Home Bisnis dan Usaha Sisi Menarik Saat Memilih Buka Usaha Secara Pribadi

Sisi Menarik Saat Memilih Buka Usaha Secara Pribadi

by Lara Nifa

Bila ada orang yang mengatakan jika membuka usaha hanyalah hal yang sia-sia, maka dia belum tahu jika mempunyai usaha sendiri itu sebenarnya mempunyai manfaat dan sisi menarik tersendiri. Karena kamu bisa mengetahui seberapa majunya dirimu, bebas dalam menentukan cara kerja hingga bisa merasakan kepuasan karena berhasil mencapai target yang diinginkan.

Berikut dibawah ini adalah hal-hal menarik yang bisa kamu dapatkan ketika mempunyai bisnis sendiri, yaitu :

Penghasilan yang diperoleh bisa tidak terbatas

Sisi menarik yang pertama ketika kamu memilih untuk membuka usaha pribadi adalah penghasilan. Saat kamu bekerja disebuah perusahaan, tentunya penghasilan yang diperoleh sudah ditentukan dan baru akan bertambah ketika kamu berhasil mencapai target atau naik jabatan.

Namun, ketika kamu membuka bisnis pribadi penghasilan yang kamu peroleh bisa jauh lebih besar dibanding ketika bekerja dengan orang lain. Tetapi, ini semua ditentukan pula bagaimana kamu bisa mempromosikan, menjual dan seperti apa kinerjamu. Jika, kamu saja malas-malasan, pastinya tidak mungkin mendapat hasil yang besar.

Itulah mengapa mempunyai sebuah usaha dibutuhkan komitmen tinggi. Tujuannya agar apa yang dihasilkan juga bisa lebih baik dari yang sudah-sudah. Kamu tidak boleh sembarangan dan harus konsisten, sehingga usaha yang dijalankan bisa dikenal banyak orang. Semakin banyak yang kenal, pasti akan semakin banyak penghasilan yang kamu peroleh.

Kemampuan yang dimiliki bisa lebih berkembang

Sisi menarik yang bisa kamu dapatkan selanjutnya ketika memutuskan untuk memiliki usaha pribadi adalah kamu bisa lebih memaksimalkan keahlian dan kemampuan diri sendiri. Kamu bisa lebih bebas mengekspresikan ide kreatif, mengasah kemampuan bersosialisasi, menjual, bernegosiasi serta masih banyak lagi. 

Berkreasilah, keluarkan semua ide yang kamu miliki yang selama ini tertahan, perkenalkanlah pada dunia inovasi baru yang kamu punya. Tidak perlu takut, karena usaha ini milikmu, maka kamu adalah bosnya. Contohnya bila kamu memiliki minat pada bidang traveling, kamu bisa memulai dengan menjadi pemandu wisata privat.

Dimana yang menyewa jasamu adalah orang-orang yang memang tidak ingin terikat dengan jadwal perusahaan travel. Biasanya yang membutuhkan guide lokal seperti ini adalah turis mancanegara, namun pastikan bila kamu memang sudah menguasai kawasan tersebut agar tidak salah jalur. Tidak lucu bila seorang pemandu malah tersesat bersama dengan yang dipandu.

Fleksibel dalam mengatur waktu kerja

Kefleksibelan dalam bekerja dan mengatur waktu juga sisi menarik yang bisa kamu dapatkan ketika menjalankan usaha pribadi. Namun, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan, hanya saja kamu dapat menentukan kapan mulai bekerja dan berhenti. Sehingga tidak membebani diri, hal seperti ini tidak mungkin bisa kamu peroleh apabila bekerja dibawah orang lain.

Karena saat kamu bekerja dibawah kepemimpinan orang lain, ini merupakan sebuah transaksi. Dimana kamu menjual tenaga dan waktu, kemudian perusahaan membayarmu sebagai imbalan. Walau terkadang hasil yang kamu peroleh tidak sepadan dengan kebutuhan dan masih harus mencari tambahan pekerjaan lainnya.

Namun, ketika kamu memilih untuk menjalankan usaha sendiri dimana kamu yang menentukan besaran target seperti penghasilan, waktu memulai, berhenti dan lain sebagainya. Itu sudah menjadi konsekuensi kamu, semakin kamu rajin membuka/ mempromosikan usaha tentunya akan semakin banyak penghasilannya, tetapi jika kamu malas-malasan maka terima apa adanya.

Melatih mental agar lebih tahan banting dan bisa mandiri

Sisi menarik berikutnya dengan kamu mempunyai usaha sendiri adalah bisa sekaligus melatih mental agar kamu tidak mudah goyah dalam menjalankan bisnis. Selain itu, kamu juga dituntut menjadi pribadi yang mandiri. Apalagi untuk mendirikan sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, sebab pastinya banyak kendala dan masalah yang datang.

Ketika datang masalah, siapa yang bisa kamu andalkan bila bukan diri sendiri. Karena jika kamu amati, para pelaku usaha yang saat ini sudah mempunyai perusahaan besar pastinya mempunyai mental dan kemandirian yang kuat. Sebab jika tidak memilikinya, maka kerajaan bisnis yang mereka bangun tidak akan bisa kita lihat sekarang ini, apalagi di tengah gempuran persaingan dan masalah ekonomi saat ini. 

Mendapatkan kepuasan tersendiri saat mencapai target

Terakhir yang bisa kamu dapatkan ketika mempunyai usaha sendiri adalah saat target yang diinginkan bisa tercapai karena usaha sendiri, tentu akan merasakan sebuah kepuasan tersendiri karena sudah berhasil mendapatkan hal yang ditargetkan.

Sehingga kamu bisa memulai untuk membuat rencana dan target baru yang lebih tinggi supaya usaha yang kamu miliki dapat berkembang dengan lebih pesat dan besar. Tentunya dengan begitu, kamu akan lebih puas akan diri sendiri.

Nah, itulah tadi sisi menarik ketika kamu memilih untuk menjalankan usaha mandiri, milikmu sendiri dengan segala tanggung jawab dan juga konsekuensi yang harus kamu hadapi. Namun, dari semua itu tentunya kamu tidak terikat dengan orang lain, karena semuanya adalah keputusan pribadi. Kamu hanya perlu menentukan visi-misi dan berkomitmen tinggi agar dapat meraih keberhasilan sesuai dengan rencana yang dibuat.

Related Posts