Home Administrasi Syarat Pembuatan NPWP Pribadi Maupun Badan

Syarat Pembuatan NPWP Pribadi Maupun Badan

by Lara Nifa
Syarat pembuatan NPWP

Syarat pembuatan NPWP akan sangat Anda butuhkan jika ingin mendaftar pajak baik untuk pribadi maupun badan. NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak harus dimiliki oleh masyarakat yang sudah masuk dalam kategori wajib pajak. Lalu, apa saja syarat yang dibutuhkan dan bagaimana cara untuk mendaftarnya? Mari simak ulasannya berikut ini:

Syarat Pembuatan NPWP Pribadi

NPWP ini layaknya KTP, di mana sebagai warga negara yang sudah tergolong Wajib Pajak harus memilikinya. Pajak harus dibayarkan agar dapat membantu stabilitas negara dan memperbaiki infrastruktur nasional. Maka dari pada itu, jika Anda sudah memiliki penghasilan dan sudah tergolong Wajib Pajak segeralah membuat NPWP. Berikut ini adalah syarat yang Anda butuhkan apabila ingin membuat NPWP pribadi:

  1. WP atau Wajib Pajak yang tidak bekerja atau bukan pekerja lepas
  • Fotocopy E-KTP untuk WNI.
  • Fotocopy KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara), paspor dan KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) ntuk Warga Negara Asing.
  1. WP yang memiliki atau menjalankan usaha dan pekerjaan bebas
  • Untuk WNI membawa fotocopy E-KTP.
  • Untuk WNA membawa fotocopy paspor, KITAS atau pun KITAP.
  • Membawa fotocopy dokumen dari izin usaha yang resmi diterbitkan oleh intansi terkait yang mempunyai usaha. Sedangkan untuk pekerja bebas membawa surat keterangan dari Pemerintah daerah, minimal dari Lurah atau Kepala Desa. Bisa juga membawa bukti pembayaran listrik.
  • Surat pernyataan yang sudah dibubuhkan materei bahwa benar adanya menjalankan usaha atau memiliki pekerjaan bebas.
  1. WP bagi istri yang hak dan kewajiban pajaknya dipisahkan dari suami
  • Untuk WNI membawa fotocopy E-KTP.
  • Untuk WNA membawa fotocopy paspor, KITAS atau pun KITAP.
  • Fotocopy NPWP milik suami.
  • Fotocopy KK atau Kartu Keluarga.
  • Jika suami seorang WNA, maka harus membawa fotocopy dokumen pajak luar negeri.
  • Fotocopy surat pernyataan bahwa hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari suami atau surat pemisahan harta dan penghasilan.

Syarat Pembuatan NPWP Badan

cara mengurus npwp

Untuk NPWP badan adalah Nomor Pokok Wajib Pajak untuk perusahaan atau badan yang memiliki tujuan mendapatkan laba atau keuntungan. Contoh badan atau perusahaan yang masuk Wajib Pajak adalah CV, PT, Yayasan, koperasi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah syarat yang diperlukan untuk membuat NPWP badan:

  1. Fotocopy akta pendirian perusahaan atau badan.
  2. Surat atau dokumen keterangan penunjukan yang diterbitkan dari kantor pusat.
  3. Fotocopy identitas atau KTP dari pemilik perusahaan atau badan. Bisa juga menggunakan KTP dari salah satu pengurusnya.
  4. Fotocopy NPWP dari pemilik perusahaan atau badan, bisa juga menggunakan NPWP dari salah satu pengurusnya.
  5. Fotocopy surat keterangan atau surat izin usaha yang diterbitkan oleh instansi terkait.
  6. Lampirkan surat keterangan kegiatan usaha dari Pemerintah Daerah setempat, minimal tingkat Lurah ataupun Kepala Desa.
  7. Lembar bukti pembayaran listrik.
  8. Surat kuasa dengan materai, apabila yang mengurus NPWP badan bukanlah pemiliki usaha.

Cara Membuat NPWP Pribadi dan Badan

Apabila Anda sudah menyiapkan syarat-syarat tersebut, maka Anda dapat langsung membuat NPWP. Di mana berikut ini adalah caranya:

  1. Cara membuat NPWP Offline
  • Datang ke kantor pajak terdekat atau yang satu domisili dengan KTP Anda.
  • Lalu, isilah formulir untuk pendaftaran NPWP baik itu pribadi atau badan.
  • Serahkan seluruh syarat dan formulir pendaftaran kepada petugas.
  • Petugas nantinya akan melakukan pengecekan kelengkapan dokumen.
  • Apabila sudah lengkap dan diterima, maka Anda akan mendapatkan tanda terima bahwa syarat sudah terpenuhi.
  • Bila sudah, maka Anda diminta untuk menunggu di rumah. Karena NPWP ini nantinya akan dikirimkan ke alamat pendaftar melalui pos.
  1. Cara membuat NPWP online
  • Kunjungi situs resmi Dirjen Pajak di alamat www.pajak.go.id dan pilihlah menu e-registration.
  • Jika sudah, Anda diminta untuk mendaftarkan terlebih dahulu, seperti nama lengkap, alamat email dan juga password.
  • Bila pendaftaran akun berhasil, Anda akan diminta aktivasi terlebih dahulu. Di mana Dirjen Pajak akan mengirimkan email aktivasi. Buka email yang sudah Anda daftarkan tadi dan carilah email dari Dirjen Pajak. Jika sudah ada, maka Anda hanya tinggal membuka email dan klik tautan yang ada di dalamnya.
  • Selanjutnya, Anda perlu mengisi formulir pendaftaran dengan masuk ke akun yang sudah diaktivasi tadi. Isilah data dengan benar dan cek kembali sebelum Submit. Apabila data sudah benar, maka Anda akan mendapatkan surat pendaftaran sementara.
  • Lalu, Anda akan diberikan dua opsi pengiriman dokumen. Jika ingin mengirimkan dokumen secara fisik, maka Anda harus print formulir wajib pajak dan surat pendaftaran sementara. Kemudian kirimkan pada KPP terdekat. Namun, Anda juga dapat memilih mengirimkan dalam bentuk soft file atau di scan. Jangan lupa menandatangani formulir sebelum Anda upload.
  • Bila sudah, maka Anda hanya tinggal menunggu saja status dari NPWP apakah diterima atau ditolak. Apabila ditolak, maka Anda perlu mengecek ulang seluruh dokumen yang dikirimkan. Bila diterima, Anda akan mendapatkan kartu NPWP elektronik atau meminta KPP mengirimkan kartu NPWP fisik ke alamat Anda.

Itulah penjelasan syarat pembuatan NPWP beserta dengan cara membuatnya. Dengan memiliki NPWP ini akan ada banyak sekali kemudahan yang didapatkan oleh masyarakat, termasuk dari fasilitas yang diberikan pemerintah akan semakin baik

 

Related Posts