Home Administrasi Simak Cara Mengurus Surat Nikah Berikut Ini

Simak Cara Mengurus Surat Nikah Berikut Ini

by Greg Pascal
cara mengurus surat nikah

Setiap pasangan pastilah menginginkan hubungan yang halal dan membentuk keluarga yang bahagia. Pastinya pasangan tersebut cepat atau lambat akan melaksanakan pernikahan supaya hubungan mereka sah dan diakui negara. Calon pengantin haruslah mengurus surat nikah jika ingin melaksanakan pernikahan. Anda dapat menyimak cara mengurus surat nikah berikut ini.

Cara Mengurus Surat Nikah

1. Datang ke kelurahan untuk meminta formulir pernah menikah dan formulir N1

Anda tidak perlu membawa berkas apapun untuk mendapatkan formulir pernah menikah dan formulir N1. Anda hanya perlu meminta kepada petugas kelurahan. Kemudian Anda mengisi formulir yang sudah Anda dapatkan. Jangan lupa memberi materai pada formulir yang Anda isi dan tanda tangan. 

2. Meminta surat pengantar pada pak RT

Setelah Anda mengisi formulir dan menandatangani formulir tersebut, Anda pergi ke rumah ketua RT di wilayah Anda. Anda meminta surat pengantar untuk mengurus surat pernikahan dari ketua RT di wilayah Anda. Anda harus membawa fotocopy KTP dan fotocopy KK untuk mendapatkan surat pengantar tersebut. Formulir belum pernah menikah dan dan formulir N1 harus ditandatangani dan di tempel stempel RT dan RW. 

3. Sertifikat layak menikah

Sertifikat layak menikah akan Anda dapatkan setelah Anda memeriksakan diri ke puskesmas di wilayah Anda. Anda harus membawa fotocopy KTP dan surat pengantar RT RW yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Anda bisa meminta tolong pada petugas agar diarahkan kepada poli calon pengantin. Kemudian Anda hanya perlu menunggu giliran Anda. 

Anda akan diberi pertanyaan seperti tinggi badan, berat badan, pemeriksaan tensi, dan lainnya. Anda akan diberikan konseling dan diberikan surat keterangan untuk periksa darah di lab. Setelah selesai dengan pemeriksaan kesehatan, Anda diharuskan memeriksakan diri ke lab.

4. Menunggu sertifikat layak kawin dari puskesmas

Setelah Anda menjalankan pemeriksaan kesehatan dan cek lab, selanjutnya Anda harus menunggu sertifikat keterangan layak kawin dari puskesmas. Biasanya waktu yang diperlukan untuk pembuatan SKLK adalah 3-4 hari tergantung puskesmas di wilayah Anda. Selanjutnya Anda perlu meng foto copy sertifikat tersebut untuk Anda bawa ke kelurahan. Masa berlaku sertifikat ini adalah 1 bulan dari tanggal pembuatan. 

cara mengurus surat nikah

Baca Artikel Selanjutnya :

5. Semua berkas dan difotocopy dan dibawa ke kelurahan

Anda pergi ke kelurahan dengan membawa berkas-berkas berikut ini.

  • Surat pengantar RT RW
  • Fotocopy KTP pemohon
  • Fotocopy KTP orang tua pemohon
  • Fotocopy KTP calon istri atau suami
  • Fotocopy KK pemohon
  • Fotocopy sertifikat layak kawin
  • Fotocopy akte cerai (jika status janda atau duda)

Berkas-berkas tersebut digunakan untuk membuat surat pengantar ke KUA dan membuat surat keterangan belum menikah (jika status perawan dan perjaka). 

Petugas kelurahan akan memeriksa semua berkas yang Anda serahkan. Nantinya kelurahan akan memberikan Anda surat pengantar untuk ke KUA. 

6. Datang ke KUA

Setelah semua berkas Anda lengkap, jangan lupa untuk memfotocopy berkas tersebut. Setelah Anda mendapatkan surat pengantar dari kelurahan, Anda tinggal datang ke KUA. Jika Anda melaksanakan akad di KUA, maka Anda tidak akan dikenakan biaya. Apabila Anda melaksanakan akad nikah di luar KUA, maka Anda dikenakan biaya. 

Cara membuat surat numpang nikah

Pernikahan dilaksanakan di kecamatan calon mempelai perempuan. Apabila calon suami tinggal di kecamatan yang berbeda, maka dia harus membuat surat numpang nikah. Calon suami diharuskan mendatangi KUA dengan membawa berkas untuk membuat surat numpang nikah. Berkas yang harus dibawa adalah:

  • Surat pengantar dari RT RW
  • Sertifikat layak kawin
  • Pengantar dari kelurahan
  • Fotocopy KTP pemohon dan calon istri atau suami
  • Fotocopy KTP orang tua pemohon
  • Fotocopy akte kelahiran
  • Fotocopy ijazah terakhir
  • Fotocopy KTP saksi
  • Surat pernyataan belum pernah menikah dari kelurahan
  • Fotocopy akte cerai jika janda atau duda
  • Foto ukuran 2 x 3 sebanyak 4 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar background foto berwarna biru

Berkas di atas disatukan dengan berkas calon suami atau istri. Selanjutnya calon pengantin mendatangi KUA untuk mendaftar. Berkas yang Anda bawa diserahkan pada petugas KUA. Petugas KUA akan memberikan formulir N3, formulir persetujuan mempelai. Formulir ini berisi biodata calon istri, suami, orang tua, dan wali. 

Anda akan diberikan formulir lainnya yang akan berisi jumlah mas kawin. Berkas lainnya akan diperiksa oleh petugas KUA. Berkas tersebut nantinya akan dibawa ke penghulu. Berkas akan dikonfirmasi pada calon pengantin. Selanjutnya Anda hanya perlu membayar sebesar 600 ribu apabila Anda menikah di luar KUA. Apabila Anda menikah di KUA, maka tidak dikenakan biaya.   

Kapan Anda harus mengurus surat nikah?

Jika Anda ingin mengurus surat nikah, ada baiknya Anda mengurusnya 2 bulan sebelum acara akad nikah dilaksanakan. Cara membuat surat nikah tidaklah lama. Apabila Anda menunda setiap proses pembuatan surat nikah, maka waktu yang diperlukan juga akan lama. 

Seperti itulah tahapan cara mengurus surat nikah. Pastikan Anda membawa berkas yang diperlukan secara lengkap. Jangan lupa memfotocopy berkas yang telah Anda siapkan sebelumnya. Prosesnya tidak rumit. Sebaiknya Anda mengurus surat nikah dua bulan sebelum acara akad pernikahan Anda. 

Related Posts