Home Bisnis dan Usaha Tips Buka Online Shop di Persaingan yang Tinggi

Tips Buka Online Shop di Persaingan yang Tinggi

by Lara Nifa

Kemajuan teknologi membuat kehidupan semakin mudah. Melalui perkembangan teknologi, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan salah satunya adalah belanja online.Saat ini tren belanja online banyak diminati oleh orang-orang terutama bagi kaum muda. 

Selain memiliki kemudahan dalam melakukan transaksinya, online shop juga memiliki peluang yang menjanjikan bagi para pelaku usaha. Tak jarang ditemukan bisnis yang semula offline lalu beralih menjadi online shop. 

Tingginya daya beli pasar, membuat pelaku usaha berlomba-lomba dalam menjalankan bisnis online sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus bagi kamu yang ingin membuka online shop agar bisnis yang dijalankan dapat beroperasi dengan sukses dan lancar. Berikut ini adalah tips buka online shop di persaingan yang tinggi :

  • Melakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ketika membuka online shop adalah riset pasar. Riset pasar akan membantu kamu dalam meningkatkan penjualan serta melalui riset pasar kamu dapat mengetahui trend yang saat ini ramai diminati oleh masyarakat. Riset pasar dapat dilakukan melalui diskusi, wawancara hingga survei online. 

Selain riset pasar, kamu juga perlu melakukan riset kompetitor. Riset kompetitor bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai bisnis yang dijalankan oleh kompetitor sehingga kamu dapat mengetahui keunggulan dan kekurangan mereka. Melalui riset kompetitor kamu dapat melakukan suatu inovasi yang belum dilakukan oleh para pesaing sehingga bisnis yang kamu jalanlan memiliki nilai tersendiri di mata konsumen. 

  • Menentukan Target Pasar

Target pasar merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin membuka bisnis online karena hal tersebut merupakan salah satu faktor kesuksesan dalam berbisnis. Kamu harus mengetahui target pasar yang kamu tuju agar kamu dapat menyiapkan strategi, rencana yang matang serta mengetahui cara berkomunikasi dengan konsumen.

  • Maksimalkan Branding

Branding merupakan suatu cara untuk memperkenalkan produk kamu kepada konsumen melalui desain ataupun simbol tertentu yang berfungsi sebagai pembeda antara produk kamu dengan produk lainnya. Pemilihan branding harus dilakukan dengan tepat agar konsumen merasa familiar terhadap bisnis yang dijalani serta dapat menumbuhkan kepercayaannya terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Terdapat beberapa pilihan yang tersedia untuk melakukan branding mulai dari sosial media, adword hingga SEO. 

  • Melakukan inovasi Produk

Setelah melakukan riset pasar dan memaksimalkan branding, kamu juga perlu melakukan inovasi terhadap produk yang akan kamu jual. Melakukan Inovasi produk akan membuat produk yang kamu jual menjadi lebih unik,  menarik serta unggul ketika dibandingkan dengan pesaing. Selain itu, kamu juga dapat melakukan eksplorasi produk dan layanan untuk meningkatkan kualitas.

  • Menyiapkan Strategi Digital Marketing

Saat ini penggunaan digital marketing sudah banyak digunakan oleh pelaku usaha online shop. Digital marketing akan membantu kamu dalam mempromosikan produk yang dijual. Selain itu, melalui digital marketing dapat meningkatkan traffic pengunjung. Kamu dapat memanfaatkan beberapa platform media sosial seperti instagram, facebook ads, hingga SEO (Search Engine Optimization). Jika kamu memiliki budget yang lebih, kamu juga dapat menggunakan jasa digital marketing yang sudah profesional.

  • Memberikan Potongan Harga hingga Voucher

Pemberian potongan harga dan voucher dapat menjadi salah satu strategi bisnis yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Biasanya konsumen akan membeli secara berulang jika tersedia promo ataupun voucher di toko online tertentu. Keuntungan yang didapat mungkin akan sedikit ketika memberikan potongan harga tersebut namun kamu perlu perhatikan jangka panjang yang akan dihasilkan. Oleh karena itu, janganlah ragu ketika memberikan potongan harga kepada konsumen karena melalui pemberian tersebut dapat meningkatkan loyalitas mereka.

  • Melakukan Kolaborasi

Menjalin kerja sama atau kolaborasi dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis. Kolaborasi yang kreatif dan inovatif dapat menghasilkan keuntungan diantara kedua belah pihak serta dapat memperoleh segmen pasar yang baru. Selain itu, melalui kolaborasi dapat meningkatkan penjualan produk serta mempertahankan pertumbuhan usaha yang kamu miliki.

  • Memberikan Pelayanan Terbaik

Hal penting yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha online shop adalah pelayanan. Pelayanan tersebut termasuk menjawab pertanyaan yang muncul serta merespons kritik dan juga saran. Seringkali kita menemukan online shop yang tidak ramah serta tidak merespon secara cepat. Hal tersebut tentunya membuat konsumen kehilangan rasa tertariknya sehingga memutuskan untuk beralih ke online shop yang lain. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin membuka bisnis online shop perlu memberikan pelayanan yang baik dan ramah serta responsif terhadap pesan yang ditinggalkan oleh konsumen. Hal tersebut akan membantu bisnis kamu terlihat lebih unggul dibanding dengan bisnis pesaing.  

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk kamu yang ingin memulai bisnis online. Semoga membantu!

 

Related Posts