah penghasilan dan pengeluaran. Sehingga kamu bisa merencanakan berapa banyak uang yang perlu dibelanjakan dan pastinya untuk mencegah lebih banyak pengeluaran. Hitung pengeluaran secara teratur. Kamu dapat menentukan jumlah uang yang akan ditabung. Misal, sekitar 15-20 persen dari total pendapatan setiap bulan. Tambahkan juga target menabung secara nyata supaya bisa berhemat dengan nyaman.

Mengurangi Pengeluaran Tak Penting

Sudah waktunya kamu mengurangi pengeluaran untuk hal-hal di luar kebutuhan apabila ingin menabung lebih banyak uang.  Mulai dari sekarang, identifikasi apa saja yang sekiranya bisa dikurangi dengan mencari opsi lain. Ikuti tips berikut agar lebih mudah:

  • Mencari kegiatan gratis dan menemukan hiburan murah
  • Meninjau tagihan secara berkala
  • Mengecek pengeluaran saat makan diluar dan bandingkan dengan saat memasak di rumah. Alternatif lain adalah mencari restoran yang menyediakan promo.
  • Tidak langsung membeli segala hal yang diinginkan. Kamu harus mampu membedakan kebutuhan dan keinginan terlebih dahulu.
  • Menentukan tujuan menabung menjadi salah satu cara terbaik untuk hidup hemat. Baik jangka pendek maupun jangka panjang, kemudian pikirkan berapa banyak yang yang diperlukan.
  • Segera siapkan dana darurat.

Menentukan Prioritas Keuangan

Kamu yang telah mengetahui berapa pendapatan dan pengeluaran setiap bulan, secara tidak langsung mampu mengalokasikan tabungan. Seperti pada saat membutuhkan biaya perawatan kendaraan dalam waktu dekat, maka dapat segera menyisihkan dana dari sekarang. Kamu harus mengingat adanya tujuan menabung untuk jangka panjang. Misal, persiapan dana untuk pensiun lebih cepat.

Memilih Prodik Keuangan yang Sesuai

Tersedia banyak pilihan investasi dan rekening tabungan yang tepat untuk tujuan jangka panjang maupun pendek. Silahkan dipilih sesuai keperluan masing-masing. Kamu perlu memperhatikan setiap pilihan dan pertimbangkan biaya, saldo minimum, risiko, suku bunga, serta seberapa cepat uang tersebut dibutuhkan. Berikut ada beberapa pilihannya:

  • Sertifikat deposito cocok untuk tujuan jangka pendek. Karena kamu bisa mengunci uang hingga batas waktu tertentu dengan bunga yang lebih tinggi dari rekening tabungan biasa.
  • Simpanan dana pensiun sekuritas seperti reksa dana atau saham adalah pilihan terbaik untuk tujuan keuangan jangka panjang. Disarankan kepada orang-orang yang ingin membuat tabungan pensiun atau pendidikan anak.

Aktifkan Fitur Auto Debet

Untuk tips ini kamu bisa memanfaatkan layanan transfer otomatis antar rekening tabungan dan giro yang hampir dimiliki semua bank. Tentukan waktunya, jumlah yang hendak ditabung, serta nomor rekening tujuan. Beberapa bank bahkan menyediakan fitur untuk membagi setoran secara langsung. Dengan begitu, saldo akan terpotong langsung ke rekening tabungan.

Memastikan Pengeluaran Lebih Kecil dari Pendapatan

Cara hidup hemat yang optimal adalah dengan membuat neraca keuangan dalam bentuk tabel atau daftar. Sebaiknya kamu telah mengalokasikan pendapatan yang dimiliki untuk kebutuhan pokok. Apabila pengeluaran malah lebih besar dari pendapatan, maka cari cara menguranginya. Sehingga setiap kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. Bijaklah dalam berbelanja, jangan semua yang dipakai hanya untuk memenuhi keinginan sesaat. Padahal sudah tahu bahwa pendapatan masih belum mampu menutupi pengeluaran sehari-hari.

Memperhatikan Nominal Uang yang Ditabung

Kamu perlu meninjau budget serta mengecek progres keuangan yang ditabung setiap bulan. Cara ini membantu agar tidak cuma hidup hemat untuk memenuhi tabungan pribadi, namun juga untuk memperbaiki masalah keuangan. Pahami dengan baik cara berhemat dan pilih strategi yang paling efektif serta efisien untuk mewujudkan tujuan.

Tentukan tujuan keuangan jangka pendek yang kecil dan se-rill mungkin. Harus bisa dicapai dan tidak melampaui anggaran bulanan. Misalnya kamu ingin mengganti kendaraan baru, pergi berlibur, atau membeli smartphone. Setelah merasakan secara langsung, pasti akan muncul dorongan psikologis yang membuat kamu lebih bersemangat menabung.

Sekian tips hidup hemat supaya bisa menabung dari kami. Semoga membantu, ya.

 

Related Posts