Home Tips Tips Cerdas Beli Mobil Bekas untuk Keluarga

Tips Cerdas Beli Mobil Bekas untuk Keluarga

by Lara Nifa
Tips Cerdas Beli Mobil Bekas untuk Keluarga

Mempunyai mobil merupakan impian seluruh orang. Apalagi untuk yang telah mempunyai keluarga. Mobil seken seringkali menjadi alternatif yang baik untuk mendukung perjalanan keluarga.Tetapi, memilih mobil seken untuk satu keluarga membutuhkan sedikit ketelitian selain kebutuhan keluarga yang berbeda-beda. 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan supaya mobil seken yang Anda pilih dapat memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Simak sejumlah tips cerdas saat ingin membeli mobil seken untuk keluarga berikut ini. 

Beli mobil sesuai dengan kemampuan 

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil seken untuk keluarga Anda yaitu harga dari mobil tersebut sudah sesuai belum dengan keadaan keuangan Anda. Cara ini dapat Anda gunakan dengan menyesuaikan anggota keluarga dan menentukan tipe mobil yang tepat. 

Apabila Anda memiliki keluarga besar, Anda telah dapat mengetahui tipe mobil bekas mana yang pas untuk dipakai. Bisa berupa SUV bekas, MPV, hatchback, crossover, dan lebih mobil seken yang keadaan nya masih bagus untuk dipakai sekeluarga lainnya. Jangan lupa untuk mengesampingkan ketenaran membeli mobil baru dan ada baiknya mempertimbangkan keuntungan membeli mobil seken dengan keadaan seperti mobil baru.

Pilih mobil yang cocok untuk seluruh keluarga 

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan mobil seken untuk keluarga Anda yaitu memastikan mobil yang Anda pilih mempunyai kapasitas muat yang besar. Pastikan kabin Anda mempunyai ruang yang cukup untuk membuat perjalanan Anda nyaman dan aman, mulai dari ruang di bawah kaki hingga ketinggian berdiri dan penyimpanan bagasi. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir ketika harus melakukan perjalanan jauh dimana harus membawa banyak perlengkapan.

Pilih mobil dengan fitur keamanan paling bagus 

Hal selanjutnya yang acap kali dilupakan saat membeli mobil seken untuk keluarga yaitu fitur keselamatan. Periksa adanya fitur keselamatan misalnya sabuk pengaman, airbag dan ISOFIX (kursi anak baris belakang yang dapat dikunci). Sebab, Anda tak bisa menduga kapan bahaya akan terjadi. Untuk itu, sangat disarankan agar Anda perhatikan kembali adanya fitur keselamatan kendaraan yang Anda inginkan.

Pilih mobil yang nyaman 

Tidak hanya harus memiliki fitur keselamatan saja, saat beli mobil seken untuk keluarga, Anda juga wajib perhatikan fitur yang membantu kenyamanan berkendara. Hal tersebut penting sekali, terutama bila Anda dan keluarga sering bepergian jauh. Pilih mobil yang memiliki jok empuk dan nyaman, ruangan yang cukup lega dan luas serta AC yang segar, suspensi yang empuk serta suasana yang tenang di dalam mobil. Hal tersebut berguna untuk mencegah Anda dan anggota keluarga lainnya (orang tua dan anak-anak) dari kelelahan ketika bepergian.

Tentunya bagus jika memiliki fitur-fitur terbaru  

Tidak hanya mendukung fitur-fitur yang bermanfaat, namun Anda juga perlu memperhatikan fitur hiburan ketika beli mobil seken untuk keluarga Anda. Pastikan fitur-fitur di dalam mobil Anda up-to-date supaya Anda tidak bosan berwisata bersama keluarga. Pastikan mobil keluarga seken ini memiliki banyak fitur misalnya radio, audio, Tv atau Anda dapat menambahkan game. Wah, pasti berkendara jadi lebih seru nih!

Anda juga perlu memperhatikan konsumsi bahan bakar 

Mobil seken yang Anda beli untuk keluarga Anda dapat digunakan pada tingkat yang  sangat tinggi. Saat bepergian ke kantor, pasar, atau akhir pekan, dimulai dengan pergi ke sekolah bersama anak-anak. Jika mobil Anda irit bahan bakar, konsumsi bahan bakar mobil Anda akan terasa sangat tinggi. Oleh sebab itu, pastikan mobil seken dari keluarga pilihan memberikan penggunaan bahan bakar yang irit.

Pastikan biaya perawatan mobil sesuai dengan kantong 

Saat beli mobil seken untuk keluarga, ada baiknya Anda membaca dan mengetahui informasi seputar masalah umum mobil yang Anda butuhkan. Dengan demikian, Anda dapat  memprediksi jumlah biaya yang nantinya Anda keluarkan untuk setiap perawatan mobil. Semakin kompleks teknologi dan makin canggih kendaraan maka biaya perawatan untuk kendaraan tersebut semakin mahal. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat perbandingan yang lebih ketat dari biaya layanan mobil bekas keluarga.

Jangan membeli mobil jika suku cadangnya terlalu mahal 

Anda tidak hanya harus menghitung biaya perawatan dari mobil seken untuk keluarga Anda, Anda juga perlu memastikan jika suku cadang mobil yang Anda butuhkan mudah ditemukan. Bukan hanya tampilan mobil yang menarik, tetapi jika Anda kesulitan mendapatkan suku cadang, maka lebih baik jangan membeli mobil tersebut. 

Cari promo di dealer mobil 

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu memanfaatkan promo yang biasanya ditawarkan oleh pihak dealer. Anda bisa cari dealer yang ada di daerah tempat Anda tinggal, lalu bandingkan promo nya dengan dealer lainnya. Pilih dealer terpercaya dan juga yang memberikan harga yang murah. 

Related Posts