Home Tips Syarat dan Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang

Syarat dan Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang

by Lara Nifa
buku tabungan

Meski transaksi kini bisa diselesaikan secara mudah dengan adanya perkembangan teknologi dan tanpa perlu buku tabungan, fungsi buku tabungan tetap sangat berguna. Semua transaksi melalui cabang suatu bank harus membawa buku tabungan karena itu sebagai bukti Anda pemilik rekening tersebut. Maka dari itu, meskipun fungsi buku tabungan hampir minim sekali, Anda tetap harus menyimpan buku tersebut secara baik, jangan sampai buku tabungan hilang.

Akan tetapi, banyak dari kita sering tidak mengetahui di mana letak menyimpan rekening tabungan kita. Pernahkah Anda mengalami buku tabungan yang hilang atau terselip tidak ditemukan? Jika demikian, kami menyarankan Anda untuk menanganinya secara segera. Walaupun Anda kehilangan buku tabungan, Anda tetap dapat menyetor, menabung, dan menarik melalui ATM, dan Anda masih dapat bertransaksi melalui berbagai layanan seperti M Banking atau Internet Banking. Akan tetapi, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda harus segera mendapatkan buku tabungan Anda. Hal ini dikarenakan apabila Anda kehilangan kartu ATM, maka Anda akan kerepotan jika buku tabungan juga tidak ada.

Banyak juga beber layanan yang membutuhkan buku tabungan sebagai syarat dan ketentuannya, seperti lampiran laporan pajak, pengajuan hutang atau dana pinjaman, proses permohonan kartu kredit, dan beberapa urusan lainnya. Untuk urusan laporan perpajakan maka perlu rincian isi buku rekening tabungan selama satu tahun. Sedangkan untuk urusan permohonan kartu kredit, bank pada umumnya membutuhkan rincian keuangan yang ada di buku rekening tabungan Anda selama 3 bulan hingga  6 bulan terakhir aktivitas keuangan Anda.

Pada intinya, cara urus buku tabungan hilang di bank manapun yang hilang memiliki cara dan ketentuan yang hampir sama, walaupun mungkin tetap ada perbedaan sedikit, hal ini dikarenakan masing-masing bank memiliki kebijakannya sendiri-sendiri.

Syarat Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Langkah untuk mengurus buku tabungan yang hilang pada umumnya dilakukan melalui cabang yang membuka rekening Anda. Sebelum datang ke bank tempat kantor cabang atau tempat dimana Anda membuka rekening, maka Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan atau dibutuhkan. Secara umum, mengenai apa saja persyaratan tersebut, berikut adalah dokumen-dokumen yang perlu Anda persiapkan:

  • Surat Kehilangan dari Pihak Kepolisian
  • Identitas Pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk atau juga Paspor
  • Kartu debit atau ATM

Untuk syarat yang pertama, ini adalah surat kehilangan dan Anda harus mengurus dan mendatangi  kantor Polisi terdekat dari tempat tinggal. Pergi ke kantor kepolisian terdekat dari rumah atau di daerah Anda merasa kehilangan buku tabungan Anda, dan beri tahu Anda tentang apa yang ingin Anda urus, yaitu membuat surat kehilangan. Untuk bank BCA biasanya tidak ada persyaratan mengenai hal ini, sehingga proses cara urus buku tabungan hilang bisa diselesaikan secara lebih mudah dan cepat.

Lalu bagaimana apabila kartu ATM Anda hilang juga? Dan Anda tetap harus mengganti atau mengurus buku tabungan yang hilang? Jika buku tabungan dan ATM Anda hilang sekaligus, hal pertama yang perlu dilakukan adalah segera menghubungi Customer Service bank Anda atau melaporkan langsung ke kantor cabang terdekat untuk membuat laporan. Laporan ini biasanya dirancang untuk memblokir akun dan memasukkan saldonya aman. Dan setelah saldo Anda mencapai tingkat yang aman, langkah selanjutnya adalah pergi ke kantor polisi terdekat, atau kantor polisi di kawasan Anda kehilangan buku tabungan dan ATM untuk membuat surat kehilangan.

Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

urus buku tabungan

Pada umumnya kartu ATM dan buku tabungan dapat saling dipertukarkan karena informasi yang terkandung disana sama persis. Maka dari itu, apabila buku rekening atau tabungan dan juga kartu ATM yang hilang, cara urus buku tabungan hilang dan kartu baru dapat diselesaikan dengan gampang dan sederhana. Anda harus lakukan hanyalah melengkapi persyaratan di atas dan kemudian langsung mendatangi kantor cabang bank terdekat.

Umumnya untuk prosedur terkait pengurusan kartu ATM, buku tabungan, pengaduan, pembukaan tabungan, atau pendaftaran berbagai macam layanan, maka Anda harus mendatangi bagian Customer Service. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir, karena di setiap bank mempunyai petugas keamanan yang berjaga di depan dan akan membantu dan memandu anda untuk mendapatkan nomor antrian ke bagian Customer Service. Tolong jelaskan maksud dari kedatangan Anda untuk mengurus  kehilangan buku tabungan. Staf senior atau Customer Service akan memberikan panduan tentang persyaratan yang diperlukan.

Setelah melihat berbagai persyaratan dan langkah dalam cara mengurus buku tabungan hilang. Sebaiknya jangan pernah untuk menunda mengurus buku tabungan atau kartu ATM yang hilang, karena apabila Anda menunda proses pengurusan, malah akan merepotkan Anda sendiri nantinya. Usahakan untuk segera mengurus hal tersebut, agar Anda tidak mengalami kendala di kemudian hari.

Related Posts