Tips Berbisnis Tanaman Hias Bagi Pemula

Tidak ada salahnya Anda memulai usaha tanaman hias, karena keuntungan yang dapat Anda raih juga terbilang besar. Namun, tentu saja Anda harus mengetahui langkah-langkah untuk

Lara Nifa

[addtoany]

Tidak ada salahnya Anda memulai usaha tanaman hias, karena keuntungan yang dapat Anda raih juga terbilang besar. Namun, tentu saja Anda harus mengetahui langkah-langkah untuk memulai bisnis ini :

  • Membekali diri dengan pengetahuan seputar tanaman hias

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah pengetahuan seputar tanaman hias serta keterampilan yang mumpuni. Akan terasa aneh, apabila Anda memiliki toko tanaman hias, namun tidak mengerti apapun tentang bidang tersebut. Lalu ketika ada pelanggan yang bertanya Anda akan menjawab apa?

Jadi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu segala hal yang berkaitan dengan tanaman hias, misalnya seperti cara perawatan, jenis-jenisnya dan lain sebagainya yang paling penting adalah harga dari tanaman tersebut.

  • Memilih tanaman hias terbaik

Dalam pemilihan tanaman juga harus tepat, karena hal tersebutlah yang nantinya akan menentukan apakah Anda akan bisa meraih keuntungan atau tidak.  Itulah sebabnya Anda harus dapat memutuskan ingin menjual tanaman hias yang seperti apa.

Karena tanaman hias itu beragam jenisnya, ada yang hanya daun, ada yang berbunga dan ada juga seperti kaktus. Tentunya minat pasar juga harus menjadi bahan pertimbangan. Kemudian pastikan juga minat Anda pribadi, bila Anda lebih menyukai tanaman berbunga sebaiknya menjual tanaman dengan jenis tersebut.

Mengapa? Karena sudah pasti Anda akan lebih memahami dan mengerti cara perawatannya serta hal lainnya. Dengan begitu bunga-bunga tersebut juga akan terlihat lebih indah dan menarik perhatian pelanggan.

  • Media tanam

Hal yang harus Anda perhatikan mengenai media tanam, yaitu :

  • Seberapa banyak media yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.
  • Apakah efektif dan efisien media tanam tersebut bagi pupuk yang nantinya akan digunakan.

Anda tentunya harus benar-benar memperhatikan media tanam yang akan dipergunakan untuk tanaman budidaya yang dijual. Karena dengan begitu konsumen akan mengetahui seberapa berkualitasnya hasil tanaman dari toko tersebut.

  • Lokasi strategis

Selanjutnya adalah menentukan dimana Anda ingin membuka toko tanaman hias. Carilah lokasi yang memiliki potensi besar untuk didatangi oleh pelanggan, perhatikan juga kawasannya pastikan bila toko Anda memiliki lahan parkir yang cukup bila konsumen perlu memarkirkan kendaraan mereka.

Tidak hanya itu, hal lainnya adalah suhu di kawasan tersebut. Karena suhu udara sangatlah mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman yang dijual agar dapat menjaga kualitas dari tanaman.

  • Pemasaran dan promosi

Sebuah bisnis tidak akan dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan apabila Anda tidak melakukan pemasaran dan juga promosi yang tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis tersebut.

Untuk memulainya Anda bisa memperkenalkannya terlebih dahulu kepada sahabat, keluarga dan orang terdekat lainnya. Kemudian promosikan juga melalui media sosial yang Anda miliki, karena ini juga merupakan cara efektif yang banyak digunakan oleh banyak pemilik usaha dari segala sektor industri.

Promosikanlah bisnis Anda semenarik mungkin, misalnya visualisasi dari tanaman hias yang Anda miliki menggunakan pot-pot cantik serta tempatkan produk Anda pada posisi yang pas, rapi dan estetik.

  • Ikuti tren

Tidak hanya pada industri fashion saja dimana Anda harus mengikuti mode, nyatanya pada tanaman hias pun juga sama. Anda harus mengetahui tanaman apa saja yang saat ini sedang disenangi oleh berbagai kalangan, hal ini sangat penting agar Anda bisa memperluas dan memperbanyak koleksi di toko.

Karena walau banyak pesaingnya, namun bila peminatnya tinggi. Tentu saja akan tetap banyak yang mencari tanaman-tanaman tersebut. Jadi, jangan pernah menyerah dan terus saja mempromosikan dagangan Anda.

Kiat sukses dalam berbisnis tanaman hias

Selain hal-hal yang telah dijabarkan diatas, tentunya ada sedikit tambahan agar Anda semakin sukses dalam berbisnis tanaman hias, berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan :

  • Rawatlah tanaman-tanaman tersebut dengan tulus, karena bila Anda merawatnya secara asal-asalan hasilnya tidak akan baik.
  • Tentukan target pasar Anda, misalnya apakah anak muda, ibu rumah tangga atau para seller yang memang mengambil bibit dari tempat Anda.
  • Perhatikan secara seksama hal-hal yang berhubungan dengan tanaman tersebut, misalnya pupuk, vitamin, tanah dan perlengkapan lainnya.
  • Anda harus mengenali secara seksama tanaman yang dijual, ini berguna untuk memberikan penjelasan kepada pelanggan yang masih awam dalam dunia tanaman hias.
  • Carilah bibit yang bagus, sehingga nantinya tanaman yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik.
  • Pelajarilah cara untuk membudidayakan tanaman-tanaman tersebut, sehingga Anda tidak lagi perlu membeli bibit dari supplier lain.

Demikianlah sekilas informasi bagi Anda yang ingin membuka usaha pada sektor tanaman hias. Anda dapat mengikuti langkah dan kiat sukses menjadi seorang pebisnis tanaman hias.

Related Post