Home Kredit Simak Daftar Pinjaman Syariah Bebas Riba Berikut Ini

Simak Daftar Pinjaman Syariah Bebas Riba Berikut Ini

by Greg Pascal
pinjaman syariah

Pengeluaran tidak bisa diprediksi. Apakah Anda membutuhkan dana dalam waktu yang cepat? Anda sudah mencoba meminjam pada teman dan tetangga tapi tidak bisa? Tenang, masih ada jalan. Anda bisa mencoba aplikasi pinjaman online. Tapi, Anda takut aplikasi pinjaman mengandung riba? Kini hadir pinjaman syariah yang bebas riba. Anda tidak perlu khawatir, dana akan cair dan terbebas dari riba. Penasaran? Simak pinjaman online syariah berikut ini.

Pinjaman syariah adalah proses pinjam meminjam yang sesuai dengan syariat islam dan bebas dari riba. Berbeda dengan pinjaman konvesional yang menerapkan sistem bunga. Bunga tersebut nantinya harus dibayar oleh peminjam setiap bulannya sesuai dengan jumlah yang telah disepakati sebelumnya. Sedangkan pada pinjaman syariah, sistem yang diterapkan adalah bagi hasil. Bagi hasil didapatkan dari pihak peminjam kepada Pihak pemberi pinjaman. Sebelumnya kedua belah pihak melakukan akad atau kesepakatan jumlah bagi hasil di awal. Barulah apabila kedua belah pihak setuju, transaksi dapat dilakukan. 

Daftar Pinjaman Syariah

Berikut adalah daftar pinjaman online syariah.

1. Dana Syariah

Aplikasi Dana Syariah memungkinkan setiap orang untuk bisa mendapatkan pembiayaan dari dana syariah. Maupun ikut berkontribusi pendanaan dalam beberapa proyek yang sedang berlangsung. Bagi Anda yang ingin menjadi pendana atau peminjam dana, Anda bisa mendaftar di website Dana Syariah. Anda harus mengikuti syarat dan ketentuan yang ada pada aplikasi tersebut. 

Dana Syariah berfokus pada bisnis properti, sehingga pinjaman yang diberikan dikhususkan untuk proyek-proyek properti. Setelah Anda mendaftar, Anda dapat mengajukan proposal proyek properti yang telah diverifikasi. Untuk verifikasi proyek properti, tim Dana Syariah akan melakukan survey ke lokasi proyek. Tim Dana Syariah akan mendatangi dan memantau proyek terlebih dahulu. Apabila hasil survey lolos, maka selanjutnya adalah penandatanganan, akad, dan perjanjian kerja sama.

2. Investree

Investree adalah aplikasi pinjaman online syariah yang dapat meminjam ataupun mendanai dengan imbal hasil yang cukup menguntungkan, yakni sampai 20%. Apabila Anda membutuhkan dana untuk bisnis dan usaha Anda, ataupun untuk keperluan lainnya, Anda dapat meminjam lewat investree. Investree adalah tempat bertemunya peminjam dan pemberi pinjaman. 

Apabila Anda menjadi peminjam, maka Anda diharuskan mengisi data terlebih dahulu. Setelah data Anda terisi, pengajuan pinjaman Anda akan dianalisis oleh tim Investree. Apabila aplikasi pinjaman Anda lolos survey dan dinilai layak, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendanaan dari para pemberi dana di Investree. 

3. Alamishaira

 Alamishaira memberikan kesempatan bagi nasabah untuk mengakses pinjaman. Namun yang membedakan adalah pinjaman online ini memberikan akses dana untuk meminjam hanya bagi UMKM atau pengusaha kecil menengah. Sehingga apabila Anda tidak memiliki usaha atau meminjam untuk keperluan konsumtif tidak bisa menggunakan aplikasi pinjaman online ini. 

pinjaman syariah

Baca Artikel Selanjutnya :

Pada Alamishaira jumlah pinjaman yang diberikan yaitu sekitar 50 juta sampai dengan 2 milyar rupiah. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari aplikasi ini, Anda dapat mengajukan aplikasi pinjaman dan mengajukannya. Selanjutnya aplikasi pinjaman yang Anda ajukan akan dianalisa terlebih dahulu, apakah layak atau tidak untuk menerima pinjaman. 

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yaitu usaha harus sudah berbentuk badan usaha seperti PT, CV, atau yayasan yang telah menjalankan aktivitas dan sesuai dengan prinisp dan syariat islam. Selain itu perusahaan harus melampirkan rekening koran terakhir selama  bulan untuk mengajukan pinjaman. 

4. Duha Syariah

Duha Syariah menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu pembiayaan konsumtif berupa barang atau jasa, yang kedua adalah pembiayaan perjalanan religi. Pinjaman konsumtif yakni pinjaman yang diberikan untuk Anda yang berbelanja di marketplace yang telah bekerja sama dengan Duha Syariah. Barang yang Anda beli dapat dicicil melalui Duha Syariah dengan platfrom pinjaman hingga 20 juta dan imbal hasil yang flat 2% setiap bulannya. 

5. Ammana

Ammana menerapkan sistem di mana pelaku UMKM wajib menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdapat di Ammana yang berfungsi sebagai lembaga kekurasi kelayakan UMKM yang akan didanai bersama para pendana. Dalam hal kemitraan, Amanna menerapkan pembagian keuntungan dari hasil pendanaan produktif dengan sistem murni bagi hasil antara pendana dengan lembaga keuangan mikro syariah mitra Amanah seperti PPS, serta lembaga keuangan syariah lainnya. 

Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman pada aplikasi Amanna, maka Anda harus menjadi anggota UMKM yang menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdapat di Amanna. Pinjaman yang Anda ajukan juga bertujuan untuk kemajuan UMKM Anda, bukan untuk keperluan pribadi Anda.

6. Danakoo Syariah

 Danakoo merupakan aplikasi pinjaman online syariah yang menawarkan produk pembiayaan syariah dan non syariah. Untuk peminjam syariah terdapat dua jenis pinjaman di Danakoo, yaitu pinjaman multiguna syariah dan multi jasa syariah. Pinjaman multiguna ditujukan untuk pembiayaan barang, kendaraan, ataupun DP rumah dengan akad murabahah. Jumlah pembiayaan adalah sebesar 1 hingga 10 juta dengan tenor 3, 6, 9, serta 12 bulan. Imbal hasil yang harus dibayarkan oleh peminjam adalah 1 hingga 5% tergantung pada lama tenornya.

Demikianlah daftar pinjaman syariah yang bisa Anda pilih bagi Anda yang membutuhkan dana cepat. Jangan lupa Anda harus melunasi pinjaman yang telah Anda ajukan sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Sebisa mungkin hindari pinjaman kecuali jika Anda butuh dana darurat.  

Related Posts