Home Bisnis dan Usaha Tips Bisnis yang Dikelola dari Rumah

Tips Bisnis yang Dikelola dari Rumah

by Lara Nifa

Terdapat banyak faktor untuk mendorong suatu bisnis yang dikelola dari rumah, dan pilihan tersebut akan ditempuh ketika usaha baru akan dimulai serta belum mempunyai cukup dana untuk menyewa sebuah kantor.

Selain itu, mungkin juga karena tuntutan kondisi seperti sekarang. Hampir seluruh orang terpaksa melakukan pekerjaan dari rumah, karena kebiasaan yang sudah terbentuk ketika virus korona sedang gencar-gencarnya.

Tak bisa dipungkiri, tidak sedikit orang yang khawatir terkait keberhasilan dalam mengelola suatu bisnis tertentu dari rumah. Oleh sebab itu pada artikel ini akan berbagai mengenai tips bisnis yang dikelola dari rumah agar bisa berjalan seperti yang diinginkan.

Saatnya Kelola Bisnis dari Rumah

1.       Atur Jadwal

Menjadi salah satu hal yang paling diidamkan oleh orang-orang dari sebuah pekerjaan atau menjalankan bisnis dari rumah yaitu fleksibilitas. Ada keleluasaan dalam mengatur jam kerja sendiri serta aktivitas terkesan dapat lebih cair.

Masing-masing orang mempunyai momen terbaik dimana seseorang dapat bekerja secara optimal atau dengan istilah golden period. Sebagai pemilik usaha, Anda harus tahu golden period Anda pribadi.

Dengan begitu, jadwal untuk mengontrol usaha tidak harus Anda lakukan sesuai jam kantor yang biasanya dari jam 9 hingga jam 5 sore. Akan tetapi, Anda tetap harus mempunyai jadwal pasti soal jam berapa Anda bekerja serta jauh lebih baik jika jam tersebut adalah golden period Anda.

2.       Disiplin Terhadap Diri Sendiri

Apabila Anda sudah menentukan jadwal jam kerja, Anda Anda harus disiplin terhadap diri sendiri. Tentunya sebagai pemilik, Anda mungkin sedikit leluasa, apalagi bisnis yang dilakukan dari rumah.

Namun, disiplin adalah faktor penting dari keberhasilan suatu bisnis yang dilakukan dari rumah. Prinsip ini harus Anda tanamkan ke dalam diri. Sebab, tak ada pihak yang melarang bila Anda ingin istirahat makan siang sampai berjam-jam.

Walaupun begitu, Anda harus tetap fokus menyelesaikan tugas harian. Anda pasti tidak mau produktivitas yang tidak optimal terlihat pada jumlah saldo kas usaha di akhir bulan.

3.       Memanfaatkan Teknologi

Bila Anda ingin mengelola usaha dari rumah, Anda memerlukan perangkat seperti yang Anda perlukan di kantor. Contohnya, Anda tetap harus mempunyai tablet atau laptop guna mendukung semua pekerjaan.

Bukan perangkat keras saja, Anda juga memerlukan berbagai jenis aplikasi, software, atau sistem yang dapat memudahkan dalam mengelola bisnis milik Anda. Jenis aplikasi yang perlu Anda miliki salah satunya yakni aplikasi POS. Dimana aplikasi satu ini merupakan sebuah perangkat esensial yang Anda aplikasikan pada bisnis. Alasannya, pada aplikasi tersebut biasanya terdapat yang memungkinkan pemilik usaha memantau bisnisnya dari mana pun.

Seperti contoh, Anda dapat melihat penjualan serta pendapatan harian. Anda juga bisa memantau kedatangan karyawan dan dapat mengirimkan pengumuman ke semua karyawan yang terpencar di berbagai cabang lewat aplikasi tersebut. Dengan begitu Anda tetap dapat meninjau perkembangan bisnis secara real time meski dilakukan dari rumah.

4.       Mempersiapkan Diri untuk Bekerja

Berbicara mengenai persiapan bekerja terdapat dua hal yang harus Anda persiapkan yakni penampilan serta area kerja. Pastinya bekerja dengan menggunakan pakaian tidur atau piyama terdengar menyenangkan, namun apa dampak yang timbul terhadap produktivitas?

Meskipun Anda bekerja dari rumah, Anda juga harus berdandan layaknya akan pergi ke kantor atau tempat kerja diluar rumah. Cara tersebut akan mempengaruhi tingkat kefokusan Anda terhadap bisnis yang akan dijalankan.

Sementara itu, Anda juga harus menyiapkan dan menyesuaikan area kerja. Harus diakui, bahwa bila bekerja sambil bersantai di sofa memang terasa menarik. Tapi sayangnya, cara tersebut tidak berbanding lurus oleh peningkatan produktivitas pekerjaan.

Otak tak akan fokus bila diposisikan pada area yang sering dipakai untuk bersantai. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan ruang kerja khusus di dalam rumah. Anda tidak perlu mempunyai ruang kerja dan perabotan kantor lainnya, Anda hanya perlu menyiapkan meja, kursi yang khusus didedikasikan untuk menjalankan pekerjaan tersebut.

5.       Lindungi Waktu Pribadi

Menjadi salah satu tantangan menjalankan bisnis dari rumah yakni Anda bisa saja lupa dengan berapa lama waktu kerja yang sudah dilewati. Hal ini membuat sebagian orang menjadi workaholic yang mana hanya mengurusi urusan bisnisnya saja seharian penuh.

Kondisi tersebut tentu tidak sehat, maka dari itu Anda harus melindungi waktu pribadi dan kehidupan Anda secara personal, dan pastikan Anda disiplin oleh jadwal, serta fokuslah bekerja, jauhkan hal-hal yang bisa mengganggu Anda dalam mengurusi pekerjaan dari rumah.

Bertahanlah dari berbagai gangguan yang ada, mulai dari WhatsApp bisnis, email, atau notifikasi yang muncul dari aplikasi POS. Dengan demikian, Anda dapat mempunyai relasi baik dengan usaha, keluarga dan diri sendiri.

Nah, itulah rangkuman mengenai tips bisnis yang dikelola dari rumah yang bisa Anda terapkan sendiri. Semoga tips yang dibagikan ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan strategi pengelolaan bisnis atau usaha dari rumah dengan efektif.

Related Posts