Home Tips Tips Agar Usaha Coffee Shop Bisa Bertahan di Tengah Persaingan Tinggi 

Tips Agar Usaha Coffee Shop Bisa Bertahan di Tengah Persaingan Tinggi 

by Lara Nifa

 

Geliat bisnis perkopian duniawi semakin tinggi. Setiap coffee shop selalu berusaha memberikan rasa seduhan hangat dan dingin yang tak pernah terlupakan. Tidak pula ketinggalan soal pelayanan antara konsumen dan barista. Yang membuat konsumen terus datang bukan soal rasa kopi saja, tetapi bisa juga berasal dari keintiman yang dibangun oleh pemilik dan konsumen. 

Tidak henti-hentinya, coffee shop terus bereksplorasi memberikan suasana dan rasa yang berbeda dengan coffee shop lainnya. Bisnis coffee shop semakin dituntut kreatif dan menunjukkan kualitasnya dari coffee shop lain yang marak di dunia perkopian. Apa yang membuat coffee shop yang satu memiliki keistimewaan dengan yang lain. Maka itu bukan soal rasa lagi, mungkin juga strategis, pemasaran, dan promosi. 

Tentu akan menjadi suatu prestasi ketika berhasil menjadi coffee shop terbaik di level apa pun. Tetapi di tengah persaingan bisnis semacam itu saat ini perlu strategi yang pas. Di bawah ini akan kami sajikan tips agar usahamu tetap eksis di tengah gempuran bisnis coffee shop.

Identitas Merek 

Apa yang membedakan coffee shop yang satu dengan yang lainnya? persaingan identitas. Setiap brand pasti memiliki bagian yang diunggulkan. Sebuah coffee shop tanpa merek tidak akan berarti atau kehilangan sinyal identitas. Temukan identitas coffee shop-mu agar memiliki arah yang jelas dan kekuatannya sendiri.

Melakukan Inovasi

Semakin banyak saingan, semakin banyak cara kamu menemukan inovasi dalam dunia perbisnisan kopi. Agar Usaha Coffee Shop Bisa Bertahan di Tengah Persaingan Tinggi Tips Agar Usaha Coffee Shop Bisa Bertahan di Tengah Persaingan Tinggi.

Inovasi yang selalu ada di coffee shop-mu akan menunjukkan kepada konsumen bahwa produk kopi yang kamu hasilkan selalu menawarkan rasa-rasa terbaik. Memang pada menu utama atau yang menjadi andalan bagi coffee shop sebaiknya dipertahankan, biar identitas kopinya kerasa.

Membangun Hubungan dengan Konsumen

Salah satu yang membuat sebuah coffee shop berkualitas adalah hubungan yang diciptakan antara barista dengan konsumennya. Nilai jualnya sepenuhnya tidak berada di produknya, tetapi bagaimana barista atau pemilik kafe membangun keakraban satu sama lain. 

Adanya jarak hubungan antara barista dan konsumen hanya akan membuat bisnis coffee shop tidak berjalan dengan baik. Pun dengan hubungan yang selalu dijaga, memberikan ngopi yang berkualitas.

Menu yang Umum

 

Barangkali kurang minat orang-orang datang ke milikmu karena hanya sedikit pilihan menu yang nonkopi? artinya nongkrong adalah hak setiap orang. Jika kita terus memaksakan hal ini, alhasil yang akan mengisi sebagai pelanggan di situ adalah mereka-mereka yang hanya paham tentang kopi. 

Memberikan kesempatan konsumen ikut duduk santai dengan minuman yang nonkopi akan memberikan kesan baik pada coffee shop. Begitu pula, pihak manajemen coffee shop bisa juga menyediakan cemilan. 

Bisnis coffee shop milikmu akan mampu bertahan di tengah gempuran semacam ini. Membuka lebih luas kesempatan orang-orang untuk datang dan menikmati suasana coffee shop-mu tanpa harus meneguk secangkir kopi. Kamu bisa menawarkan lemon tea, thaitea, atau menu racikan terbaik dari coffee shop kamu.

Memikat Lewat Aroma

Kalau persoalan perkopian sudah beres, sudah dipastikan dapat memberikan ruang terbaik bagi pecinta kopi dan bukan pecinta kopi, coba perbaiki ruang coffee shop-mu. Tambahkan pengharum ruangan dari produk yang sudah banyak beredar. Boleh juga kalau kamu ingin memberikan keharuman yang berbeda rasa yang sudah pernah dibuat oleh produk-produk sejenis. 

Pada sudut-sudut ruangan coffee shop, letakkan pengharum ruangan dengan tempat yang cocok agar terlihat cantik. Aromanya yang memikat dan melekat di pikiran akan mampu membawa konsumen untuk kembali lagi. 

Yang perlu diperhatikan adalah memilih aroma yang sesuai. Tidak terlalu menyengat dan sekiranya masih aman untuk dihirup orang. Jadi tidak asal dalam memilih pengharum ruangan.

 

Meningkatkan Pelayanan

Selain karena produk, coffee shop mampu bertahan di tengah persaingan yang ketat ini adalah pelayanan yang tidak hanya baik, tetapi juga berkesan. Pelayanan yang diberikan bisa lebih dari antara konsumen dan barista, tetapi bisa jadi teman ngobrol. 

Pengaruhnya cukup besar. Ketika pelayanan yang tunjukkan kepada konsumen malah membingungkan atau mengecewakan, maka sangat potensial sekali coffee shop kamu masuk dalam daftar hitam. 

Pelayanan yang akrab akan memberi nilai lebih, sehingga pelanggan yang tersanjung akan kembali datang. 

 

Persaingan antara coffee shop yang satu dengan coffee shop yang lain terus bergulir. Masing-masing sepertinya terus menawarkan kopi terbaik dengan racikan paling top. Untuk mampu bertahan lebih, tidak hanya soal kopi saja. Masih ada suasana sebagai bagian pendukung untuk kopi biar lebih nyaman. Selain itu hubungan dengan konsumen tidak kalah penting akan mampu meningkatkan kualitas perkopian duniawi.

 

Related Posts