Home Bisnis dan Usaha Strategi Dalam Berbisnis Minuman Beras Kencur

Strategi Dalam Berbisnis Minuman Beras Kencur

by Lara Nifa

Tanaman herbal yang banyak tumbuh di bumi Nusantara ini terdiri dari berbagai jenis dan sangat populer untuk dijadikan obat tradisional. Ada jahe, temulawak, kunyit dan kencur yang biasanya disajikan sebagai minuman herbal atau selama ini kita kenal dengan sebutan jamu.

Khasiat dan manfaat yang diperoleh dari jamu sangat banyak serta sudah teruji secara klinis. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar namun juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Dan sekarang beras kencur sedang banyak diminati karena tidak terasa pahit, apalagi jika diminum saat dingin pasti akan lebih menyegarkan. Hal itu bisa kita jadikan peluang untuk berbisnis minuman beras kencur.

Strategi Jitu Untuk Memulai Bisnis Minuman Beras Kencur

Dalam memulai suatu bisnis, menyusun strategi adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas strategi dalam memulai bisnis minuman beras kencur. Apa saja itu ? Simak penjelasan berikut ini.

Pilihlah Bahan Baku yang Segar

Pastikan bahan baku yang kamu pilih untuk membuat beras kencur masih segar. Jangan dicampur dengan yang sudah tidak layak atau busuk agar produk yang kamu hasilkan berkualitas. Karena pemilihan bahan baku sangat berpengaruh pada rasa minuman.

Cara yang paling ampuh agar kamu selalu bisa mendapatkan bahan baku segar yakni tanamlah sendiri tumbuhan kencur. Kamu bisa menanamnya di pekarangan rumah maupun dengan menyewa lahan. Dengan cara ini, bahan baku akan selalu terpantau kesegarannya dan bisa langsung dipanen.

Lakukan Terobosan Demi Terobosan

Beras kencur identik dengan minuman  tradisional dan penikmatnya hanya kalangan tertentu saja, kebanyakan diminum oleh orang tua. Oleh karena itu, lakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk produk ini misalkan mengkombinasikan rasa yang lebih kekinian.

Lakukan uji coba terlebih dahulu sampai menemukan cita rasa yang sesuai untuk dijual ke berbagai kalangan. Dengan mencoba berbagai terobosan baru, maka produk beras kencur yang kamu jual akan menimbulkan kesan yang lebih modern. Sehingga bisa menyasar generasi milenial yang sekarang sedang menggandrungi produk-produk minuman kekinian seperti es kopi susu dan boba.

Tentukan Nama Brand Atau Merek Produk

Meskipun terlihat sepele, ternyata pemberian brand atau merek produk bisa mempengaruhi minat beli konsumen. Apalah produk jika tidak memiliki brand ? Bagaimana masyarakat bisa mengenal produk yang kamu jual ?

Oleh sebab itu, tentukan nama brand atau merek sebelum diluncurkan ke pasaran. Kamu bisa memilih nama yang unik dan pastinya mudah untuk diingat. Dengan pemilihan nama yang tepat, produk semakin mudah melekat di ingatan dan benak para konsumen.

Dikemas Dengan Tampilan Lebih Menarik

Tampilan produk itu sangat mempengaruhi daya tarik konsumen. Maka sebelum menjualnya, tentukan kemasan produk yang lebih modern dan unik. Banyak sekarang yang menjual kemasan produk dengan beragam jenis dan juga ukuran.

Mayoritas produk minuman dijual dalam kemasan botol berukuran 250 ml, namun tidak ada salahnya jika kamu juga mau menyediakan beras kencur dengan ukuran 1 liter. Ini akan lebih menarik karena produk itu bisa dinikmati sekeluarga atau saat berkumpul bersama teman-teman.

Namun tetap untuk diperhatikan bahwa kesamaan tersebut tahan terhadap suhu dan tidak mudah bocor. Sehingga beras kencur tidak mudah terkontaminasi yang bisa mengakibatkan adanya perubahan rasa.

Bangun Branding Dengan Promosi

Strategi selanjutnya yaitu melakukan berbagai promosi untuk membangun branding. Gunakan perkembangan digital yang ada saat ini untuk gencar memasarkan produkmu. Berbagai kemudahan yang ditawarkan teknologi pada zaman sekarang harus dimanfaatkan secara optimal.

Buatlah promosi semenarik mungkin melalui media sosial seperti instagram dan platform lainnya. Strategi ini harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan lebih banyak konsumen dan membuat produkmu semakin dikenal. Teruslah mengupgrade kemampuan dalam bidang digital sehingga kamu bisa selalu mengikuti perkembangan yang ada untuk memasarkan produk beras kencur.

Perhitungan Besaran Modal Secara Rinci

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis minuman beras kencur sebenarnya sangat terjangkau. Tidak sampai 5 juta rupiah, kamu sudah bisa membeli bahan baku, botol kemasan, peralatan meramu produk, dan biaya lain-lainnya. Buatlah perhitungan secara rinci dengan menyesuaikan modal yang sudah kamu siapkan.

Jika modal kamu sedikit, lakukan pengurangan untuk keperluan bisnis yang tidak begitu penting. Misalkan dengan menghilangkan biaya promosi karena jika hanya memanfaatkan media sosial, kamu tidak memerlukan biaya tersebut.

Jaga Kualitas Produk

Hal yang paling penting untuk diperhatikan yaitu menjaga kualitas produk agar selalu baik. Dengan begitu, masyarakat akan semakin percaya pada produk yang dijual dan menjadikannya lebih unggul dari para kompetitor lainnya. Dan jangan lupa untuk mendaftarkan produkmu ke BPOM serta sertifikasi produk halal.

Itulah berbagai strategi yang bisa kamu lakukan sebelum memulai bisnis minuman beras kencur. Tertarik untuk mencobanya ?

Related Posts