Sudah Bisa Travelling, Ini Cara Kumpulkan Dananya

Pada zaman sekarang traveling sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama para anak muda yang sedang suka sukanya mendatangi tempat tempat baru. Selain untuk mengeksplor tempat

Lara Nifa

[addtoany]

Pada zaman sekarang traveling sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama para anak muda yang sedang suka sukanya mendatangi tempat tempat baru. Selain untuk mengeksplor tempat baru yang belum pernah dikunjungi, kebutuhan traveling untuk para anak muda ini adalah untuk kebutuhan social media pribadi nya.

Untuk memenuhi kebutuhan social media tersebut banyak anak muda yang pergi liburan tanpa persiapan dan ayang matang. Padahal untuk mengumpulkan dana agar bisa traveling bukan lah hal yang begitu sulit. Banyak cara yang dapat digunakan untuk dapat mengumpulkan dana tersebut dengan hal hal sederhana.

Sudah Bisa Travelling, Ini Cara Kumpulkan Dananya

Buat Anggaran Dana Untuk Traveling

Sebelum memulai untuk mengumpulkan dana, terlebih dahulu kamu harus membuat anggaran dana untuk traveling. Kamu harus menghitung dengan sebaik baiknya dana yang akan kamu anggarkan untuk traveling tersebut.

Jangan sampai kamu mengeluarkan dana yang tidak sesuai dengan posrinya. Jauhilah dana yang sekiranya akan membuat anggaran mu membengkak, seperti sering makan ditempat tempat terlalu mahal.

Sesekali kamu harus mencoba makan di tempat yang biasa saja dengan rasa makanannya yang biasanya memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan makanan di tempat atau restoran mahal. Kemudian jangan buat anggaran dana yang terlalu press agar kamu terhindar dari biaya tak terduga ketika sedang traveling.

Tentukan terlebih dahulu destinasi apa saja yang akan kamu kunjungi kemudian tentukan penginapan yang akan kamu tempati tentukan waktu yang pas untuk kamu traveling. Jika ketiga hal tersebut sudah kamu susun dengan benar, maka anggaran dana yang kamu susun juga akan sesuai dan tepat sasaran.

Tabung Dana Khusus Untuk Traveling Dari Jauh Jauh Hari

Setelah anggaran dana sudah terlihat, selanjutnya kita harus membuat planning untuk mengumpulkan dana tersebut. Kumpulkan dana secara rutin dalam jangka waktu tertentu, dan lakukan dengan konsisten. Tabungan khusus untuk traveling kamu buat khusus tanpa campur tangan dengan kebutuhan kebutuhan lainnya.

Untuk itu, sebelum kamu menabung dan mengumpulkan dana untuk traveling, kamu harus telah terbebas dulu dari kebutuhan lainnya. Menabung dana untuk traveling dari jauh jauh hari juga berfungsi agar dana yang terkumpul dapat lebih cepat terkumpul.

Semakin cepat dana yang terkumpul, maka kamu akan bisa menabung lebih banyak lagi. Karena semakin dana yang terkumpul akan semakin baik. Kamu akan lebih bisa menambah lebih banyak destinasi yang ingin kamu kunjungi.

Menabung Dalam Mata Uang Asing

Jika kamu ingin traveling ke luar negeri tentunya kamu membutuhkan mata uang asing untuk melakukan transaksi. Mengumpulkan mata uang asing dari jauh jauh hari sebaiknya kamu lakukan. Karena dapat kita ketahui bersama mata uang asing khususnya Negara.

Negara yang lebih maju dari Indonesia memiliki nilai mata uang yang jauh lebih. Untuk itu, kamu dapat  mengumpulkan sedikit sedikit mata uang asing di satu rekening khusus ataupun dapat kamu simpan sendiri di tabungan tradisional kamu.

Untuk mendapatkan uang asing tersebut bukanlah hal yang begitu sulit di era yang serba digital seperti sekarang ini. Kamu bisa membelinya secara online, dengan menggunakan aplikasi yang sudah terpercaya. Jangan sampai kamu memilih aplikasi yang salah dan menyebabkan kerugian untuk dirimu sendiri.

Dapatkan Penghasilan Tambahan

Selain dari penghasilan pokok, kamu bisa lebih cepat mengumpulkan dana untuk traveling jika memiliki penghasilan tambahan. Banyak pekerjaan freelance yang akan memberimu penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan tetap mu. Kamu dapat mencoba sebagai freelance jadi penulis lepas jika kamu memiliki keahlian menulis.

Kemudian kamu bisa menjadi driver ojol setelah memiliki waktu luang sehabis bekerja, atau kamu bisa bekerja part time di akhir pekan. Dengan memiliki penghasilan tambahan juga kamu akan lebih bisa meminimalisir biaya biaya tak terduga yang nanti bisa terjadi.

Jual Barang yang Sudah tidak Terpakai

Menjual barang barang yang sudah tidak terpakai juga merupakan salah satu cara lebih cepat untuk mengumpulkan dana traveling. Perikasa barang barang yang ada di kamar maupun rumah mu yang sekiranya masih layak pakai tetapi sudah tidak kamu gunakan.

Jika semua barang barang yang kamu kumpulkan tersebut terjual maka dana ini lumayan untuk membantumu mengumpulkan dana untuk traveling. Selain mendapatkan uang, rumahmu juga akan lebih bersih dari barang barang yang sudah tidak digunakan.

Terapkan Hidup Hemat dan Kontrol Pengeluaran

Jika kamu sudah memiliki niat untuk traveling maka kamu harus bisa untuk hidup hemat agar dana untuk traveling mu dapat lebih cepat terkumpul. Jauhi hal hal yang dapat membuatmu boros. Kemudian kontrol pengeluar mu jika perlu catat setiap pengeluaran agar kamu dapat mengontrolnya. 

 

Related Post