Home Belanja Tips Beli Peralatan Dapur

Tips Beli Peralatan Dapur

by Lara Nifa

Bagi para ibu rumah tangga, memasak merupakan bagian dari aktivitas sehari-hari yang rutin dilakukan. Tak terkecuali bagi orang-orang yang memang mempunyai hobi masak. Dan untuk membuat berbagai macam masakan dibutuhkan peralatan dapur. 

Saat ini berbagai macam produk dan brand peralatan dapur terus bermunculan di pasaran. Jenis dan harganya pun semakin bervariasi. Maka untuk memilih peralatan dapur mana yang terbaik menjadi semakin sulit. Anda harus memperhatikan dari segi kegunaan, harga serta kualitas produk sebelum membeli peralatan dapur. Jangan sampai salah memilih karena penggunaan peralatan dapur sangat berpengaruh pada kualitas masakan bahkan ada yang sampai bisa merusak cita rasa dari masakan Anda. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar tidak salah dalam membeli peralatan dapur, antara lain :

Menyesuaikan dengan kebutuhan 

Sebelum membeli berbagai macam peralatan dapur, yang harus diperhatikan pertama kali yaitu menyesuaikan jenis makanan yang akan dimasak dengan fungsi atau kegunaan alat masaknya. Ini akan memudahkan Anda dalam mengolah masakan yang ingin dibuat.

Misalnya saja jika Anda ingin membuat sup, maka belilah sebuah panci. Lain halnya jika ingin menumis masakan, Anda bisa gunakan wajan anti lengket. Apalagi di jaman yang serba modern ini, jenis alat masak dapur semakin banyak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami kegunaan masing-masing alat dapur agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mengetahui bahan material yang digunakan 

Setelah mengetahui peralatan dapur apa saja yang dibutuhkan, penting bagi Anda untuk mencari tahun bahan material yang aman digunakan. Masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan karakteristiknya, untuk itu yuk pahami dulu bahan material peralatan dapur yang aman digunakan dan tidak akan menimbulkan efek negatif pada masakan.

  • Stainless Steel

Stainless steel adalah baja antikarat yang sudah banyak digunakan untuk memasak karena termasuk material yang aman dan berkualitas tinggi. Selain itu, daya tahan material ini cukup lama asalkan penggunaan dan perawatannya juga diperhatikan. Hindari penggunaan alat berbahan logam ketika memasak dengan stainless steel agar tidak tergores sehingga membuat alat jenis ini lebih awet. 

  • Tembaga

Alat dapur dengan material tembaga ini jauh lebih baik dari stainless steel dalam menghantarkan panas sehingga membuat masakan cepat merata. Biasanya alat dapur yang berbahan tembaga ini sudah dilapisi timah sebagai anti lengket, gunanya supaya tembaga tidak larut ke dalam masakan. Dari segi harga, material tembaga terbilang mahal karena memang lebih menarik dari bentuk maupun warnanya yang nampak keemasan.

  • Cast Iron

Bahan yang merupakan perpaduan antara besi dan karbon ini juga sangat diminati banyak orang. Karena selain aman untuk digunakan, cast iron dalam memberi sentuhan rasa yang otentik atau original pada masakan Anda. Meskipun lebih berat dari material lainnya, bahan ini bisa awet hingga puluhan tahun asalkan dirawat dengan benar.

  • Kaca

Material kaca sangat aman untuk digunakan memasak karena sudah dipastikan tidak akan memberi reaksi pada masakan Anda. Selain itu, bahan kaca juga tidak akan meninggalkan noda dan bau melekat. 

Namun perawatannya perlu lebih hati-hati dikarenakan mudah pecah.

Jangan mudah tergoda dengan tampilan dan harga murah

Pilihan produk peralatan dapur yang sudah sangat banyak beredar di pasaran yang variatif dari segi bentuk, harga dan warna tentu akan semakin membingungkan Anda dalam menentukan pilihan. Hal itu seringkali membuat Anda mudah tergoda pada harga yang murah dan tampilan serta warna yang menarik. Padahal, kualitas produk tersebut belum tentu bagus dan aman digunakan. 

Maka dari itu, baiknya Anda untuk mencari tahu produk yang ingin dibeli dengan membaca review atau ulasan dari orang yang sudah pernah membelinya. 

 

Pastikan ruang penyimpanan cukup

Ruang penyimpanan yang cukup sangat penting untuk diperhatikan sebelum Anda membeli banyak peralatan dapur. Pastikan kapasitas ruang di dapur Anda bisa memuat peralatan masak yang ingin Anda beli. Jika belum mencukupi, siapkan terlebih dahulu rak penyimpanan atau gantungan yang bisa ditempel di dinding dapur Anda.

Sesuai dengan budget

Harga peralatan dapur relatif mahal, maka tetapkan dahulu budget yang digunakan untuk membeli alat-alat dapur. Sesuaikan dengan budget yang sudah Anda anggarkan dengan kualitas yang akan Anda dapatkan. Ibaratnya lebih baik membeli satu produk yang mahal namun kualitasnya sebanding dengan harga. Daripada membeli banyak produk dengan harga murah, tetapi tidak tahan lama atau materialnya tidak aman untuk kesehatan.

 

Demikianlah tadi beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum melakukan pembelian alat-alat dapur. Perlu diingat bahwa kunci utama untuk membeli peralatan dapur yaitu kualitas yang dimiliki produk tersebut. Sehingga Anda dapat mengolah masakan yang aman dan sehat untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. 

Related Posts