Strategi Menghadapi Pesaing di Dunia Usaha

Apapun sektor yang nantinya akan kamu geluti dalam menjalankan sebuah usaha memang bisa dibilang menantang. Sebab selain memerlukan strategi guna mengatur SDM, operasional dan juga produksi, sebagai seorang pebisnis kamu harus tahu cara menghadapi kompetitor di dunia usaha.

Apalagi bila ternyata kompetitormu tersebut sudah berskala besar di mana tentunya mereka memiliki kekuatan pada modal, branding dan lain sebagainya. Kadangkala hal yang seperti inilah yang membuat para pebisnis pemula merasa ciut sebelum memulai.

Padahal kamu harus tahu ketika sudah memutuskan untuk membuka usaha, maka tantangan pertama yang harus kamu hadapi adalah para pesaing di dunia usaha pada jenis atau sektor yang sama. Apabila kamu dapat mengambil sisi positifnya, sebenarnya dengan adanya pesaing tentu bisa menjadi cambukan untuk lebih bersemangat membangun bisnis tersebut.

Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Kamu harus tahu bahwa sebenarnya ada sisi positif yang bisa diambil ketika menghadapi persaingan usaha. Karena dengan begitu kamu akan memiliki senjata untuk digunakan melawan para kompetitor. Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi persaingan di dunia usaha.

Kenalilah pesaingmu

Tentunya strategi menghadapi pesaing di dunia usaha yang pertama adalah kamu harus mengenali siapa kompetitormu pada sektor usaha yang sama. Misalnya seperti melihat produk apa yang mereka miliki, bagaimana pelayanannya, lalu strategi pemasaran apa yang terlihat menonjol.

Setelah kamu mengenali hal-hal tersebut maka yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah mencari tahu apa yang kurang dari kompetitor dan jadikanlah kekurangan tersebut menjadi kelebihan bagi produk yang akan kamu luncurkan.

Kenali target konsumen

Strategi selanjutnya untuk menghadapi pesaing adalah kamu harus mengetahui siapa target pasar dari produk yang nantinya akan diluncurkan. Dengan sudah menentukan siapa target pasar tentunya akan lebih mudah bagi kamu untuk memperkenalkan produk tersebut nantinya.

Pahami kondisi dan situasi persaingan

Selanjutnya adalah dengan memahami kondisi serta situasi persaingan. Caranya adalah dengan kamu melakukan riset pasar, cari tahu segala informasi mengenai kompetitor secara cermat. Misalnya seperti apakah pesaing bisnismu memiliki kedekatan khusus dengan para pelanggannya atau tidak.

Lakukan analisis peluang usaha dan tentukan target pasar

Supaya bisnis kamu mampu bertahan, maka harus membuat strategi secara matang sejak awal. Agar ketika usahamu tersebut sudah mulai berjalan kamu tidak kebingungan harus melakukan apa nantinya. Inilah kenapa perlu melakukan yang namanya analisis peluang bisnis dan juga menentukan target konsumen supaya dapat menghadapi persaingan.

Survei konsumen dapat dilakukan secara online atau dengan membagikan kuesioner. Melakukan riset seperti ini mempunyai banyak fungsi salah satunya kamu bisa lebih memahami bagaimana perilaku dari pelanggan, apakah nantinya produk yang diluncurkan memang dibutuhkan dari situlah bisa terlihat seberapa besar pasar yang dapat kamu jangkau.

Berikan perhatian kepada pelanggan setia

Strategi menghadapi pesaing di dunia usaha yang selanjutnya yaitu tetap memperhatikan konsumen atau pelanggan lama yang sudah kamu miliki. Karena bagaimanapun kamu harus berterima kasih kepada mereka yang setia dengan produk atau brand milikmu tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mempertahankan para pelanggan setia ini? Tentunya dengan melakukan inovasi atau pengembangan produk. Ciptakanlah produk-produk baru atau merevisi yang lama dengan menambahkan formula terbaru supaya memberikan hasil terbaik. 

Berkolaborasi dengan bisnis atau influencer

Strategi menghadapi pesaing di dunia usaha yang selanjutnya adalah mencoba untuk berkolaborasi atau bekerja sama dengan influencer dan bisnis lain yang memang saat ini sedang menjadi sorotan di masyarakat.

Tetapi perlu diingat sebelum kamu melakukan kolaborasi atau menggaet influencer, ada baiknya kamu melakukan pendekatan secara pribadi atau pun membuat survei apakah memang cocok dengan bisnis milikmu.

Tetap berinovasi

Di masa yang sudah semakin modern ini tentunya teknik pemasaran bisa dialihkan menggunakan media online. Tetapi bukan berarti menggunakan teknik promosi klasik dikatakan ketinggalan zaman. 

Hanya saja untuk mengimbangi modernisasi yang ada sekarang ini tentunya kamu harus bisa berinovasi. Apalagi jika pesaing dari bisnismu termasuk yang sangat modern sehingga mereka benar-benar mampu memanfaatkan teknologi digital untuk memperkenalkan usaha yang mereka punya. 

Apabila kamu merasa kebingungan mengenai inovasi seperti apa yang harus dilakukan, kamu bisa mencoba untuk mencari inspirasi dari YouTube, buku maupun artikel yang saat ini sedang populer.

Gunakan digital marketing

Strategi terakhir untuk menghadapi pesaing di dunia usaha yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi canggih yang sudah ada saat ini, yaitu digital marketing. Digital marketing sendiri bisa kamu pilih misalnya dengan membuat iklan di TV.

Selain itu juga bisa memanfaatkan sosial media yang saat ini memang banyak penggunanya dan tidak hanya di Indonesia saja bahkan hingga mancanegara. Tentunya dengan melihat hal tersebut peluang kamu untuk bisa memperkenalkan bisnis yang dimiliki sangatlah besar.


Posted

in

by