Home Tips Strategi Mengatur Keuangan Saat Mendekati Usia Pensiun

Strategi Mengatur Keuangan Saat Mendekati Usia Pensiun

by Lara Nifa
cara kelola keuangan saat pensiun

Ketika Anda masih muda, selain mencari kesenangan untuk menyenangkan diri sendiri, Anda juga ingat bahwa Anda tidak selalu bisa produktif selama hidup. Ketika kami masih muda, kita memang memiliki banyak waktu dan energi untuk melakukan berbagai pekerjaan guna mendapatkan penghasilan sebanyak mungkin. Tapi ingat, ini adalah waktu dan itu akan membatasi produktivitas Anda. Selain aktif bekerja di masa muda, pemuda juga harus digunakan untuk mengumpulkan dana untuk pensiun nantinya. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana strategi  mengatur keuangan demi menyambut hari tua nantinya.

Menyambut pensiun sejak dini

Haruskah kita menyiapkan diri untuk menyambut pensiun dari usia muda? Mengapa kita harus menyiapkan dana pensiun sejak awal? Mulai dari sekarang Anda harus mulai mempersiapkan dana pensiun, karena tentunya Anda ingin menikmati masa tua dengan sebaik baiknya. Tantangan hari ini adalah bagaimana caranya untuk bisa pensiun dengan nyaman, tetapi tentu masih banyak yang belum mengetahui caranya.

Tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara mengatur keuangan saat mendekati usia pensiun, dan agar Anda bisa menikmati masa tua dengan nyaman dan sebaik baiknya.

  • Berinvestasi

Dalam banyak kasus, pendapatan bulanan hanya bertahan hingga pertengahan bulan. Betapa bahagianya saat mendapatkan gaji di awal bulan. Namun perlu diingat, nominal gaji harus dicadangkan untuk berbagai keperluan, baik itu kebutuhan sehari-hari, seperti pembayaran angsuran, pembayaran pembayaran asuransi atau biaya hidup lainnya yang masuk dalam rencana atau kelola keuangan. Mulai saat ini, setelah menyisihkan pendapatan tetap untuk keperluan pokok Anda, jangan lupa menyisihkan gaji untuk menabung. Menabung memang sulit saat Anda masih muda, tetapi setelah memenuhi kebutuhan utama Anda, cobalah untuk menjadikannya sebagai prioritas.

Selain berhemat, Anda juga harus mencoba berinvestasi dalam kelola keuangan. Investasi merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan passive income. Perbedaan dalam menabung dan investasi adalah dengan ada resiko dalam investasi. Menyisihkan sejumlah tabungan untuk investasi yang aman adalah pilihan yang sangat bijak. Menurut prinsip investasi, semakin tinggi tingkat pengembaliannya, semakin besar risikonya. Maka  sebaiknya berhati-hatilah saat ingin berinvestasi.

tips kelola keuangan saat pensiun

  • Membuat Rencana Keuangan dengan Matang

Membuat rencana atau kelola keuangan dengan baik sebenarnya cukup mudah, hanya terdiri dari pendapatan dan pengeluaran serta perkiraan aset nominal yang akan direalisasikan dalam suatu periode tertentu. Dapat dilakukan dalam bentuk jangka panjang jangka pendek 1 tahun, jangka menengah 5 tahun atau lebih dari 10 tahun. Tidak peduli model mana yang diadopsi, hal pertama yang harus dilakukan cara mengatur keuangan adalah membagi biaya atau dana yang ada.

Biasanya, banyak yang meremahkan mengenai hal ini. Pengeluaran yang tidak tercatat seringkali membuat kita lupa diri dan akhirnya membuat tabungan atau gaji kita habis sebelum akhir bulan. Dalam upaya penyelesaiannya, semua catatan disiapkan untuk membuat detail pengeluaran. Tahukah Anda bahwa, misalnya, jika Anda membelanjakan Rp 50.000 untuk makan siang, Anda akan membelanjakan Rp 300.000 dalam waktu seminggu atau 5 hari kerja. Ini tidak mengatakan bahwa Anda tidak boleh untuk sesekali saja makan enak, tetapi Anda harus memikirkan tujuan akhirnya. 

  • Melunasi Hutan dan Menyiapkan Dana Darurat

Menjalani kehidupan tanpa berhutang sepertinya semaki sulit untuk saat ini. Segala bentuk hutang tampaknya menjadi bagian dari gaya hidup saat ini. Salah satunya adalah format kartu kredit. Di masa lalu, hutang yang tidak terkendali bisa jadi merupakan bagian dari kecerobohan finansial kita dan tentunya akan membuat kita harus melunasi hutang tersebut sekarang. Jika kita memiliki hutang, alangkah baiknya kita segera melunasinya. Hutang berbunga tinggi secara tidak disadari menghabiskan pendapatan kita. Oleh karena itu, jika kita memiliki pendapatan berlebih, tidak ada salahnya melunasi hutang.

Bahkan jika Anda harus menanggung hutang, Anda harus menanggung hutang yang bertujuan baik. Artinya hutang tersebut ditujukan kepada tujuan yang produktif, dan produktifitas tersebut akan menghasilkan pendapatan yang lebih banyak dari pada bunga hutang itu sendiri. Ini adalah cara cerdas untuk berhutang.

Siapkan tabungan sejak dini

Jangan lupa siapkan tabungan untuk dana darurat dan ikuti rencana asuransi untuk melindungi diri Anda dari keadaan darurat, yang mungkin tidak dapat diprediksi.

Misalnya, satu orang harus memiliki simpanan dana darurat yang setara dengan tiga kali gaji bulanan. Di saat yang sama, bagi kita yang sudah berkeluarga, nominal nominal dana darurat harus lebih tinggi, mencapai 6 kali lipat gaji bulanan. Ketika keadaan keuangan kita memburuk, dana darurat akan menjadi penyelamat kita. Di saat yang sama, dalam konteks rencana pensiun, selain tabungan darurat, Anda juga harus mulai berinvestasi dan melindunginya melalui rencana asuransi.

Itulah beberapa tips dap cara mengatur keuangan untuk menyambut usia pensiun, demi bisa menikmati hari tua dengan nyaman dan aman. Yang perlu di ingat, semua rencana di atas akan berhasil jika dilakukan dengan niat dan tekad yang sungguh-sungguh dan disiplin yang tinggi.

 

Related Posts