Home Bisnis dan Usaha Tahapan Membuka Usaha yang Sukses Di Era Digital

Tahapan Membuka Usaha yang Sukses Di Era Digital

by Lara Nifa

Era digital dapat memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal salah satunya dalam berbisnis. Saat ini, banyak sekali orang yang tertarik untuk membuka usaha di era digital karena selain praktis, jenis usaha ini juga dapat memberikan peluang yang besar serta dapat meminimalisir terjadinya resiko. Namun, sebelum memulai bisnis kamu harus memiliki pemahaman tentang teknologi, ide usaha serta target konsumen. Selain itu, kamu juga harus mengetahui strategi dan perencanaan yang baik agar usaha yang kamu jalankan berhasil dan sukses. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan yang dapat kamu lakukan :

Menentukan serta mengembangkan ide bisnis yang akan dijalankan

Tahapan pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ide usaha. Kamu dapat melakukan riset dan melihat trend yang saat ini diminati oleh para konsumen. Dalam menentukan ide bisnis kamu harus mempertimbangkan kebutuhan konsumen, persaingan serta trend industri. Berikut merupakan cara yang dapat kamu lakukan dalam menentukan ide bisnis :

  • Menentukan pernyataan masalah, kamu harus mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen kemudian pecahkan permasalahan tersebut melalui solusi berupa ide kreatif untuk membuat suatu produk yang inovatif. 
  • Mengkombinasikan dengan Produk yang sejenis, kamu harus mempelajari serta memahami produk yang sudah ada dipasaran karena hal tersebut dapat membantu kamu dalam menciptakan ide bisnis yang inovatif.
  • Menguji ide bisnis, langkah ini bertujuan untuk mengetahui apakah ide bisnis yang kamu jalankan dapat diterima oleh konsumen 

Setelah mengetahui ide bisnis yang akan dijalankan, selanjutnya kamu kembangkan ide bisnis tersebut. Tentukan niche, target pasar yang akan kamu tuju, serta nama usaha yang akan kamu jalankan.

Menentukan target pasar

Target pasar perlu ditentukan guna memudahkan kamu dalam melakukan penjualan serta menciptakan reaksi yang diinginkan. Hal utama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu keinginan dan kebutuhan mereka. Berikut ini merupakan cara yang dapat kamu lakukan untuk menentukan target pasar :

  • Menganalisis konsumen dengan membuat target pasar yang potensial. Contohnya, jika kamu membuat menjual produk yang berkaitan dengan fashion terkini dengan harga yang terjangkau maka target pasar yang cocok adalah kaum milenial.
  • Memperhatikan persaingan pasar. Persaingan pasar biasanya dapat dilihat dari sisi harga, fitur yang ditawarkan serta kemudahan dalam pembeliannya. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan bagaimana pergerakan kompetitor saat menawarkan produk yang serupa sehingga kamu dapat menciptakan produk yang inovatif.
  • Komunikasi dengan konsumen serta jelaskan keunggulan produk. Komunikasi merupakan kunci penting dalam dunia bisnis karena selain dapat memastikan kepuasan konsumen, kamu juga bisa menyusun strategi serta mengetahui tren terkini. Melalui komunikasi, kamu juga dapat menjelaskan secara detail mengenai keunikan dan keunggulan produk yang kamu miliki.

Tentukan platform digital yang akan digunakan

Terdapat berbagai macam platform digital yang dapat kamu gunakan untuk memulai bisnis seperti website, media sosial, dan lainnya. Platform tersebut sangat membantu kamu dalam memasarkan produk. Kamu dapat membuat platform yang unik dan menarik agar konsumen mengetahui kualitas produk yang kamu tawarkan.

Memperbanyak promosi

Langkah selanjutnya adalah melakukan promosi sesering mungkin. Setelah memilih platform yang digunakan, kamu juga dapat melakukan promosi melalui iklan. Kamu juga dapat menggunakan jasa public figure untuk mempromosikannya. Namun pilihlah public figure yang cocok dan sesuai dengan bisnis yang akan kamu jalankan.

Carilah partner bisnis yang memiliki satu tujuan 

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis yang kamu bangun, kamu dapat mencari partner bisnis yang satu tujuan dengan kamu. Hal tersebut dapat membantu kamu dalam membangun tim yang solid serta dapat mengurangi resiko terjadinya konflik. Selain itu, bersama partner bisnis, kamu dapat menentukan strategi serta bertukar pikiran mengenai bisnis yang dijalankan. 

Ikuti berbagai pelatihan atau seminar

Mengikuti pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan bisnis, dapat menambah ilmu serta wawasan kamu dalam menjalankan bisnis. Kamu juga dapat bertukar pikiran dengan orang-orang yang sudah sukses dalam merintis usahanya. 

Terbuka terhadap kritik dan saran

Selanjutnya, hal harus diperhatikan adalah terbuka terhadap kritik dan saran. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis di era digital. Kritik dan saran yang menbangun dapat membantu kamu dalam mengevaluasi bisnis yang kamu jalankan agar semakin baik lagi. 

Itulah beberapa tahapan dalam membuka usaha yang sukses di era digital. Pengunaan media digital saat ini sangat membantu terutama bagi kamu yang ingin memulai bisnis baru. Selain dapat meminimalisir biaya operasional, berjualan di marketplace atau media sosial juga dapat memudahkan kamu dalam melakukan promosi.  Oleh karena itu, jangan ragu untuk memulai ya!

 

Related Posts