Home Tabungan Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

by Lara Nifa

Tabungan bisa dikatakan merupakan produk layanan perbankan yang paling diminati banyak orang. Jaminan keamanan dan suku bunga bank yang diberikan menjadi alasan utama mengapa sangat diminati.

Tetapi banyak juga yang masih bingung untuk menentukan produk tabungan apa yang mereka butuhkan. Salah satu yang menjadi pertimbangan seseorang saat ingin membuka rekening tabungan adalah beban biaya administrasi bulanan.

Biaya administrasi yang dibebankan oleh pihak bank kepada nasabah menjadi salah satu pertimbangan setiap orang sebelum membuka rekening baru, apalagi jika itu digunakan untuk menabung. Alih-alih ingin menyimpan uang supaya aman dan bertambah tapi malah berkurang terus menerus karena adanya biaya administrasi tersebut. Bagi Anda yang ingin membuka rekening di bank baiknya cari tahu terlebih dahulu adakah biaya administrasi yang dibebankan, jika ada berapa besarnya biaya tersebut. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa saat ini semakin banyak bank yang tidak terdapat potongan biaya administrasi tiap bulannya. Berikut ini adalah beberapa daftar rekomendasi rekening tabungan tanpa biaya admin.

  • TabunganKu

Tabunganku diluncurkan pada tahun 2010 lalu dan merupakan rekening tabungan yang paling mudah persyaratannya dan mudah dijangkau masyarakat. Tabunganku adalah produk dari pemerintah yang diselenggarakan bank-bank yang ada di Indonesia baik umum, syariah bahkan BPR memakai aturan standarisasi yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI).

Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat di rekening tabunganku : 

  • Anak usia 12-17 tahun yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) bisa membuka rekening tabungan ini
  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Setor awal minimal Rp 20.000 bank umum) dan Rp 10.000 (BPR/bank syariah)
  • Penggantian buku dan penarikan tidak dikenakan biaya 
  • Minimal setoran tunai Rp 10.000 

 

Poin-poin di atas termasuk ke dalam fitur customized yang artinya fitur tersebut terdapat pada setiap bank penyelenggara produk Tabunganku.

Namun, tetap ada ketentuan berbeda dan tambahan fitur lainnya dari masing-masing bank. Tabunganku dari Bank BCA misalnya, ada keterbatasan fitur seperti setoran, tarik tunai, cek saldo dan transfer yang hanya bisa dilakukan di Kantor Cabang dan ATM BCA.

  • Bank Jago

Bank ini merupakan salah satu bank digital di Indonesia yang menyediakan beragam layanan perbankan yang bisa diakses melalui smartphone. 

Selain menawarkan layanan menabung tanpa potongan biaya admin, Bank Jago juga tidak menarik biaya untuk pembukaan maupun penutupan rekening. Kelebihan lainnya yaitu tidak adanya biaya dormant account (rekening yang tidak aktif selama beberapa bulan) dan ketentuan saldo awal saat membuka rekening.

Suku bunga yang ditawarkan Bank Jago juga cukup besar yaitu 3,5% – 4% per tahunnya. Masih banyak lagi kelebihannya jika Anda menabung online di bank digital seperti Bank Jago ini.

  • Danamon LEBIH

Produk tabungan dari Bank Danamon ini bebas biaya admin bulanan, biaya tarik tunai, cek saldo hingga transfer antar bank khusus jaringan ATM Bersama, PRIMA, atau ALTO maksimal 10 kali per bulan dan terdapat saldo sebesar Rp 1 juta sebelum transaksi dilakukan.

Keuntungan lainnya adalah fitur  gratis asuransi jiwa senilai Rp 10 juta selama 6 bulan pertama yang bisa dinikmati oleh nasabah. Setoran awalnya paling sedikit Rp 250.000 dengan saldo ditahan Rp 50.000. Namun sayangnya jika menabung di tabungan ini ada ketentuan saldo yang harus ditahan sebesar Rp 1 juta agar tidak dikenai biaya penalti.

  • OCTO Savers

Octo savers merupakan produk tabungan dari CIMB Niaga yang juga bebas dari biaya administrasi setiap bulan. Namun itu berlaku jika saldo tabungan nasabah di atas Rp 2 juta. Biaya administrasi sebesar Rp. 17.000 akan dikenakan jika saldo tabungan di bawah Rp 2 juta.

Untuk setoran awal saat pembukaan rekening dikenakan biaya minimal Rp 100.000 dan saldo ditahan paling sedikit Rp 50.000. Terdapat juga biaya dormant jika rekening tidak aktif selama enam bulan sebesar Rp 5.000 setiap bulannya.

  • BTN Cermat Ponsel

BTN Cermat Ponsel merupakan tabungan berbasis ponsel yang terhubung dengan produk Tabungan Cermat. Produk ini menyasar masyarakat yang berpenghasilan rendah dan belum tersentuh layanan perbankan.

Biaya administrasi tidak dibebankan apabila nasabah melakukan setor awal Rp 3 juta. Tidak ada batasan minimal saldo yang bisa disimpan di tabungan ini asal tidak melebihi saldo maksimum. Namun, untuk semua transaksi layanan tabungan ada batasan maksimal sebesar Rp 5 juta per bulan termasuk tarik tunai, transfer dan pindah buku.

Itulah tadi 5 jenis tabungan yang tidak memiliki biaya administrasi bulanan. Masing-masing produk tersebut memiliki keunggulan serta kekurangannya dan fitur yang ditawarkan pun berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikanlah tabungan yang ingin Anda gunakan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial Anda, agar bisa mencapai hasil yang maksimal.

Related Posts