Home Regulations Syarat Mengajukan KPR Rumah di BCA dan Berapa Besarannya

Syarat Mengajukan KPR Rumah di BCA dan Berapa Besarannya

by Lara Nifa

Kredit pemilikan rumah (KPR) adalah salah satu pemilihan pembiayaan rumah yang populer di kalangan masyarakat, banyak sekali pengajuan KPR yang bisa anda ajukan di berbagai bank di Indonesia, namun pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai KPR di bank BCA. Nah, dari sekian banyaknya bank swasta di Indonesia, Bank BCA termasuk bank swasta terbaik dan terbesar di Indonesia. Bank BCA ini juga memiliki ragam tawaran kelebihan-kelebihan yang bisa kamu dapatkan dibandingkan bank lainnya. Lalu sebenarnya apa sih kelebihan jika mengajukan KPR rumah di bank BCA? Simak penjelasan berikut.

Kelebihan mengajukan KPR di BCA

  1. Program bunga yang sangat diminati oleh masyarakat
  2. Banyak pilihan suku bunga fixed yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat
  3. Terdapat suku bunga fixed and cap, maksudnya adalah bunga fixed selama 2 tahun dan cap selama 3 tahun. Suku bunga Fixed and cap ini mampu memberikan kepastian kepada masyarakat. Jadi, di BCA suku bunga maksimalnya sudah dibatasi oleh bank. Sehingga nasabah bisa mendapatkan kepastian bunga selama 5 tahun. Hal ini dilakukan oleh bank BCA sebagai solusi sekaligus menjawab kekhawatiran nasabah terhadap meningkatnya angsuran.
  4. Keringanan biaya pengajuan, di bank BCA itu sendiri pengajuan keringanan biaya ini prosesnya sangat cepat dan transparan. 
  5. Bank BCA juga bekerjasama dengan banyak developer yang ternama serta agen property yang sudah nasional sehingga nasabah mempunyai banyak pilihan dalam menentukan rumah dimana saja selama bekerjasama dengan KPR bank BCA. 
  6. Bank BCA memiliki banyak fitur, seperti KPR untuk pembelian, KPR untuk multiguna, KPR untuk renovasi. 
  7. Terdapat fitur angsuran terencana, maksudnya adalah salah satu fitur yang memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, KPR angsuran terencana ini bisa lebih ringan dari KPR umum.

Nah, setelah kita mengetahui kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dari bank BCA, kamu bisa mempertimbangkan KPR di bank BCA dan memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu, jika kamu sudah memutuskan untuk mengajukan KPR di BCA, berikut persyaratan umum dan persyaratan dokumen yang perlu kamu ketahui:

Persyaratan Umum:

  1. Warga Indonesia (WNI), sejauh ini pihak bank BCA belum bisa memasok warga negara asing untuk pengajuan KPR BCA. 
  2. Jika sebagai karyawan, maka minimal total masa kerja selama 1 tahun
  3. Profesional/wirausahawan minimal masa kerjanya selama 2 tahun 
  4. Sudah menikah atau minimal usia 18 tahun
  5. Usia maksimal 65 tahun untuk seorang profesional/wirausaha
  6. Usia maksimal 55 tahun jika sebagai karyawan/pegawai tetap
  7. Wajib mengasuransikan jiwa dan kebakaran
  8. Bersedia menandatangai perjanjian kredit dan APHT beserta ketentuan-ketentuannya
  9. Pembayaran menggunakan auto debit dari rekening BCA nasabah 

Persyaratan dokumen:

  1. KTP
  2. NPWP
  3. Kartu Keluarga
  4. Slip Gaji 
  5. Surat keterangan dari perusahaan tempat bekerja
  6. Buku Nikah (jika sudah menikah)
  7. Bukti potong pajak
  8. Mutasi rekening 3 bulan terakhir 
  9. Kwitansi pembayaran DP ke developer, terdapat satu peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia yaitu pembayaran DP ke Developer wajib berasal dari rekening konsumen langsung.

Untuk persyaratan dokumen yang lebih rinci sesuai jenis pekerjaan, kamu bisa melihatnya di website bca.co.id. sesuai di website bank BCA, persyaratan dokumen ini sebenarnya dibagi menjadi tiga, yaitu pengajuan dari sisi karyawan, pengajuan dari sisi wiraswasta dan pengajuan dari sisi professional. Tiga kondisi pengajuan ini memiliki persyaratan dokumen yang berbeda-beda. Perbedaannya yaitu jika sebagai karyawan diperlukan slip gaji dan rekening transparan gaji. Berbeda dengan jenis pekerjaan sebagai wiraswasta, persyaratan rincinya yaitu jika jenis usahanya berbadan hukum maka harus terlampir akta pendirian, akta perubahan, SK Menkeh, TDP, Surat izin usaha dan rekening perputaran usaha. Lalu jika usahanya tidak berbadan hukum, syaratnya adalah hanya rekening perputaran usaha. Selanjutnya jenis pekerjaan profesional syarat dokumen secara rincinya adalah surat izin praktek dan rekening usaha dari praktek.

Setelah kita menyiapkan dokumen persyaratan dan sudah di submit, selanjutnya tinggal menunggu dikabari oleh pihak bank BCA atau jika ada data-data yang kurang, pihak bank BCA akan menghubungi nasabah kembali. berikut merupakan cara KPR DI bank BCA. 

Cara mengajukan KPR di Bank BCA 

Pengajuan KPR bank BCA, selain melalui kantor cabang terdekat juga bisa dilakukan secara online. Cara pengajuan KPR bank BCA secara online, bisa dilakukan dengan mengisi formulir di laman webform.bca.co.id. 

Cara menghitung angsuran bulanan

Anda juga bisa menghitung perkiraan angsuran bulanan via online melalui situs rumahsaya.bca.co.id. misalnya anda akan membeli rumah seharga 350 juta dan anda sudah memiliki DP 140 juta, dengan jangka waktu 20 tahun dan jenis suku bunga 7% fixed selama 1 tahun, maka akan langsung muncul besar angsuran setiap bulannya pada halaman rumahsaya.bca.co.id.

Pastikan sebelum kamu mengajukan KPR, kamu sudah menemukan dan memilih calon rumah yang pas dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuanmu untuk membayar. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Related Posts