Home Investasi Tertarik Investasi Cryptocurrency? Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu

Tertarik Investasi Cryptocurrency? Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu

by Lara Nifa
Tertarik Investasi Cryptocurrency? Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu

Baru-baru ini makin banyak pembicaraan tentang cryptocurrency. Apalagi saat nilai Bitcoin, salah satu mata uang kripto paling populer di dunia, hingga ratusan juta rupiah. Masyarakat berbondong-bondong melihat mata uang kripto ini menjadi alat investasi terbaru yang menjanjikan sekali. Apakah Anda juga berminat untuk memasuki dunia cryptocurrency? 

Pastikan Anda sudah familiar dengan mata uang kripto ini dan kekuatan dan kelemahannya. Cryptocurrency, atau cryptocurrency itu sendiri, adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang seperti uang biasa biasa. Namun, mata uang ini memakai sistem enkripsi yang dianggap lebih aman. 

Cryptocurrency diminati sekali di seluruh belahan dunia saat ini sebab nilai tukarnya tinggi dibandingkan dengan mata uang tradisional. Sebelum membeli cryptocurrency, mari pahami dulu fakta menarik berikut ini!

Memiliki banyak jenis 

Dibandingkan dengan mata uang kripto, tentunya Anda mungkin akrab dengan Bitcoin. Bitcoin ini sebenarnya adalah sejenis cryptocurrency. Seperti mata uang negara-negara di dunia, ada banyak jenis cryptocurrency. Meskipun tidak tanggung-tanggung, ada hampir 1.300 mata uang kripto yang diperdagangkan di seluruh dunia. Namun, tidak dapat dipungkiri jika Bitcoin merupakan raja mata uang kripto senilai ratusan miliar dolar.

Pembukuan secara digital 

Walaupun Cryptocurrency merupakan mata uang digital, tetapi sama saja dengan mata uang umum lainnya, mereka memiliki buku. Pembukuan hanya dilakukan secara online menggunakan sistem yang dikenal dengan  teknologi blockchain. 

Blockchain merupakan buku besar terdesentralisasi digital yang membuat catatan lengkap pembayaran, pengiriman uang, dan transaksi. Lalu, sistem tersebut sudah dibuktikan sangat aman dan efisien serta banyak digandrungi oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di seluruh belahan dunia.

Pergerakan yang cepat 

Ini adalah salah satu hal yang paling berbeda dari cryptocurrency dari mata uang tradisional. Ini tidak berlaku untuk cryptocurrency jika nilai tukar harian mengetahui waktu mulai dan berakhir. Mata uang ini terkenal karena pergerakannya yang cepat dan dapat diubah 24 jam sehari. 

Misalnya, di pagi hari nilai mata uang tinggi dan bisa menurun saat malam hari. Oleh karena itu, jika Anda menetapkan untuk membeli cryptocurrency, Anda wajib selalu memantau perubahan nilai agar tidak kehilangan banyak.

Tak ada yang bertanggung jawab untuk cryptocurrency 

Siapakah akan bertanggung jawab untuk mata uang yang satu ini? Jika Anda masih bertanya-tanya mengenai hal ini,  maka jawabannya yaitu tidak ada. Berbeda dengan mata uang yang sudah kita pakai selama ini, yang dimana masing-masing negara  di bawah tanggung jawab masing-masing bank sentral, cryptocurrency memakai sistem digital di seluruh dunia dan karenanya tidak memiliki bank sentral.

Dianggap lebih aman

Di atas disebutkan sedikit mengenai sistem akuntansi blockchain, yang dianggap lebih aman daripada akuntansi mata uang biasa, bukan? Apa yang menjadikan blockchain ini aman yaitu bahwa akuntansinya terdesentralisasi daripada terpusat. 

Blockchain ini tak mempunyai pusat data khusus yang dapat dihack. Server Blockchain ada di seluruh dunia yang berisi tentang informasi dari jaringan blockchain khusus tetapi mereka tidak akan kuat untuk dieksploitasi. 

Lalu, blockchain mempunyai  keunggulan lain. Singkatnya, transaksi dapat dilakukan dengan  cepat dibandingkan dengan sistem perbankan yang biasanya. Pasar blockchain buka 24 jam sehari, sehingga Anda bisa  memeriksa transaksi Anda kapan pun.

Masyarakat kurang percaya dengan cryptocurrency 

Cryptocurrency dikategorikan menjadi sebuah hal yang baru, jadi pastinya tidak seluruh masyarakat akan percaya dan tertarik dengan mata uang. Bila Anda salah satunya, Anda tidak sendirian. Dari Warren Buffett hingga CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon, mereka tidak mempercayai cryptocurrency sampai beberapa tahun silam.  

Tetapi, di era digital saat ini, cobalah untuk lebih terbuka akan pengetahuan tentang mata uang kripto ini. Mungkin saja ini dapat menjadi investasi yang berharga di masa datang untuk Anda? 

Sejumlah negara melarang peredaran kripto

Di titik popularitas cryptocurrency yang tampak lagi berada di puncaknya, banyak negara yang justru tidak memperbolehkan keberadaannya, lho. Negara-negara yang melarang cryptocurrency termasuk Bolivia, Bangladesh, Ekuador, Kirgistan, Kamboja, Kamboja dan Nepal. Semakin banyak negara mungkin melarang mata uang yang satu ini seperti Rusia, yang telah mulai melarang transaksi seperti  Bitcoin. 

Larangan  beredarnya mata uang digital ini memiliki alasannya tersendiri. Sama seperti keberadaan cryptocurrency yang mengancam keberadaan bank sentral, seperti di India,  pemerintah dapat kehilangan kekuasaan dalam peredaran uang di masyarakat. Sayangnya, cryptocurrency tidak dapat diblokir secara fisik dan siapa pun dapat menyimpannya di dompet cryptocurrency.

Banyak yang tidak memahami 

Salah satu alasan kenapa tidak ada yang percaya pada cryptocurrency mungkin sebab pengetahuan mereka yang terbatas mengenai subjek tersebut. Ini mendorong orang untuk mendapatkan lebih banyak pendidikan mengenai apa itu cryptocurrency. Banyak orang masih bertanya-tanya apakah cryptocurrency legal saat ini.

Related Posts