Pernahkah kamu bekerja dengan teman kerja yang tidak maksimal ketika bekerja? Atau tanpa sadar kamu adalah orangnya? Teman kerja seperti ini tentunya menjadikan teman yang lain kesulitan. Tidak hanya itu, orang-orang juga bisa menjadi tidak respect dan meremehkan ketika ada yang bekerja tidak maksimal di kantor.
Nah, untuk mengetahui apakah mungkin kamu salah satu dari orang yang terlalu santai saat bekerja, di bawah ini ada beberapa tanda nya yang perlu kamu ketahui dan mulai memperbaikinya.
Inilah Ciri Kerjamu Tidak Maksimal di Kantor
Kamu perlu mengetahui beberapa ciri atau tandanya supaya kamu bisa memperbaiki kualitas kerjamu saat di kantor. Tanda-tanda tersebut diantaranya, yaitu:
1. Tidak pernah dimintai bantuan
Tidak peduli sekeras apa kamu memutar otak, kamu tidak bisa mengingat kapan terakhir kali teman kerjamu mendekatimu guna meminta bantuan untuk sebuah tugas, masalah atau proyek. Kamu mungkin beranggapan jika mereka dapat mengatasi tugasnya sendiri. Tetapi, mungkin tidak seperti itu.
Sebaliknya, mungkin rekan kerjamu tidak nyaman mendapatkan bantuan dari kamu ketika diperlukan, sebab mereka tidak sepenuhnya yakin bisa mempercayaimu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kamu belum terbukti bisa diandalkan dan memahami banyak hal di masa lalu.
Sehingga, saat mereka memerlukan bantuan, mereka akan memintanya ke teman kerja yang lain.
2. Selalu dimintai bantuan
Tanda yang satu ini kebalikannya dari poin sebelumnya. Apabila kamu merasa banyak dimintai untuk membantu, hal ini dapat menjadi tanda jika kamu kurang berkontribusi.
Meminta bantuan guna membantu mengerjakan proyek atau tugas tertentu mungkin sebuah cara halus teman kerjamu untuk memberitahu jika kamu harus ikut andil dan berinisiatif. Atau, mereka mungkin meminta bantuan sebab kamu mempunyai waktu luang yang banyak.
Apapun itu, artinya sama saja. Apabila kamu selalu disuruh untuk membantu, mungkin kamu harus meningkatkan kemampuan mu tanpa harus diminta terlebih dahulu.
3. Kamu dipihak yang mendapatkan komentar pasif-agresif
Ketika kamu keluar dari kantor jam 4 sore, kamu bertemu dengan teman kerja dan memberikan senyum padanya. Dia membalasnya dan mengungkapkan sampai jumpa besok dan memberikan komentar “menyenangkan sekali bisa pulang jam 4 sore”.
Apakah itu pasif-agresif? Sudah pasti iya. Tetapi, bila teman kerjamu merasa kurang nyaman didekatmu karena usahamu yang kurang, komentar tersebut mungkin menjadi petunjuk terbaik mengenai bagaimana kamu dilihat orang lain.
Selalu mendengar hal tersebut dari teman kerjamu mengenai bagaimana mereka ingin daftar pekerjaan nya singkat atau kotak pesannya kosong seperti milikmu, mungkin menjadikan kamu beranggapan mereka hanya menyindir atau merendahkan mu.
Tetapi, pernyataan ini sebetulnya dapat menjadi gejala dari sebuah hal yang lebih dalam sedang terjadi.
1. Kamu dikelola secara mikro
Dalam beberapa waktu, kamu memiliki kendali akan beban kerjamu sendiri. Tetapi, belakangan ini kamu sadar atasanmu terlihat semakin ikut campur. Bahkan, atasanmu dengan sangat cepat masuk ke area manajemen mikro.
Sebelum kamu menyalahkannya, pertimbangkan hal ini: teman-teman kerjamu mungkin bisa mengeluh jika kamu tidak memberikan kontribusi atau memperlambat pekerjaan yang adil. Atau sebab mungkin atasanmu lebih sadar dan lebih pintar dibandingkan yang kamu pikirkan, mungkin dia sudah sadar motivasimu yang sedang turun.
Walaupun manajemen mikro pun dapat juga menjadi sebuah ciri atasan yang kurang baik, sebaiknya kamu mempertimbangkan kembali apakah telah melakukan sebuah yang menjadikan atasanmu mengamatimu seperti itu.
2. Telat mengetahui mengenai proyek di kantor
Kamu sedang rapat tim, saat teman kerjamu mu menyebutkan mengenai perubahan branding yang sudah selesai pada beberapa minggu lalu. Namun ternyata kamu tidak mengetahui hal tersebut.
Bahkan, bila dipikir lagi, kamu selalu telat mengetahui mengenai proyek tersebut atau beberapa bulan sesudah proyek tersebut selesai, dan kamu pastinya tidak pernah dimintai bantuan untuk proyek tersebut.
Bayangkanlah seperti ini: bila kamu sudah membuat reputasi menjadi seseorang yang cukup santai, anggota tim mu juga tidak terburu-buru untuk bekerja bersama mu. Dampaknya, mungkin kamu akan sering tidak diikut sertakan pada prosesnya.
Kamu paham betapa frustasinya teman kerja yang tidak ikut berkontribusi. Sehingga, tidak harus dikatakan lagi, kamu tidak akan menjadi seperti itu. Mungkin akan sulit menjadi sadar diri. Tetapi, bila kamu mempunyai kecurigaan jika teman kerjamu mulai frustasi dengan mu, kamu perlu perhatikan ciri-ciri tersebut.
Apa yang perlu kamu lakukan bila kamu merupakan orang yang tidak ikut berkontribusi dan dianggap menjadi anggota tim yang hebat? Tentu solusinya sederhana, tingkatkan kualitasmu dan ambil langkah yang lebih panjang dengan cara mendekati teman kerjamu dan tanyakan lagi, apakah ada yang dapat dibantu?
Nah, itu dia beberapa tanda jika kamu tidak maksimal di kantor yang perlu diketahui. Mulai sekarang, kamu perlu meningkatkan kembali kualitas kerjamu agar teman dan atasanmu senang bekerja denganmu di kantor.