Home Investasi Simak Rekomendasi Saham jangka Panjang Yang Perlu Diketahui

Simak Rekomendasi Saham jangka Panjang Yang Perlu Diketahui

by Greg Pascal
rekomendasi saham

Apakah Anda hendak berinvestasi jangka panjang? Tapi Anda masih bingung ingin berinvestasi di mana? Jangan khawatir. Artikel ini akan membahas tentang rekomendasi saham yang cocok untuk investasi jangka panjang. 

Namun perlu diingat, rekomendasi di artikel ini tak sepenuhnya harus Anda ikuti. Anda berhak tidak mengikuti rekomendasi di artikel ini. Sebaiknya Anda melakukan riset mandiri terhadap saham yang direkomendasikan artikel ini agar sesuai harapan Anda. 

Sebelum Anda menentukan saham yang ingin Anda beli, Anda harus analisa sendiri. Anda harus bertanggung jawab terhadap investasi Anda sendiri. Jangan sampai Anda mengikuti jejak teman Anda dan pada akhirnya Anda akan rugi. Ada baiknya Anda memilih jalan sendiri, bukan mengikuti orang lain. 

Sebelum Anda melakukan investasi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan Anda berinvestasi. Misalnya Anda melakukan investasi dengan tujuan untuk biaya nikah beberapa tahun ke depan, investasi untuk biaya pendidikan anak di masa depan, investasi untuk membeli rumah, atau tak ada tujuan alias hanya menabung investasi saja. Setelah Anda mengetahui tujuan Anda berinvestasi, barulah Anda akan mengetahui instrumen keuangan apa yang cocok untuk Anda. 

Sektor saham terbaik untuk investasi jangka panjang diantaranya adalah finance, customer goods, dan telecomunication. Ketiga sektor ini selalu diperlukan di berbagai negara. Setiap negara tidak akan berkembang tanpa ketiga sektor tersebut. Mengapa demikian? 

Setiap negara pasti membutuhkan bank. Karena itulah investasi sektor finance merupakan pilihan yang baik. Untuk sektor customer goods, setiap orang pasti membutuhkan bahan baku untuk dikonsumsi. Alasan inilah yang menyebabkan sektor customer goods tidak akan pernah mati. Sedangkan pada sektor telecommunication, semua orang membutuhkan internet. Setiap orang pasti memiliki alat komunikasi, pastinya tidak pernah lepas dari handphone. Apalagi di zaman digital seperti ini, orang-orang tidak akan bisa hidup tanpa adanya sektor telecommunication.

Daftar Saham Terbaik

Berikut adalah daftar saham terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

1. BBCA

Mengapa BBCA? Harga saham BBCA selalu naik tiap tahunnya. Anda dapat mengecek grafik harga saham BBCA atau analisis mandiri. Dari tahun 2008 hingga tahun 2020 grafik BBCA selalu naik. Bayangkan saja apabila Anda mulai berinvestasi BBCA sejak 2008, kemudian memegang saham hingga tahun 2020. Harga BBCA di tahun 2021 yaitu 35.000. Uang Anda akan berkembang 10x lipat. 

rekomendasi saham

Baca Artikel Selanjutnya :

Selain itu, BBCA memiliki market cap yang besar. Mengapa market cap yang besar menjadi sangat penting? Apabila market cap suatu perusahaan atau bank besar, maka perusahaan atau bank tersebut tidak akan cepat bangkrut atau mati. BCA merupakan bank dengan market cap terbesar di Indonesia. Pastinya investasi Anda akan aman.

Setiap tahunnya, BCA mengalami kenaikan. Profit dari BCA sendiri mengalami pertumbuhan dana akan terus bertumbuh. Anda sebagai salah satu pemilik saham BCA pastinya akan mendapatkan keuntungan apabila BCA terus berkembang. Bisa saja di tahun 2022 saham BCA akan mengalami kenaikan lagi. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih saham BBCA. 

Alasan lainnya mengapa Anda memilih BBCA karena BCA sering membagikan dividen. Walaupun dividend BCA tidak 100%, namun Anda akan mendapatkan keuntungan. Anda akan mendapatkan keuntungan dari capital gain yang akan terus naik tiap tahunnya. Anda juga akan mendapatkan bonus dari dividen yang dibagikan. Lumayan, bukan.

2. BBRI

Mengapa BBRI? Harga saham BBRI terus mengalami kenaikan. Sama seperti BBCA, harganya terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Selain itu, BBRI juga memiliki market cap yang besar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa market cap yang besar sangatlah penting untuk pemegang saham. BBRI adalah pemegang market cap terbesar kedua setelah BBCA. Alasan lainnya adalah BBRI adalah bank yang memiliki aset terbesar. Untungnya lagi, BRI sering membagikan dividen. 

3. Telkom

Rekomendasi saham terbaik selanjutnya adalah telkom. Fundamental perusahaan telkom sangat bagus. Apalagi telkom memiliki banyak menara dibandingkan perusahaan sektor telecommunication lainnya. Telkom pasti menjadi pilihan masyarakat untuk akses internet, telepon, dan lainnya. Jaringan sinyal telkom masih menjadi nomor satu di Indonesia. Tak lupa market cap telkom yang sangat besar. 

Karena perusahaan telkom yang selalu berkembang tiap tahunnya, tak jarang telkom membagikan dividen tiap tahunnya. Angka divided juga besar. Mengapa dividen penting? Karena apabila Anda membeli saham jangka panjang, Anda tak hanya mengandalkan keuntungan dari capital gain saja. Keuntungan selain capital gain adalah dividend. Memangnya jumlahnya tidak akan sebesar capital gain, namun akan tetap menambah keuntungan Anda. 

Demikianlah rekomendasi saham yang layak dipertimbangkan untuk investasi saham jangka panjang. Jangan lupa Anda harus melakukan analisis mandiri terhadap perusahaan dan bank yang telah direkomendasikan. Diharapkan Anda memilih saham dengan bijak dalam berinvestasi. 

Related Posts