Home Bisnis dan Usaha Tanaman yang Menguntungkan dan Cepat Panen

Tanaman yang Menguntungkan dan Cepat Panen

by Lara Nifa
tanaman hidroponik

Bagi anda yang ingin memiliki penghasilan lebih untuk meningkatkan ekonomi, anda bisa memulai usaha di bidang pertanian sebab kini bertani tidak hanya dilakukan oleh masyarakat pedesaan saja melainkan masyarakat yang tinggal di kota pun mulai Bertani dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Dengan Bertani anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan tidak kalah dibandingkan dengan usaha dibidang lain. Ada beberapa tanaman yang menguntungkan dan cepat panen yang bisa anda coba untuk memulai usaha di bidang pertanian. Kami akan membahasnya satu persatu sebagai berikut

Tanaman menguntungkan dan cepat panen

Tanaman menguntungkan bias didefinisikan sebagai tanaman yang memiliki nilai jual tinggi, mudah ditanam, serta mampu menghasilkan panen yang tergolong banyak. Menanam tanaman yang cepat panen di rumah bias memberikan keuntungan tersendiri salah satunya dapat memenuhi kebutuhan makanan yang praktis.

Selain itu, bias menjadi ladang bisnis yang menguntungkan terlebih lagi menanam tanaman yang cepat panen berupa sayuran. Dibawah ini beberapa tanaman yang cepat panen yang bisa anda budidayakan untuk mendapatkan keuntungan

  • Tanaman Bayam

Tanaman bayam tergolong tanaman yang masa panennya relatif cukup singkat yakni sekitar 1-1,5 bulan. Bayam biasanya dijadikan sebagai tanaman palawija namun bisa juga ditanam di berbagai area seperti dataran tinggi, dataran rendah, perkebunan, bahkan di pekarangan rumah. 

  • Tanaman Kangkung

Sama seperti halnya bayam, kangkung juga termasuk tanaman yang masa panennya relatif singkat yakni sekitar 30-40 hari. Kangkung masuk kategori jenis tanaman yang mudah untuk tumbuh di berbagai musim.  Membudidayakan kangkung tergolong cukup mudah selain itu sayuran ini sangat populer di masyarakat sehingga pangsa pasarnya cukup luas. 

  • Selada

Selada bisa tumbuh cepat saat musim hujan atau ketika cuaca dingin. Tanaman ini memiliki masa panen sekitar 2-3 bulan. Meski masa panennya tidak terlalu cepat namun selada banyak dibutuhkan oleh masyarakat kita sehingga akan menjadi ladang bisnis yang menguntungkan jika membudidayakan ini. 

  • Buncis

Buncis juga dikenal sebagai jenis tanaman yang menguntungkan serta mudah dalam penanamannya. Untuk jenisnya, buncis terdiri dalam dua jenis, ada yang jenis tegak serta merambat. Anda bisa mulai memanen buncis setelah 45 hari tanam. 

  • Mentimun atau Timun

Mentimun ini bisa dikatakan sebagai jenis tanaman yang fleksibel. Bagaimana tidak, mentimun bisa digunakan sebagai buah serta sayur. Selain itu, jenis tanaman satu ini juga memiliki usia yang cukup pendek. Mentimun sudah bisa dipanen sekalipun baru usia 35 hari. 

  • Kacang Polong

Menanam kacang polong cukup mudah dilakukan dan untuk masa panennya sekitar 60 hari. Kacang polong banyak diolah ke berbagai jenis makanan sehingga membudidayakan tanaman ini sangatlah menguntungkan. 

  • Bawang putih

Masa panen bawang putih sekitar 3-4 bulan. Meski tergolong tidak terlalu cepat, membudidayakan tanaman ini akan sangat menguntungkan karena harga jualnya yang relatif cukup mahal apalagi menjelang hari besar.

  • Daun bawang

Daun bawang dapat dipanen sekitar 2,5 bulan sejak bibit ditanam. Membudidayakan tanaman ini bisa mendapatkan keuntungan tersendiri karena daun bawang termasuk bahan makanan yang sering digunakan di berbagai jenis masakan.

  • Jagung

Banyak olahan makanan menggunakan bahan dari jagung sehingga membudidayakan jagung akan mendapatkan untung yang lebih. Untuk masa panen, tanaman ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Meski tidak tergolong cepat tapi saat panen yang didapat cukup banyak. 

  • Lidah buaya

Banyak manfaat yang ada di lidah buaya seperti mempercepat pertumbuhan rambut, mengatasi kulit kering, menyembuhkan luka, hingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Karena banyaknya manfaat yang ada pada lidah buaya, maka akan memberikan keuntungan jika anda membudidayakan ini. 

Itulah beberapa tanaman yang menguntungkan dan cepat panen yang bias anda budidayakan untuk dijadikan usaha. Sebenarnya masih ada banyak jenis tanaman lain yang dapat memberi keuntungan maksimal asalkan anda tekun merawatnya. Intinya, pilih tanaman yang paling mudah menurut anda dan pastinya sesuai dengan lahan yang dimiliki.

Selain itu penting juga untuk memilih bibit tanaman yang terbaik, beri pupuk dan siram dengan teratur. Dengan begitu, anda akan menghasilkan tanaman pertanian dengan kualitas terbaik, hingga biasa dijual di pasaran.

Related Posts