Home Belanja Tips Aman dan Nyaman Belanja di Mall Selama Pandemi

Tips Aman dan Nyaman Belanja di Mall Selama Pandemi

by Lara Nifa
ilustrasi belanja di mall

Di masa pandemi saat ini pasti banyak dari Anda yang merasakan kekuatiran dan merasa takut jika harus pergi ke tempat umum, seperti mall, pasar dan tempat-tempat publik lainnya. Terutama para wanita yang ingin sekali belanja di mall.

Saat ini memang terasa tidak nyaman, mau pergi kemana-mana harus dibatasi, jaga jarak, pemeriksaan kesehatan, menggunakan masker dan lain-lainnya. Apalagi di masa awal pandemi, semua orang merasakan kecemasan dan rasa takut yang berlebih.

Lalu apakah ada tips atau cara agar saat ingin pergi keluar rumah, seperti mall kita tetap merasa aman dan nyaman, namun tetap dengan melaksanakan semua prosedur kesehatan yang baik? Tentu saja ada, hal-hal atau cara agar saat berbelanja di mall tetap merasa aman dan juga nyaman.

Tips belanja aman dan nyaman di tengah pandemi

Berikut ini adalah tips-tips untuk anda yang ingin berbelanja di mall disaat pandemi dengan aman dan tetap nyaman.

  • Pastikan anda sehat

Memastikan kesehatan diri sendiri sebelum bepergian adalah yang utama. Karena apabila anda pergi dalam kondisi sedang flu, batuk atau demam. Akan mudah bagi tubuh Anda tertular. Jadi, apabila sedang dalam kondisi tidak baik, lebih baik tunda kepergian.

  • Selalu gunakan masker

Mungkin untuk sebagian besar orang, menggunakan masker selama berkegiatan dirasa tidak nyaman. Namun, masker saat ini sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita semua dengan tujuan meminimalisir penularan virus. Selama menggunakan masker, hindari memegang masker secara berlebihan dan usahakan untuk tidak membuka masker di tempat umum.

  • Selalu gunakan hand sanitizer

Setiap habis memegang barang, pastikan anda selalu membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Biasanya pihak mall akan menyediakan beberapa botol hand sanitizer di area-area tertentu. Namun, ada baiknya jika anda memiliki hand sanitizer sendiri, ini juga mengurangi resiko anda tertular.

  • Jaga jarak

Menjaga jarak dengan pengunjung lainnya juga disarankan, ini dimaksudkan apabila ada pengunjung lain yang batuk atau bersin, anda tidak berada terlalu dekat dengannya. Jarak yang disarankan adalah 2 meter.

Jika saat mengantri untuk membayar antriannya masih panjang, ada baiknya anda menunggu beberapa saat sampai antriannya berkurang dan tetap jaga jarak, setidaknya 1,5 meter dan cukup satu orang saja yang mengantri apabila mengajak teman.

belanja baju di mall

Bahkan di dalam lift, juga ikuti petunjuk yang ada pada lantai lift. Kebanyakan lift sekarang hanya bisa digunakan dengan jumlah lebih sedikit dan diwajibkan juga untuk menjaga jarak dengan cara tidak saling berhadapan.

  • Ikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pihak mall

Apabila pihak mall meminta anda untuk mencuci tangan sebelum masuk dan cek suhu tubuh, lakukan saja. Jangan menolaknya, karena ini juga cara mengurangi penyebaran virus.

  • Jangan berbelanja terlalu sering

Usahakan setiap kali anda berbelanja, belanjalah dalam jumlah yang banyak. Semisal untuk keperluan satu minggu atau dua minggu, bisa juga untuk sebulan. Jadi, kurangilah pergi ke tempat dimana banyak orang berkumpul.

Pastikan juga untuk membuat daftar belanja, agar sesampainya di mall anda langsung membeli apa yang anda butuhkan dan tidak berlama-lama di sana.

Jangan lupa juga membawa kantong belanja sendiri, juga disarankan untuk mengurangi penggunaan uang cash. Anda bisa menggunakan e-wallet, agar mengurangi kontak langsung dengan kasir. Apabila anda tidak memiliki kantong belanja, anda dapat membelinya langsung di sana.

  • Minimalkan orang yang datang bersama anda

Untuk keadaan saat ini ada baiknya anda berbelanja sendiri atau mengajak satu orang untuk menemani. Usahakan untuk tidak pergi dengan banyak orang, karena semakin banyak yang anda ajak akan semakin lama berada di mall. 

  • Semprot dengan disinfektan

Apabila anda ingin jajan di food court, ada baiknya kursi dan meja disemprot menggunakan cairan desinfektan atau di lap menggunakan tissue basah yang mengandung desinfektan. Disarankan pula untuk selalu membawa sendok & sedotan sendiri, sekarang ini sudah banyak penjual peralatan makan yang dapat dibawa kemanapun.

Lalu setelah tiba di rumah, sebelum memasukkan belanjaan ke dalam lemari penyimpanan. Lap atau semprot dengan disinfektan terlebih dahulu. Khusus untuk sayuran, buah atau daging-dagingan, sebaiknya dicuci lalu masukkan ke dalam wadah yang anda miliki.

  • Segera mandi setelah selesai berbelanja

Sebaiknya selepas pergi baik dari belanja atau dari mana pun, gantilah pakaian anda atau langsung mandi. Pakaian yang telah digunakan ada baiknya segera dicuci. Ini juga termasuk langkah mengurangi penyebaran virus dan menjaga anggota keluarga yang ada di dalam rumah.

Itulah tadi tips agar anda merasa aman dan nyaman saat belanja di mall, ingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah agar baik anda ataupun orang lain yang berada di mall tetap merasa aman. Saling menjaga satu sama lain adalah cara terbaik saat ini agar tidak terkontaminasi oleh virus.

Related Posts