Home Tabungan Tabungan Anak yang Terbaik

Tabungan Anak yang Terbaik

by Lara Nifa

Tabungan anak adalah dana simpanan yang berupa rekening pada satu bank atas nama anak sebagai nasabahnya serta orang tua merupakan pemilik identitas dari rekening tersebut. Namun, ini hanya berlaku bila anak belum berusia 17 tahun, dikarenakan belum mempunyai kartu identitas atau KTP.

Mengapa sejak dini anak-anak sudah diajarkan untuk menabung? Supaya nantinya mereka menjadi terbiasa dan dapat mengelola keuangan yang dimiliki dengan baik ketika sudah dewasa. Itulah alasan banyak orang tua mulai mengajarkan menabung pada buah hatinya sejak dini.

Tabungan Anak Terbaik

Seperti yang Anda ketahui, bila bank-bank di Indonesia juga memiliki layanan tabungan khusus anak. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tabungan anak dengan kredibilitas yang baik dan terpercaya.

Taplus Anak dari BNI

Tabungan BNI Taplus tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja, namun ada juga yang untuk anak-anak mulai usia 0 hingga 17 tahun. Keunggulan dari tabungan ini adalah tidak adanya biaya pengelolaan serta memiliki banyak promo bila bertransaksi menggunakan debit taplus anak ini.

Tidak hanya itu, sebagai orang tua Anda juga bisa memantau penggunaannya secara langsung. Jadi, Anda akan mengetahui arus keuangan yang terdapat di tabungan buah hati, karena nantinya dari tiap transaksi yang terjadi Anda akan mendapatkan pemberitahuan berupa SMS.

BritAma Junior dari BRI

Kemudian ada BritAma Junior dari BRI. Produk tabungan ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang memang dikhususkan bagi anak-anak. Setoran awalnya sebesar Rp 100.000 sampai dengan Rp 150.000, Anda sudah bisa membukakan rekening sendiri untuk anak Anda.

Besaran suku bunga dari produk ini terbilang kompetitif, ditambah adanya layanan kartu debit dengan desain menarik yang cocok dengan anak-anak dan pastinya bisa membuat mereka semakin semangat untuk menabung. 

Keunggulan lainnya, pada BritAma Junior ini terdapat asuransi kecelakaan gratis. Total dari nilai pertanggungannya bisa mencapai 250% atau bila dirupiahkan setara dengan angka 150 juta rupiah.

Tabungan Junior dari CIMB Niaga

Selanjutnya adalah Tabungan Junior dari Bank CIMB, produk yang satu ini dikhususkan untuk anak berusia 0 hingga 12 tahun. Untuk setoran awalnya sendiri sebesar Rp 100.000 serta keunggulannya, yaitu ada poin yang bila dikumpulkan dapat ditukarkan dengan ticket untuk menonton secara gratis. Kemudian ada reward pada awal pembukaan rekening.

Tabungan BTN Junior

Terakhir adalah BTN Junior. Produk yang satu ini memang ditujukan untuk mengajarkan buah hati agar menjadi gemar menabung, BTN Junior juga menawarkan berbagai kemudahan serta keuntungan.

Untuk saldo awal, Anda cukup menyetorkan Rp 20.000 saja, menariknya layanan BTN Junior membebaskan biaya administrasi bulanan serta penutupan rekening alitas gratis. Untuk kartu debitnya sendiri juga di desain menarik guna menambahkan semangat ketika akan menabung.

Manfaat Dari Tabungan Anak

Tentunya menabung mempunyai banyak sekali manfaat, apalagi bila telah dibiasakan sejak usia dini. Karena begitu dewasa, pastinya akan menjadi pintar mengelola keuangan. Buah hati akan dapat membedakan mana kebutuhan dan keinginan sehingga kehidupan mereka bisa lebih terjamin di masa mendatang.

Tabungan dapat melatih kesabaran

Ini merupakan hal yang paling utama, yaitu sabar. Tanamkan pada mereka kata-kata “sedikit-sedikit, lama-lama bisa menjadi bukit” dalam artian dengan mereka menabung sedikit, bila tidak diambil lama kelamaan bisa menjadi banyak.

Contohnya ketika mereka menginginkan mainan, maka ajaklah anak untuk menyisihkan uang jajannya sedikit-sedikit agar nantinya dia bisa membeli mainan tersebut dengan uang sendiri. 

Mengajarkan anak agar lebih menghargai uang 

Selanjutnya adalah dengan menabung Anda dapat mengajarkan buah hati menjadi menghargai uang. Dimana nantinya mereka tidak akan dengan mudah mengambur-hamburkannya sesuka hati dan lebih memilih untuk menginvestasikan uang tersebut demi masa depan lebih baik.

Jadi, ketika buah hati Anda telah diajarkan untuk menabungkan sebagian uang jajan yang mereka miliki, nanti anak bisa memahami bahwa bila menginginkan sesuatu mereka harus bersusah payah terlebih dahulu menyisihkan uang agar nantinya baru dapat memperoleh sesuatu.

Membiasakan anak disiplin dalam mengatur keuangan

Selain agar menjadi sabar dan bisa menghargai uang, dengan menabung Anda telah mengajarkan buah hati dalam hal disiplin. Tentunya terkait masalah penggunaan uang. Nantinya anak Anda akan secara otomatis bisa menyisihkan uang jajannya untuk hal-hal yang memang dibutuhkannya. Selain itu, dengan mereka menjadi disiplin dalam mengelola keuangan. Tentunya akan membantu kehidupan anak di masa depan.

Mendorong anak agar lebih bijak dalam menggunakan uang

Terakhir adalah agar dapat mendorong buah hati menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang yang mereka miliki. Ajarilah anak untuk ikut mengambil keputusan mengenai tabungan tersebut akan dipergunakan untuk apa.

Namun, Anda sebagai orang tua tetap harus mengawasi dan memberikan masukan serta arahan secara bijak terkait penggunaan uang yang ada pada tabungan mereka. Anda juga wajib memberi tahu perihal mana kebutuhan dan keinginan. Dimana mereka tentunya harus mendahulukan hal-hal yang bersifat penting terlebih dahulu.

Related Posts