Home Tips Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Keluar Duit Banyak

Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Keluar Duit Banyak

by Lara Nifa
belajar bahasa Inggris

Di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini dibutuhkan berbagai skill supaya bisa bersaing. Dari sekian banyak skill tersebut, lancar berbahas Inggris menjadi salah satu keahlian yang dicari banyak orang. Untuk itulah sangat masuk akal sekali jika kini banyak orang yang mencari tips belajar bahasa Inggris

Mulai dari mana?

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan guna mengasah skill bahasa Inggris kamu, salah satunya dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa Anda unduh secara gratis melalui smarphone kesayangan kamu. Selain itu, masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengasah skill bahasa Inggris kamu. Berikut ini uraian lengkapnya.

tips belajar bahasa Inggris

1. Membiasakan nonton film tanpa subtitle

Jika Anda merupakan orang yang aktif berlanggana Netflix maupun layanan streaming film lainnya sebenarnya ini menjadi kesempatan bagus Anda bisa mengasah skill bahasa kamu. Dengan ini kamu bisa aktif menonton film sambil belajar bahasa Inggris. Menyenangkan bukan?

Untuk memulai proses belajar, kamu bisa memulai dengan menonaktifkan layanan subtitle dalam film tersebut. Jika merasa kesulitan, bisa diawali dengan menonton menggunakan subtitle, jika dirasa paham dengan jalan cerita, Anda bisa menonton dengan menonaktifkan subtitle.

2. Buat kamus sendiri

Sekalipun saat ini sudah banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa membantu kamu, namun membuat kamus sendiri bisa menjadi langkah bagus. Jika memungkinkan kamu bisa juga menambahkan definisi dari setiap kata dengan bahasa Inggris. Ini menjadikan proses belajar kamu semakin menyenangkan. 

3. Dengarkan lagu lirik Inggris 

Cara belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan selanjutnya yaitu bisa dengan mendengarkan lagu berlirik Inggris. Kamu bisa memulai dengan mendengarkan lagu kesukaan, kemudian putar berulang kali dan hafalkan liriknya. 

4. Aktif ngobrol dengan orang lain dengan bahasa Inggris 

Kamu bisa mengajak kelaurga, teman atau rekan kerja untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Cara belajar bahasa Inggris yang keempat ini dikenal sangat efektif jika kamu melakukan dengan konsisten.

Ketika kamu melakukan latihan secara rutin maka kamubisa mengasah skill dengan lebih cepat. Selain ngobrol dengan bahasa Inggris kamu juga bisa mulai chatting dengan bahasa Inggris. 

Mulailah mengajak teman untuk ngobrol via chatting menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu juga aktif di media sosial, kamu bisa komen di berbagai postingan menggunakan bahasa inggris. 

5. Berlatih mandiri via YouTube serta Podcast 

Podcast bisa menjadi salah satu media belajar yang menarik untuk kamu coba. Pasalnya banyak konten yang disajikan dengan bahasa Inggris. Selain podcast, kamu juga bisa mulai belajar bahasa Inggri menggunakan tutorial yang ada di YouTube. Banyak sekali informasi yang bisa kamu akses secara gratis untuk mengasah skill bahasa kamu.

Selain itu, kamu juga bisa bermin game yang berbahasa Inggris sehingga kemampuan kamu semakin terasah dengan baik. Sangat banyak aplikasi belajar bahasa Inggris dalam bentuk game yang seru untuk Anda coba mainkan. 

6. Membaca buku atau menulis 

Cara belajar yang dikenal efektif meningkatkan skill bahasa kamu yaitu dengan membaca buku. Jika kamu sudah terbiasa membaca buku dalam bahasa Inggris, kamu bisa sesekali mencoba untuk menulis dalam bahasa Inggris juga. 

Tulislah catatan atau essay menggunakan bahasa Inggris kemudian kamu bisa melakukan pengecekan grammar dengan bertanya kepada yang lebih profesional. Tenang jika masih banyak catatan, mengingat ini merupakan proses belajar. Sebaiknya kamu tetap mencoba hingga kamu mahir mendalami skill bahasa kamu.

7. Belajar menggunakan aplikasi bahasa Inggris

Smartphone kini hadir dengan berbagai fitur terbaik yang membantu kamu benar-benar smart ketika bisa memanfaatkan dengan maksimal. Salah satunya kamu manfaatkan untuk mengasah skill bahasa kamu. Kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi baik yang gratis maupun berbayar untuk membantu proses belajar bahasa Inggris kamu. Manfaatkan kemudahan tersebut dengan belajar secara sungguh-sungguh.

8. Ikut kursus 

Ketika semua langkah di atas sudah kamu lakukan dengan maksimal namun kamu masih belum merasa percaya diri, maka mengikuti kursus bahasa Inggris melalui pendidikan non-formal bisa menjadi alternativ terbaik.

Ketika kamu ikut kursus kamu akan memiliki jadwal teratur sehingga cara belajar kamu semakin tertata. Keberadan jadwa belajar teratur ternyata mampu mempercepat proses belajar kamu. Saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan layanan kursus bahasa Inggris. 

Jika kamu malasa datang ke tempat kursus, kamu bisa melakukan kursus via daring. Dengan catatan kamu konsisten melakukannya. Ingat belajar merupakan proses pengulangan yang dilakukan terus menerus. Dengan ini jangan melakukan kegiatan belajar jika kamu hanya bersemangat saat awal-awalnya saja.

Itu tadi delapan tips belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill bahasa kamu. Selamat mencoba dan jangan mudah menyerah. 

 

Related Posts