Home Bisnis dan Usaha Tahap-tahap Memulai Usaha Cuci Motor dan Mobil

Tahap-tahap Memulai Usaha Cuci Motor dan Mobil

by Lara Nifa

Setiap pemilik kendaraan tentu ingin transportasi kesayangannya selalu dalam keadaan bersih dan kinclong. Apalagi selama musim hujan, banyak sekali orang yang mengantri di tempat steam untuk mencuci kendaraan. Karena kalau dibiarkan memang bisa berkarat, dan ini dapat merusak penampilan kendaraan mereka.

Beranjak dari masalah tersebut, tentu kita dapat melihat sebuah peluang usaha yang memiliki prospek cukup menjanjikan. Yakni usaha cuci motor dan mobil yang bisa dijalankan sendiri di rumah. dalam membangun usaha, Anda akan membutuhkan alat-alat pendukung seperti kompresor, hidrolik, pengering dan sebagainya. Namun kalau modal terbatas, bisa menggunakan peralatan yang sederhana terlebih dahulu.

Tertarik membuka jasa cuci motor dan mobil namun bingung harus mulai dari mana? Simak informasi berikut yuk.

1. Kumpulkan Modal dan Tentukan Lokasi

Dalam menjalankan sebuah usaha, modal adalah hal pertama yang perlu dipersiapkan. Tanpa modal, bagaimana Anda bisa membeli peralatan, melakukan promosi, dan mencari pelanggan? Untuk itu penting untuk disiapkan dari sekarang. Kalau masih belum terkumpul dalam waktu cepat maka solusinya adalah meminjam modal usaha ke bank atau lembaga pembiayaan lainnya.

Kemudian untuk lokasi, salah satu faktor yang menentukan laris tidaknya usaha cuci motor dan mobil. Di awal memang tidak bisa langsung sukses, namun Anda tetap harus memilih lokasi dengan tepat. Paling penting itu strategis di tempat yang ramai dilalui orang, bisa juga di wilayah padat penduduk. Dengan memilih lokasi strategis peluang pengunjung datang otomatis bertambah.

2. Meninjau Kompetitor

Silahkan kulik informasi dari para pesaing guna mendapat gambaran terkait usaha cuci motor dan mobil yang akan dirintis. Berapa total kendaraan yang mereka cuci dalam sehari, cara menjalankan strategi pemasaran bagaimana, lalu treatment terhadap pelanggan. Anda perlu meninjau kompetitor untuk mencari tahu kelebihan kelemahannya, sehingga bisa mengatur rencana yang lebih baik untuk bisnis ke depan.

3. Beli Perlengkapan dan Peralatan

Anda perlu tahu peralatan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha cuci motor dan mobil. Misalnya sumber air yang harus melimpah, kemudian mesin steam dan kompresor yang mempermudah pekerjaan. Anda juga beberapa perlengkapan seperti kanebo pengkilap body kendaraan, semir ban, kain lap, sikat, hingga shampo khusus motor dan mobil. Ini menjadi alat-alat dasar yang harus dibeli kalau Anda berencana membuka tempat cuci kendaraan. Kalau punya modal lebih, mungkin Anda bisa menambahkan tangki snow.

4. Membuat Rencana Pemasaran dan Promosi

Rencana usaha harus dibuat secara matang. Anda perlu mempertimbangkan beberapa strategi agar pemasaran berjalan efektif. Memanfaatkan berbagai sarana promosi yang bisa menjangkau banyak target. Anda bisa membuat spanduk, stiker, dan memberikan kupon tiket gratis cuci motor atau mobil bagi pendatang pertama. Jadilah kreatif dan inovatif, memaksimalkan promosi maka pelanggan akan tertarik untuk datang.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Cuci Motor dan Mobil

Jika Anda tertarik menekuni bisnis ini, silahkan mulai secepat mungkin karena prospeknya masih terbilang bagus di masa mendatang. Lagian kan tidak perlu para ahli cuci motor dan mobill, peralatan yang dibutuhkan juga sedikit, paling hanya perlu mengasah kemampuan melayani pelanggan saja.

Bisnis ini memang mengharuskan Anda menyiapkan modal cukup besar, berkisar antara 15-20 juta rupiah untuk membeli peralatan. Biaya tersebut belum termasuk sewa tempat ya, kalau Anda punya rumah atau lapak di lokasi strategis masa bisa dimanfaatkan untuk menekan anggaran.  

Berikut ini ada beberapa tips sukses menjalankan usaha cuci motor dan mobil. Silahkan dipelajari:

1. Belajar Cara Mencuci Kendaraan yang Benar

Walau terkesan mudah, pekerjaan ini tidak bisa disepelekan. Siapa saja memang bisa melakukannya, namun tidak semua benar-benar tahu cara mencuci mobil dan motor yang benar sampai bersih maksimal. Nah, sekarang tugas Anda adalah mempelajari hal tersebut dengan detail. Jangan pernah melakukannya secara asal kalau tak mau membayar ganti rugi karena merusak mesin atau membuat kendaraan menjadi berkarat.

2. Berikan Pelayanan Memuaskan

Bisnis cuci motor dan mobil termasuk di bidang jasa, sehingga Anda harus memperhatikan kualitas dari pelayanan yang diberikan ke pelanggan. Biasakan untuk memberikan 3S (senyum, salam, sapa), kemudian yang paling penting adalah memberikan hasil yang memuaskan agar pelanggan mau kembali menggunakan jasa Anda.

3. Eksekusi Strategi Pemasaran yang Efektif

Ada berbagai cara melakukan promosi, bisa dengan memasang banner di jalan utama atau tempat ramai dilalui orang-orang, atau menggunakan social media. Anda bebas menentukan strategi mana yang ingin dijalankan terlebih dahulu atau langsung berbarengan. Yang penting itu efektivitas dari pemasaran yang dilakukan bisa mendatangkan pelanggan. Berikan tawaran menarik agar tempat cuci kendaraan Anda dilirik.

Cara memulai usaha cuci motor dan mobil sudah kami sampaikan secara keseluruhan bersama dengan tips-tips suksesnya. Silahkan dipelajari, kemudian praktek langsung. Semoga berhasil.

Related Posts