Home Perencanaan Syarat pinjaman online yang biasa diminta

Syarat pinjaman online yang biasa diminta

by Lara Nifa
syarat pinjaman online

Popularitas pinjaman online kini semakin menanjak dikala kebutuhan hidup yang semakin mendesak. Banyak masyarakat yang memanfaatkan fasilitas ini dalam berbagai bidang seperti pembukaan usaha atau sekedar untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari sebab pinjaman online inilah yang paling mudah dan paling cepat prosesnya. Maka dari itu sekarang banyak perusahaan finansial teknologi yang menerapkan sistem pinjaman online. Nah, pinjaman online sendiri adalah kredit yang diberikan oleh lembaga atau instansi keuangan yang pada proses penyerahannya secara online tanpa bertatap muka. Lalu apa saja syarat pinjaman online yang dibutuhkan?

Syarat-syarat pinjaman online

Pinjaman online dibagi dalam dua jenis yaitu regular dan pinjaman online cepat cair. Pinjaman online regular adalah pinjaman online tanpa agunan yang dikeluarkan oleh bank konvensional tapi prosesnya dilakukan secara online. Sedangkan pinjaman online cepat cair merupakan kredit yang dilakukan lembaga keuangan yang rata-rata bukan bank dengan masa pencairan beberapa jam saja. Berikut adalah syarat-syarat yang harus anda penuhi untuk mengambil pinjaman online sebagai berikut.

  • Merupakan Warga Negara Indonesia

Syarat yang paling utama yang diminta oleh penyedia jasa pinjaman online adalah anda harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia (WNI) sebab sebagian besar penyedia jasa tersebut akan menolak orang asing untuk melakukan pinjaman sebab warga asing berpotensi untuk tidak melakukan pengembalian. Cara membuktikan bahwa anda adalah warga negara Indonsia adalah dengan anda menunjukan KTP atau Kartu Tanda Penduduk Indonesia.

  • Memiliki Umur Minimal 21 Tahun hingga 60 Tahun

Biarpun pinjaman online memiliki peraturan yang lebih sederhana dibanding dengan pinjaman lain atau pinjaman bank pada umumnya, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi salah satunya umur saat anda meminjam. Anda harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Usia tersebut dianggap sebagai usia yang matang serta produktif agar debitur memiliki usaha yang tinggi untuk melunasi pinjaman. 

  • Pendapatan Setara dengan UMR

Pemberi pinjaman tidak akan memberikan pinjaman apabila pendapatan anda berada dibawah UMR atau tidak memiliki pendapatan tetap. Maka dari itu, syarat yang harus anda penuhi selanjutnya adalah anda harus memiliki pendapatan tetap terlebih dulu untuk mengajukan pinjaman atau setidaknya anda harus sudah bekerja terlebih dahulu selama tiga bulan. Bila gaji anda masih di bawah UMR atau dibawah standar yang telah ditetapkan, maka pinjaman anda akan otomatis ditolak oleh penyedia jasa pinjaman online tersebut.

  • Memberikan Slip Gaji

Tidak semua penyedia jasa pinjaman online mencantumkan syarat yang satu ini namun tentu saja tidak ada salahnya apabila anda mempersiapkannya lebih awal. Apabila bank konvensional menerapkan untuk meminta dokumen slip gaji anda tiga bulan terakhir, lain dengan syarat pengajuan pinjaman online yang cuma meminta slip gaji selama satu bulan terakhir. Dokumen ini digunakan untuk menetukan besaran kredit yang akan diberikan serta menghitung kemampuan calon peminjam untuk melunasi pinjamannya.

  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak

Selain keempat di atas, pengajuan pinjaman online juga memiliki syarat bahwa anda harus memiliki nomor NPWP. Dengan adanya NPWP ini dapat dijadikan sebagai acuan perusahaan peminjam untuk mengetahui besaran pendapata anda per bulan sehingga mereka mudah menentukan apakah anda bisa mengajukan kredit pinjaman atau tidak.

pinjaman online

  • Memiliki Rekening Bank yang Sesuai dengan KTP

Rekening bank juga menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman online. Pastikan rekening bank harus sesuai dengan KTP anda. Namun kelemahannya adalah bila anda meminjam pinjaman online dengan alasan ingin menghindari pinjaman pada bank konvensional, maka anda sudah salah. Karena semua transaksi nantinya akan menggunakan akun bank konvensional sedangkan pemberi jasa pinjaman online tidak akan menerima nomor rekening yang tidak sesuai dengan KTP yang diajukan.

Bahaya terjebak pinjaman online

Seringkali banyak orang terjebak karena kurang teliti dalam memilih penyedia jasa pinjaman online. Dewasa ini, banyak orang yang dihubungi untuk ditagih oleh penyedia jasa pinjaman. Tidak hanya orang tersebut, melainkan juga teman atau kerabat. Itu benar-benar sangat mengganggu terlebih bila kita tidak mengetahui apapun. Biasanya praktek ini dilakukan oleh pemberi jasa pinjaman online yang bersifat illegal dan tidak terdaftar dalam OJK. Kemudian bagaimana cara agar tidak terjerumus dalam pinjaman online illegal? berikut adalah tips mudahnya.

  1. Review jasa penyedia pinjaman online yang terpercaya biasanya berisikan review positif
  2. Besaran bunga yang ditawarkan
  3. Biaya administrasi dan keterlambatan harus masuk akal
  4. TResmi terdaftar di OJK ( Otoritas Jasa Keuangan )
  5. Memiliki alamat dan nomor telepon yang jelas

Apakah anda tertarik dengan pinjaman online setelah melihat syarat pinjaman online di atas? Banyak penyedia jasa pinjaman online yang telah terdaftar dalam OJK yang memberikan syarat mudah serta cicilan yang tidak mencekik. Namun anda juga harus memastikan bahwa penyedia jasa pinjaman online anda tersebut jujur dan amanah tentunya.

Related Posts