Home Tips Tips Belanja Bulanan Hemat

Tips Belanja Bulanan Hemat

by Lara Nifa
belanja bulanan hemat

Mengatur masalah uang untuk pemenuhan kebutuhan tiap bulan memang tidaklah mudah, di mana tentu Anda harus merencanakan pengeluaran tiap bulan ini. Apalagi jika Anda sudah ada tanggungan, sudah pasti masalah belanja bulanan harus dipikirkan dengan sangat baik. Bagaimanapun juga, Anda harus dapat menghemat pengeluaran tiap bulan dan kebutuhan per bulan pun tetap terpenuhi. 

Tips Belanja Bulanan agar Hemat 

tips belanja bulanan

Mengatur seluruh kebutuhan finansial untuk rumah tangga memang perlu memperhatikan banyak hal. Di mana jika Anda ingin bisa belanja bulanan hemat, maka Anda dapat mengikuti tips yang ada berikut ini: 

  • Cara 31 Amplop 

Mungkin sebagian dari Anda tidak begitu cara yang satu ini. Ya, system 31 amplop sendiri bisa menjadi tips untuk Anda agar bisa hemat tiap bulannya. Cara ini hanya meminta Anda untuk menyediakan 31 amplop, di mana masing-masing amplop di tulis dari angka 1 hingga 31. Jika sudah, maka masukkanlah uang di amplop tersebut sesuai kebutuhan. 

Contoh, pada tanggal 1 ada kebutuhan membayar sekolah, belanja harian, ongkos bensin dan juga ongkos anak sekolah. Di mana uang yang Anda masukan ke dalam amplop 1 adalah dana yang digunakan untuk tanggal 1. Ketika Anda sudah merencanakan pengeluaran hingga tanggal 31, nanti akan ada sisa yang mana nantinya uang lebih tersebut bisa digunakan sebagai dana darurat tau investasi. 

  • Jangan lihat merk

Tips agar bisa berbelanja bulanan hemat adalah dengan tidak melihat merk. Mungkin beberapa produk memang mempunyai kualitas yang berbeda, tapi tidak ada salahnya mencari merek yang memiliki harga yang sedikit miring. Apabila terdapat barang sama dengan merk berbeda, tapi pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama. Tidak ada salahnya Anda membeli yang lebih murah. 

  • Simpan bahan makanan dengan baik

Cara untuk bisa berhemat adalah dengan memperhatikn cara menyimpan bahan makanan tersebut. Jika memang perlu disimpan dalam lemari pendingin, pastikan bahwa bahan makanan tersebut tertutup dengan rapat dan juga dalam keadaan bersih. Beberapa makanan yang masih dalam bungkus yang baik tidak perlu lagi Anda keluarkan. 

  • Buat daftar menu makan

Agar bisa belanja bulanan hemat, tidak ada salahnya Anda membuat daftar menu makan dalam seminggu. Dengan adanya daftar menu ini, maka Anda bisa memperkirakan bahan makanan apa saja yang perlu dibeli. Sehingga ketika berbelanja, Anda akan lebih mudah mengatur keuangannya. Namun, tetap perlu diperhatikan menu yang dipilih telah memenuhi kebutuhan gizi yang lengkap. 

  • Catat barang yang perlu dibeli

Tips selanjutnya agar Anda bisa berhemat dalam berbelanja bulanan adalah dengan mencatat barang apa yang memang perlu dibeli. Tiap bulan sudah pasti ada barang yang harus dibeli dan ada beberapa barang yang memang masih ada. Dengan mencatat barang apa yang perlu dibeli, maka nanti Anda tidak akan tergoda dengan barang lain yang setidaknya memang tidak diperlukan. 

  • Lihat dan bandingkan

Dalam hal ini sendiri, Anda diharapkan untuk melihat harga jual barang kebutuhan di beberapa tempat. Semisalnya adalah jika di supermarket A ternyata harga tisu lebih murah, maka tidak ada salahnya Anda membelinya di supermarket tersebut. Lalu bandingkan juga kebutuhan bahan makanan yang harus ada. 

Semisalnya harga daging sedang naik, mungkin bisa diganti dengan membeli protein dari sumber lain. Contoh Anda bisa mengganti dengan tahu tempe ataupun telur. Tidak ada salahnya juga Anda membeli keperluan kebutuhan dalam jumlah banyak. Karena ada beberapa jenis barang yang semakin banyak isinya maka semakin murah harganya. 

  • Tidak ada salahnya ke pasar tradisional

Untuk bisa belanja bulanan hemat, tidak ada salahnya berbelanja ke pasar tradisional. Jika dulu, pasar tradisional ini tidaklah nyaman dan kotor, namun pada saat ini dengan pembangunan yang ada hampir seluruh pasar telah melakukan pembaharuan. Harga yang ada di pasar tradisional sendiri tidak semahal yang ada di supermarket. Jadi, tidak ada salahnya Anda berbelanja di pasar tradisional untuk berhemat. 

  • Kurangi belanja menggunakan kartu kredit

Penggunaan kartu kredit sendiri memang lebih mudah dibandingkan dengan uang cash. Akan tetapi berbelanja dengan kartu kredit ini akan membuat Anda tidak bisa berbelanja bulanan dengan lebih hemat. Karena kartu kredit sendiri biasanya akan disertai bunga yang tentu saja jika dihitung akan membuat pengeluaran membengkak. 

  • Diskon

Tidak ada salahnya Anda mencari barang-barang diskon. Beberapa supermarket sendiri selalu memberikan berbagai macam promo, di mana tidak ada salahnya Anda mencari diskon seperti 1 plus 1 atau diskon yang mencapai 30%. Namun, untuk diskon ini ada baiknya Anda memperhatikan tanggal kadaluarsa nya. 

Itulah beberapa tips belanja bulanan yang hemat. Dengan mengikuti tips-tips tersebut maka Anda bisa menyisihkan uang untuk kebutuhan lainnya. 

Related Posts