Home Tips Tips Diet Sehat Tanpa Menyiksa Diri

Tips Diet Sehat Tanpa Menyiksa Diri

by Lara Nifa
tips diet sehat

Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, sudah pasti semua orang ingin memiliki tubuh yang langsing, terlebih wanita. Maka tidak heran jika banyak sekali yang melakukan diet agar bisa mendapatkan tubuh idaman. Tapi, terkadang diet yang dilakukan tidaklah sehat atau malah terkesan menyiksa diri. Sehingga penting sekali bagi pelaku diet mengetahui tips diet sehat yang tidak akan menyiksa diri. 

Tips Diet Sehat untuk Tubuh Ideal 

tips diet

Menjalankan diet tidak hanya untuk mendapatkan tubuh yang ideal saja, tapi juga agar tubuh sehat. Sehingga, sangat salah sekali jika Anda melakukan diet tapi menyiksa diri. Adapun beberapa tips diet yang bisa dijalankan tanpa harus menyiksa tubuh: 

  • Makan perlahan 

Diet sendiri sering dilakukan agar berat badan turun ke angka yang ideal, di mana makan perlahan adalah salah satu tips menurunkan berat badan yang sangat efektif. Makan perlahan dan tidak terburu-buru sangat efektif untuk membuat Anda lebih cepat kenyang. Agar Anda bisa makan dengan perlahan, maka Anda fokuskan diri untuk bisa menikmati semua menu makanan. 

Makan dengan terburu-buru sendiri akan membuat Anda lupa berapa banyak porsi makanan yang masuk. Hal ini juga akan mencegah tubuh mencerna makanan dengan baik sehingga makanan akan berubah menjadi lemak jahat. Jadi pastikan bahwa Anda memakan makanan dengan perlahan dan juga menikmati semua menu yang dimakan. 

  • Jangan takut untuk makan 

Biasanya orang yang sedang menjalankan tips menurunkan berat badan berpikir bahwa tidak makan adalah hal yang tepat. Padahal tidak begitu, di mana dengan Anda takut makan malah akan menyiksa tubuh. Makanlah sesuai dengan porsi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika memang sekiranya Anda adalah tipe orang yang sering lapar, Anda bisa sering makan tapi dengan catatan porsinya dikurangi. 

Semisalnya adalah dengan Anda makan dua jam sekali, contoh ketika Anda makan siang pada jam 12 siang dengan menu karbohidrat dari jagung lalu makan lagi pukul 2 siang dengan menu makanan buah-buahan beberapa potong saja. Cara ini sendiri sangat efektif untuk tetap membuat tubuh tetap memiliki berat yang ideal dan juga sehat. 

  • Jangan lewatkan sarapan 

Siapa yang sangka bahwa melewatkan sarapan akan menjadi salah satu penyebab obesitas? Hal ini sendiri karena orang yang melewatkan sarapan akan makan lebih banyak pada siang hari. Sehingga berat badan malah tidak akan terjaga. Selain itu, melewatkan sarapan juga tidak akan memberikan energy yang cukup ketika Anda sedang bekerja. 

Di mana nantinya Anda akan makan lebih banyak pada siang hari dan kekenyangan. Ketika Anda merasa terlalu kenyang maka tubuh akan lebih lemas dan jadi lebih cepat mengantuk. Maka dari pada itu, ada baiknya Anda tetap sarapan agar tubuh memiliki energy yang cukup dan menghindari makan berlebihan pada saat siang hari. 

  • Minum air putih yang cukup 

Tips menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah selalu minum air putih yang cukup. Seperti yang sudah diketahui bahwa tubuh membutuhkan air untuk bisa membuat metabolisme tubuh berjalan lancar. Salah satu penyebab terjadinya obesitas adalah kurang minum yang membuat metabolisme tubuh tidak bekerja seperti seharusnya. 

Metabolisme tubuh yang baik akan membuat lemak terbakar dengan lebih cepat, di mana air putih adalah salah satu pembakar lemak yang paling efektif. Sangat disarankan bagi Anda untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini akan sangat membantu Anda yang ingin memiliki berat badan yang ideal. 

  • Makan makanan berserat tinggi 

Salah satu tips diet yang sukses adalah dengan makan makanan berserat tinggi. Serat sangatlah penting untuk memperlancar pencernaan dan juga agar nutrisi dapat terserap dengan baik. memiliki pencernaan yang sehat akan memberikan efek tubuh tetap sehat dan metabolisme tubuh berjalan dengan baik. 

Perbanyakan makanan berserat seperti sayur dan buah juga sangat efektif untuk membuat kenyang menjadi lebih lama. Sehingga nantinya Anda tidak akan selalu merasa lapar ataupun makan dengan berlebihan. Penuhi kebutuhan serat ini dengan sangat baik agar tubuh tetap terjaga beratnya. 

  • Ganti nasi putih dengan nasi merah 

Jika Anda sedang menjalankan tips diet, maka ada baiknya mengganti sumber karbohidrat dari nasi putih ke nasi merah. Di mana nasi merah sendiri memiliki kandungan glukosa yang rendah, sehingga sangat baik sekali dikonsumsi untuk orang yang memiliki resiko diabetes. Tidak hanya itu saja, nasi merah juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan juga terdapat antioksidan yang dapat mencegah kanker. 

Itulah beberapa tips diet sehat bagi Anda yang memang ingin menurunkan berat badan tanpa harus menyiksa diri. Namun, tidak hanya dari makanan saja, di mana Anda perlu juga menjalankan pola hidup sehat seperti berolahraga dan jauhi rokok ataupun minuman beralkohol. 

Related Posts