Home Bisnis dan Usaha Software Akuntansi untuk Pemilik UMKM, Perlukah?

Software Akuntansi untuk Pemilik UMKM, Perlukah?

by Lara Nifa
Software Akuntansi untuk Pemilik UMKM, Perlukah?

Sebagai pelaku UMKM, mengawasi arus keuangan sangatlah penting. Tidak seperti dulu yang mana pencatatan arus keuangan harus menggunakan cara manual, sekarang akuntansi berbasis teknologi sudah sangat membantu sekali. Salah satunya adalah penggunaan software akuntansi sangatlah disarankan. Tapi, perlukah pemilik UMKM menggunakan software ini? Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasannya berikut ini. 

Pentingnya Software Akuntansi untuk Pemilik UMKM 

Apabila ingin melihat seberapa pentingnya dari software akuntansi, maka Anda harus tahu manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat dari software akuntansi untuk pelaku UMKM: 

Arus kas akan tertata rapi dan lebih sehat 

Ketika Anda menjalankan UMKM maka kerugian atau defisit adalah salah satu yang tidak boleh terjadi. Pengeluaran yang terlalu besar dan tidak sebanding dengan jumlah penjualan terkadang menjadi masalah utama mengapa pelaku UMKM sering mengalami kerugian. Hal inilah yang harus segera diperbaiki. 

Apabila terus dibiarkan maka sudah pasti aktiva lancar perusahaan akan terus berkurang dan terkuras hingga habis. Hasilnya pun pemilik usaha hanya bisa mengandalkan dana pinjaman atau berhutang agar usahanya ini terus berjalan. 

Maka daripada itu, sebagai pemilik UMKM, sebaiknya Anda tahu dan memahami dana perusahaan yang ada digunakan untuk apa. Namun, dengan banyak kejadian yang terjadi pemilik bisnis tidak mempunyai kemampuan karena tidak memiliki pencatatan yang baik ditambah dengan kesibukan ketika menjalankan usahanya. 

Dari sinilah maka seorang pemilik UMKM sangat membutuhkan software akuntansi baik itu online maupun offline. Di mana dengan adanya software ini akan membantu pemilik UMKM untuk bisa melakukan perbaikan dalam catatan pengeluaran serta pemasukan. 

Pemilik UMKM dapat lebih memahami kondisi keuangan 

Ketika menggunakan aplikasi akuntansi, maka akan tercatat dengan jelas dana-dana yang dikeluarkan serta dana yang masuk. Sehingga pemilik usaha akan lebih memahami arus keuangan yang terjadi di dalam usaha mereka. Ini sangatlah penting, agar nantinya pemilik usaha bisa mengatur uang belanja, menggaji karyawan dan lain sebagainya dengan lebih mudah. 

Dana-dana yang tercatat bisa langsung dicatat dan diletakan di pos yang sudah dibuat. Sehingga pemilik UMKM menjadi lebih tahu berapa besaran dana yang diperlukan untuk masing-masing kebutuhan yang berhubungan dengan usaha yang dijalankan. 

Tahu besaran untung yang diperoleh 

Selanjutnya dengan menggunakan aplikasi atau software akuntansi ini, maka sebagai pelaku UMKM akan mengetahui berapa untung yang didapatkan dalam kurun waktu tertentu. Dengan adanya pencatatan keuangan yang jelas baik itu laba kotor dan pengeluaran, maka sudah dapat dipastikan pemilik usaha akan tahu berapa laba bersih yang didapatkan. 

Dengan mengetahui laba yang diperoleh, maka pemilik usaha akan bisa memanfaatkan laba tersebut untuk kembali mengembangkan usaha yang dijalankan. Sistem software akan dengan mudah memberikan penjelasan tentang pendapatan sebuah usaha baik itu dalam sebulan, dua bulan bahkan tahunan. 

Tidak perlu repot melakukan penagihan 

Dengan adanya perangkat lunak yang khusus akuntansi, maka pemilik usaha juga bisa memanfaatkan untuk melakukan penagihan. Karena sudah jelas berapa pengeluaran dan pemasukan yang harus didapatkan, maka pelaku UMKM dapat dengan mudah membuat invoice, faktur dan lain sebagainya. Biasanya software-software akuntansi telah memiliki template surat yang berhubungan dengan penagihan. Sehingga, akan lebih memudahkan dalam menagih kepada klien. 

Dari penjelasan tersebut, maka sudah dapat dinilai bahwa software akuntansi sangatlah diperlukan untuk pelaku UMKM. Jadi, jika Anda memang menjalankan sebuah usaha lebih baik menggunakan perangkat lunak tambahan agar dapat membantu Anda dalam pencatatan keuangan. 

Rekomendasi Software Akuntansi untuk Pelaku UMKM 

Ada pun rekomendasi dari perangkat lunak akuntansi yang cocok digunakan oleh pelaku UMKM, seperti berikut ini: 

Jurnal By Mekari 

Software pertama adalah Jurnal by Mekari yang mana perangkat ini memiliki basis cloud dan dilengkapi dengan fitur terbaik dan terintegrasi. Dengan menggunakan Jurnal, Anda tidak perlu lagi membayar biaya instalasi ataupun mengunduh aplikasi. Karena Anda dapat membukanya dengan melalui browser yang dimiliki. 

Jurnal by Mekari ini sendiri juga menggunakan desain dasbor yang sangat modern dan intuitif, sehingga Anda tidak harus memiliki kemampuan dalam bidang teknis untuk dapat menguasai software ini. Aplikasi ini memang sangat cocok sekali digunakan oleh UMKM yang baru saja berkembang ataupun skala kecil hingga menengah. Banyak sekali fitur menarik yang sangat membantu dalam urusan akuntansi pada perangkat yang satu ini. 

Accurate 

Rekomendasi selanjutnya adalah Accurate yang dikenal sebagai aplikasi akuntansi yang intuitif dan interface. Ada dua paket yang disediakan oleh Accurate yaitu paket Online dan Desktop 5. Seperti namanya untuk paket Accurate online, berarti seluruh datanya tersimpan secara online, sedangkan yang Desktop 5 berarti menggunakan komputer dengan penyimpanan lokal. Beberapa fitur yang disediakan oleh software yang satu ini adalah seperti manajemen piutang, pembuatan surat jalan, inventory, buku besar, kas dan lain sebagainya. 

Demikianlah pembahasan pentingnya software akuntansi untuk pelaku UMKM. Dengan menggunakan software akuntansi, diharapkan pemilik UMKM akan mampu menata arus keuangan yang terjadi dalam perusahaan . 

Related Posts