Home Investasi Tertarik Berinvestasi Saham? Ini Cara Agar Bisa Sukses

Tertarik Berinvestasi Saham? Ini Cara Agar Bisa Sukses

by Lara Nifa
memulai investasi saham

Investasi adalah salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan masa depan yang cerah. Memulai investasi sebenarnya adalah hal yang mudah, hanya saja banyak sekali hal yang perlu Anda pertimbangkan. Karena berinvestasi ada resiko yang harus Anda hadapi, sehingga Anda harus tahu bagaimana cara untuk bisa sukses. Apa saja caranya? Ikuti terus pembahasannya berikut ini. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Investasi Secara Umum 

Tapi, sebelum Anda tahu bagaimana cara agar bisa sukses dalam berinvestasi, ada baiknya mengenal terlebih tentang investasi ini sendiri. Apa sebenarnya investasi ini? Secara garis besar, investasi merupakan sebuah aktivitas yang menempatkan sejumlah dana dalam periode tertentu. 

Harapannya adalah agar penggunaan dana untuk investasi ini dapat menghasilkan untung atau meningkatkan nilai investasi. Seorang yang berinvestasi akan disebut sebagai investor. Banyak yang menyebut bahwa investasi sama dengan menanam modal. Sehingga tidak heran jika investasi selalu dikaitkan dengan dunia bisnis. 

Adapun ada tujuan investasi yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah tujuan dari investasi: 

  • Memperoleh pendapatan tetap 

Tujuan pertama dari investasi adalah untuk memperoleh pendapatan tetap. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa investasi sendiri diharapkan akan menghasilkan sebuah keuntungan atau nilainya akan semakin naik. Jadi, tidak heran jika seorang investor menjadikan investasi ini sebagai pendapatan pasti. 

  • Mengembangkan usaha 

Dalam berinvestasi, tidak hanya persoalan mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang saja. Tapi juga ada tujuan lain untuk bisa mengembangkan usaha hingga nantinya bisnis akan semakin maju. 

  • Mengurangi kompetitor 

Berinvestasi sendiri juga akan akan membantu mengurangi kompetitor atau persaingan dalam bidang bisnis yang mirip atau sama. Sehingga nantinya perusahaan bisa meningkatkan penjualan. 

Banyak sekali manfaat yang juga akan Anda dapatkan ketika berinvestasi. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah penjelasannya: 

  • Aset meningkat 

Manfaat pertama dengan berinvestasi adalah aset meningkat. Contoh paling mudah adalah investasi dalam bidang properti seperti tanah dan rumah yang mana setiap tahunnya pun nilai dari aset ini akan terus bertambah. Sehingga kemudian hari, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat. 

  • Tabungan 

Berinvestasi sama dengan Anda menabung. Karena Anda dapat menggunakan aset yang didapatkan dari investasi yang nantinya akan lebih bernilai di masa depan. Contohnya adalah dengan investasi emas yang mempunyai harga stabil dan tidak pernah turun. Dimana di masa mendatang Anda dapat menjualnya jika memang butuh. 

  • Terhindar dari hutang 

Dengan berinvestasi pun Anda akan terhindar dari hutang. Karena ketika Anda membutuhkan sejumlah dana, Anda hanya perlu untuk menjualnya saja. Sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan finansial di masa yang akan datang. 

Cara Sukses Investasi Saham 

Investasi sendiri sangatlah banyak jenisnya, termasuk saham. Bagi Anda yang ingin sukses dalam dunia investasi saham, berikut ini adalah caranya: 

  1. Paham akan saham yang dimiliki 

Agar Anda bisa menjadi investor yang sukses, maka hal paling pertama yang harus dilakukan adalah memahami saham yang dimiliki. Anda harus tahu terlebih dahulu nilai fundamental yang ada pada saham tersebut. Sehingga Anda pun akan paham apa saja resiko yang bisa terjadi di masa depan.

  1. Jangan pernah percaya 

Sama seperti bidang manapun, dimana dalam dunia investasi saham pun juga ada rumor dan isu yang berkembang. Ketika Anda mendengar tentang isu ini pun biasanya akan goyah. Jika sampai goyah, sudah jelas Anda akan mengalami masalah di masa depan. 

Sikap yang harus diterapkan ketika mendengar isu yang belum tentu benar adalah dengan jangan langsung percaya. Investasi bukanlah bermodal isu dan rumor, Anda harus melakukan analisis setiap harinya agar tidak terjadi kesalahan saat mengambil keputusan. 

  1. Abaikan masalah kecil 

Setiap investasi yang Anda lakukan sudah pasti akan ada resiko. Tentu saja, Anda juga harus menghadapinya semua resiko yang ada. Tapi, perlu Anda ingat bahwa Anda tidak harus selalu mengurusi masalah remeh temeh. Abaikan saja jika memang ternyata dampak dari resiko tidak terlalu besar. 

Hal ini sendiri perlu sekali untuk Anda lakukan agar bisa fokus dengan hal yang lain. Anda hanya perlu tahu ada masalah, tapi tidak harus terjun langsung untuk mengatasinya. Cukup memperhatikan saja, bila memang tidak akan menimbulkan hal besar, maka Anda bisa fokus ke tempat lain. 

  1. Jangan terjebak dengan harga murah 

Setiap saham yang dijual pun akan dihargai sesuai dengan kondisi pasar. Apabila Anda melihat ada harga saham yang sedang murah, jangan tergoda untuk membelinya. Ingat, saham harus Anda analisis secara mendalam. Karena pada dasarnya Anda perlu mendapatkan keuntungan. Tidak mungkin, membeli saham murah tapi ternyata tidak bisa berkembang. Alhasil akan sulit untuk dijual kembali. 

Itulah penjelasan bagaimana cara agar Anda bisa sukses dalam investasi saham. Untuk memulai investasi saham sendiri, Anda harus benar-benar memperhatikan setiap resiko yang ada. Sehingga terhindar dari kerugian. 

Related Posts