Tahapan Memulai Usaha Event Organizer

Semakin berkembangnya zaman banyak bisnis yang semula tidak terlihat semakin berkembang di permukaan. Salah satu bisnis tersebut adalah EO yang merupakan event organizer untuk membantu terselenggaranya acara seperti pernikahan, konser, seminar, dan lainnya. Untuk itu, saat ini semakin banyak orang yang ingin mencoba terjun ke bisnis di bidang EO ini. Selain memiliki peluang yang sangat bear untuk dijadikan bisnis, keuntungan yang didapat satu kali event juga tidak main main.

Tetapi sebelum iu, untuk membangun sebuah EO bukanlah hal yang mudah. Banyak cara yang harus kamu lakukan terlebih dahulu agar EO mu sukses. Dibawah ini tahapan yang dapat kamu lakukan untuk dapat memulai usaha Event Organizer yang baik dan benar.

Tips Memulai Usaha EO

Jeli Melihat Peluang

Tahapan pertama atau Tips pertama yang dapat kamu lakukan untuk dapat memulai usaha EO adalah dengan jeli melihat peluang yang ada. Karena EO sendiri terdapat banyak jenisnya, mulai dari WO atau Wedding Organizer yang khusus untuk acara pernikahan, kemudian khusus untuk penyelenggaraan konser, dan lain lain. Nah, untuk pertama tama karena baru merintis kamu dapat memfokuskan pada satu jenis saja. 

Lihatlah trend yang sedang berlangsung, kamu dapat mengikuti trend tersebut agar EO mu cepat dilirik oleh pasar. Mulai dari warna apa yang sedang digemari oleh kebanyakan orang saat itu, kemudian isu isu yang sedang berlangsung, dan juga produk apa yang sedang banyak digandrungi. Dengan melakukan riset trend tersebut nantinya kamu dapat memodifikasi semua elemen tersebut agar sesuai dengan selera pasar. Dengan begitu usaha Event Organizer mu memiliki peluang lebih besar untuk dilirik. 

 

Bentuk Tim

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan setelah melakukan riset pasar dan memutuskan jenis EO apa yang akan kamu jalankan, selanjutnya kamu harus membentuk tim yang solid. Banyak elemen yang kamu butuhkan untuk mendapatkan tim yang solid tersebut, mulai dari kesamaan chemistry, memiliki kesamaan visi dan misi, juga dapat bertanggung jawab dan dipercaya, dan lain sebagainya. Dengan memiliki banyak kesamaan bersama para tim mu, nantinya kalian akan mudah berjalan bersama.

 

Karena untuk membuat usaha EO sukses tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga  jalan yang sangat panjang. Oleh karena itu jika kamu memiliki tim yang solid nantinya kamu akan lebih mudah menjalankannya bersama sama. Terlebih dalam penyelenggaraan suatu event pasti dibutuhkan kekompakan dari seluruh tim agar setiap event yang sudah diserahkan pada EO mu dapat berjalan dengan baik dengan hasil yang maksimal.

 

Susun Semua Rencana Secara Detail

Setelah menemukan tim untuk membantumu, selanjutnya kamu harus menyusun segala rencana untuk kedepannya. Kamu juga dapat melakukan diskusi bersama tim yang kamu miliki untuk mendapatkan masukan dari mereka. Buatlah rencana sedetail mungkin tanpa ada yang terlewat sedikit pun. Kalau perlu kamu juga harus membuat rencana cadangan terhadap Usaha Eo mu ini. Jika dirasa rencana utama tidak berjalan dengan mulus, nantinya kamu hanya tinggal menjalankan rencana kedua.

 

Hal ini juga berlaku pada setiap akan menyelenggarakan suatu event. Kamu harus menyusun dengan detail seluruh perencanaanya, mulai dari waktu terbaik, kemudian tempat yang cocok , dan juga pihak mana saja yang akan terlibat. Hal sekecil apapun nantinya harus kamu perhatikan. Karena dalam penyelenggaraan suatu event akan sangat berpengaruh ketika terjadi  masalah  sekecil apapun. 

 

Salah satu contoh yang paling sederhana adalah dalam menyediakan konsumsi kamu tidak boleh hanya memutuskan jenis menu yang akan disediakan, tapi kamu juga harus menyusun dengan detail mengenai cara penyajian konsumsi tersebut agar enak dipandang, kemudian apakan konsumsi tersebut akan cocok di lidah para tamu, sampai warna tisu juga harus kamu perhatikan agar tetap senada. 

 

Perluas Relasi

Membuka bisnis dibidang jasa tentunya akan sangat berbeda ketika kamu membuka bisnis dibidang produk biasa yang dapat diperjual belikan seperti makanan atau minuman. Ketika menjual jasa, hal utama yang harus kamu miliki adalah sifat easy going agar dapat membaur dengan banyak orang. Hal ini adalah salah satu cara agar memudahkan mu mendapatkan calon customer. 

 

Selain itu, dengan memiliki sifat yang mudah membaur juga akan memudahkan mu untuk mendapatkan relasi yang luas. Relasi yang luas tentunya akan sangat kamu butuhkan ketika memulai suatu usaha. Kamu akan memerlukan banyak bantuan dari pihak pihak lain. Jika kamu sudah memiliki relasi yang luas, semua kegiatan usaha mu akan berjalan dengan lancar karena banyak mendapatkan kemudahan. Contohnya saja jika kamu sudah memiliki relasi di banyak vendor, nantinya ketika ada event kamu lebih mudah untuk melakukan  negosiasi tanpa harus mencari cari dari awal.


Posted

in

by