Home Investasi Tertarik Koleksi Saham HMSP? Simak Dulu Ulasan Ini

Tertarik Koleksi Saham HMSP? Simak Dulu Ulasan Ini

by Lara Nifa
Tertarik Koleksi Saham HMSP? Simak Dulu Ulasan Ini

Harga saham HMSP sangat menarik. Saham  PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HM Sampoerna), emiten yang bergerak di bidang produksi tembakau, termasuk dalam 10 besar saham yang kapitalisasi pasar nya paling besar. Sayangnya, pada minggu ketiga Juni 2021, HSMP terpaksa meninggalkan kapitalisasi pasar jumbo 10 Besar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Perseroan membukukan laba Rp 8,58 triliun pada 2020, turun 37,95% dari 2019.  

Pandemi Covid 19 yang membatasi daya beli orang-orang ternyata menjadi pendorong utama Morris dalam resesi jangka panjang Philip Group. Penjualan persediaan tembakau mengalami penurunan sebesar 19,3% sepanjang tahun 2020.  Pandemi tidak satu-satunya pukulan untuk HMSP. Kenaikan rata-rata tertimbang cukai hingga 24% pada produk tembakau serta naiknya harga jual eceran (HJE) sebesar 46% pada tahun 2020  juga menjadi penyebab turunnya laba perseroan.

Faktanya, HMSP tetap membagikan dividen ke semua investor. Dividen akan dibayarkan dalam laba bersih perusahaan sebesar Rs 72,3 per saham. Jumlah dividen yang dibagikan hingga Rp 8,46 triliun. Janji HMSP untuk membayar dividen menjadikan saham HMSP sangat menarik untuk dibahas. 

Jadi, saat ini berapa harga saham dari HMSP? Lalu, adakah fakta menarik yang harus diketahui tentang saham HMSP ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya tentang harga saham dari Sampoerna dan profil perusahaan serta rekomendasi saham untuk Anda yang ingin berinvestasi. 

Profil HM Sampoerna 

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu produk tembakau yang satu ini, Dji Sam Soe. Ya, merek  ini merupakan produk legendaris milik PT Hanjaya Mandala San Polna Tbk yang didirikan pada tahun 1913. Hitung lebih dari 100 tahun sekarang! Produsen “Raja Kretek” ini juga merupakan pendiri kategori Sigaret Kretek Mesin Kadar Rendah (SKM LT) di industri tembakau Indonesia. Produk tersebut merupakan Sampoerna A, dirilis di tahun 1989. 

Sampoerna juga membuat beberapa merek rokok kretek lainnya yaitu Sampoerna U, Marlboro Filter Black, Sampoerna Kretek dan Philip Morris Bold. Sampoerna ini merupakan salah satu pelari teratas dalam hal pangsa pasar. Pangsa pasar Sampoerna di industri tembakau hingga 32,2 persen di tahun 2019 silam. 

Anak perusahaan PT Philip Morris Indonesia (PMID) ini juga merupakan anak perusahaan dari Philip Morris International Inc (PMI), raksasa global merek Marlboro. Sampoerna diperdagangkan secara publik (IPO) di tahun 1990. Rasio kepemilikan saham sekarang ini adalah 92,5% untuk Philip Morris dan 7,5% untuk masyarakat umum. Pada tahun 2016, HMSP melakukan pemecahan saham 1:25. Hal ini bertujuan supaya saham lebih terjangkau masyarakat.

Harga saham HMSP 2021

Padahal, saham HMSP telah turun maupun bearish selama dua tahun lebih. Price Earning Ratio terjadi selepas HSMP mencapai rekor tertinggi Rp 5.200 per saham di bulan Januari 2018 silam. Saat ini harga saham dari HMSP berada di kisaran Rp 1.150 per saham. Angka itu sebenarnya sesuai dengan harga saham HMSP 10 tahun lalu atau pada 2011 silam.  Penurunan harga dari saham HMSP ini masih berlanjut ditopang oleh kinerja perseroan yang belum pulih. 

Sejak itu, penjualan juga turun, dan laba perusahaan turun menjadi 37,5% sepanjang tahun 2020. Kinerja keuangan 20 HMSP pada kuartal pertama 21 juga mengecewakan. Penjualan bersih perusahaan turun 0,6% (year-on-year) menjadi Rs 23,6 triliun. Laba bersih HMSP pun turun dari 22,14% menjadi Rp 2,59 triliun. 

Kenapa begitu? Terdapat kombinasi alasan yang terdiri dari penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 dan  kenaikan cukai hasil tembakau. Ini adalah risiko investasi saham yang wajib Anda waspadai. Untuk alasan ini, Anda harus menentukan saham dengan baik. 

Rekomendasi saham SHMP 

Akibat anjloknya harga saham HMSP, belum banyak mendapat perhatian analis. Mengutip Contan yang juga menyebutkan konsensus Bloomberg, saham HMSP belum menjadi pilihan  investor karena mempertimbangkan untung ruginya berinvestasi di saham.  

Dari 34 analis,  hanya 13  yang ditawarkan untuk memiliki saham HMSP. Hingga 15 analis telah menawarkan untuk menjual. Hanya ada 6 analis yang merekomendasikan pembelian saham HMSP. MNC Sekuritas pun memprediksi merevisi inventaris HMSP akan berlanjut setelah 2018. 

Keuntungan investasi saham 

Memiliki uang pensiun 

Anda mungkin berhenti dari pekerjaan Anda sebabusia Anda atau sesuatu yang tidak terduga. Oleh karena itu, perlu disiapkan tunjangan pensiun sejak dini. Caranya adalah dengan berinvestasi saham. Anda dapat menggunakannya dengan baik nanti untuk masa pensiun Anda.

Lebih aman 

Keuntungan lain dari berinvestasi saham adalah Anda dapat mengelolanya dengan aman dan terpercaya. Pasalnya, seluruh transaksi ekuitas saat ini diawasi oleh OJK. Yang berarti investasi ekuitas ini legal.

Bisa menghadapi inflasi 

Tidak menjadi rahasia lagi bahwa investasi dapat menyelamatkan Anda dari adanya inflasi yang datang setiap tahun. Oleh karena itu, uang yang harus Anda kembangkan dari waktu ke waktu, uang ini perlu memperoleh tingkat bunga yang cukup setelah terpotong oleh pajak.

Related Posts