Home Investasi Tertarik Investasi Syariah? Yuk Coba Investasi Syariah Di Bawah Ini

Tertarik Investasi Syariah? Yuk Coba Investasi Syariah Di Bawah Ini

by Greg Pascal

Investasi syariah adalah investasi yang dilakukan berpegang pada nilai-nilai islam dan tidak melanggar ajaran islam. Tidak hanya perbankan syariah, investasi pun kini bisa dilakukan dengan syariat islam. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika investasi yang Anda lakukan melanggar aturan syariat islam. atau hukum dalam islam.

Investasi syariah banyak dipilih masyarakat karena banyak manfaatnya. Selain itu manfaat yang didapat tidak hanya dirasakan nasabah, tapi juga orang lain. Investasi syariah memiliki risiko yang tidak terlalu besar, berbeda dengan investasi konvensional. Anda tidak perlu khawatir risiko yang besar dalam memulai investasi syariah. 

Pilihan investasi syariah

Terdapat beberapa pilihan investasi syariah yang bisa anda beli sesuai dengan kubutuhan untuk tabungan masa sepan, adapun pilihan investasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Saham Syariah

Salah satu investasi syariah yang bisa Anda coba adalah saham syariah. Apa itu saham syariah? Saham syariah adalah saham yang tidak bertentangan dengan prinsip dan syariat islam. Anda tidak perlu khawatir karena saham syariah terjamin. Saham syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang mengawasi aktivitas perusahaan tetap memberlakukan nilai-nilai islam.

2. Reksadana Syariah

Investasi reksadana ada yang konvensional ada juga yang syariah. Anda bisa memilih reksadana syariah jika tertarik. Manajer investasi akan mengelola dana sesuai dengan prinsip dan syariat islam. Manajer investasi tidak sembarangan menempatkan modal pada perusahaan tertentu. Manajer investasi syariah tidak akan menempatkan modal pada perusahaan rokok, minuman keras, dan perusahaan yang melanggar syariat lainnya.

3. Obligasi syariah

Apa iu obligasi syariah? Obligasi syariah adalah surat berharga jangka panjang yang berprinsip syariah. Obligasi ada yang syariah dan konvensional. Kelebihan obligasi syariah adalah surat yang diterbitkan sesuai dengan prinsip syariah. Anda tidak perlu cemas jika surat tersebut akan melanggar syariat islam. Obligasi syariah terhindar dari riba dan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip islam lainnya.

4. Deposito syariah

Apa perbedaan deposito syariah dengan deposito konvensional? Tentu saja terletak pada pengolahannya. Jika Anda melakukan deposito pada perbankan syariah, maka bank tersebut akan mengelola dana Anda berdasarkan prinsip dan syariat islam yang ada. Pastinya terhindar dari riba. Saat ini sudah banyak bank syariah yang menawarkan produk ini. Anda bisa memilih salah satunya jika tertarik.

5. Investasi emas syariah

Investasi emas tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional. Kini Anda bisa melakukan investasi emas secara syariah. Investasi emas yang dilakukan dengan syariat islam dan terjamin halal. Investasi emas memang cukup familiar di kalangan masyarakat. Jika Anda khawatir investasi emas konvensional tidak terjamin halal, Anda bisa mencoba investasi emas syariah. Banyak perusahaan yang menyediakan investasi emas syariah yang bisa Anda coba.

6. Investasi Properti

Investasi properti sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Anda bisa membeli rumah, apartemen, atau properti lainnya dan menggunakan properti tersebut sesuai syariat islam. Investasi properti banyak dipilih karena menguntungkan dan memang menjamur di masyarakat. Jika Anda, tertarik, Anda bisa mencobanya. 

investasi syariah

Baca Artikel Selanjutnya :

Keuntungan Investasi Syariah

Anda bertanya-tanya, apa keuntungan investasi syariah? Apa saja keunggulan investasi syariah dibandingkan dengan investasi konvensional? Berikut adalah penjelasan keuntungan dan keunggulan dari investasi syariah.

1. Terhindar dari riba

Investasi syariah dilakukan berdasarkan syariat islam yang mana riba diharamkan dalam islam. Tentu saja investasi syariah terhindar dari riba. Investasi konvensional biasa menggunakan bunga untuk keuntungan, namun pada investasi syariah, hal ini tidak diberlakukan. Investasi syariah menggunakan metode bagi hasil untuk keuntungan dalam berinvestasi. 

2. Mengedepankan kekeluargaan dan sosial

Prinsip investasi syariah yang mengedepankan kekeluargaan dan kegiatan sosial ini tidak hanya mendatangkan manfaat untuk nasabah, melainkan juga pihak lainnya. Prinsip ini juga dapat menurunkan angka pengangguran yang ada di Indonesia. Selain itu investasi syariah juga bisa menjadi salah satu jalan untuk melakukan amal. 

3. Manajemen secara islami

Manajemen investasi syariah dilakukan dengan syariat islam. Hal ini sudah bukan rahasia lagi bahwa ini adalah keunggulan investasi syariah dibanding investasi konvensional. Anda tidak perlu khawatir investasi yang Anda lakukan karena terjamin. Investasi syariah juga pastinya diawasi oleh lembaga yang bertanggung jawab agar kegiatan investasi tetap berlandaskan syariat islam. 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba investasi syariah? Jangan ragu untuk memulai berinvestasi sejak dini. Apalagi dengan investasi syariah. Investasi syariah banyak dipilih masyarakat karena bermanfaat bagi nasabah dan orang lain. Anda bisa mulai mencobanya untuk bekal tabungan di masa depan.

Related Posts