Home Administrasi Simak Cara Mengurus IMB, Siapkan Persyaratan Ini!

Simak Cara Mengurus IMB, Siapkan Persyaratan Ini!

by Greg Pascal
cara mengurus IMB

Apa itu IMB (Izin Mendirikan Banguan) adalah perizinan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan atau merawat bangunan gedung sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Bagi Anda yang masih asing dengan IMB, tidak tahu cara mengurusnya, Anda bisa menyimak cara mengurus IMB berikut ini. 

IMB merupakan bukti legalitas suatu bangunan. Apabila Anda tidak memiliki IMB atas bangunan milik Anda, maka bangunan tersebut tidak akan bernilai di mata perbankan. Selain Anda memiliki sertifikat tanah dan hak milik, maka IMB menjadi bukti kepemilikan dan kelegalan suatu bangunan. 

Keuntungan memiliki IMB

Terlindungi dari hukum secara maksimal

IMB sendiri memberikan keuntungan untuk Anda. Dengan memiliki IMB otomatis Anda akan terlindungi dari hukum secara maksimal. Apabila bangunan Anda dibongkar sewaktu-waktu, hal tersebut tidak bisa dilakukan sewenang-wenang. Pihak yang melakukan pembongkaran tersebut tidak bisa mengganggu gugat bangunan Anda tanpa izin apabila Anda memiliki izin mendirikan bangunan. 

Keuntungan ini pastinya akan memberikan ketenangan pada diri Anda. Apabila Anda seorang pengusaha dan menjadikan bangunan Anda untuk aktivitas usaha, Anda tidak perlu khawatir akan menghadapi masalah terkait bangunan di kemudian hari. 

Harga jual bangunan Anda meningkat

Bangunan yang sudah memiliki IMB jauh lebih mahal daripada bangunan yang belum memiliki IMB. Anda dapat memberikan penjelasan pada calon pembeli bahwa bangunan Anda memiliki IMB, maka harga bangunan tersebut lebih mahal. Contohnya, apabila bangunan Anda seharga 1 milyar, namun karena Anda memiliki IMB, maka harga bangunan tersebut menjadi 1,5 miliar. 

Mempermudah aktivitas jual beli bangunan

Apabila Anda menyewakan bangunan Anda, maka proses antara penyewa dan pemilik bangunan akan lebih mudah. Apabila bangunan Anda disewa untuk aktivitas usaha, maka penyewa biasanya mensyaratkan bangunan tersebut sudah memiliki IMB. Pengusaha menghindari masalah di kemudian hari apabila usaha sudah jalan, kemudian bermasalah dengan bangunan yang telah disewa. Tentunya akan merepotkan dan merugikan.

Menjadi legalitas bangunan

Seperti disebutkan sebelumnya, IMB merupakan bukti legalitas suatu bangunan. Anda tidak perlu khawatir dengan bangunan yang Anda miliki apabila telah mengurus IMB. Aktivitas jual beli properti juga akan dipermudah. Dengan meningkatnya harga jual, Anda akan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Tak menutup kemungkinan dengan adanya IMB, akan mendatangkan keuntungan bagi Anda pebisnis properti. 

cara mengurus IMB

Baca Artikel Selanjutnya :

Syarat teknis dan syarat administrasi mengurus IMB

Syarat administrasi

IMB diterbitkan oleh pemerintah daerah baik itu kabupaten atau kkota. Syarat administrasi utama adalah tanah. Kepemilikan tanah harus jelas. Apakah tanah milik pribadi, hibah, menyewa, dan disertai dengan buktinya. Kemudian Anda harus melampirkan KTP dan bukti kepemilikan tanah. 

Syarat teknis

Sedangkan untuk syarat secara teknis, Anda harus melampirkan gambar bangunan. Dari gambar tersebut, pihak Dinas akan menilai posisi bangunan Anda. Apakah bangunan Anda strategis, mengganggu tetangga, menutup jalan, dan lain sebagainya. Tetangga kanan kiri Anda harus memiliki jalan. Walaupun jalan yang tersedia hanya cukup untuk dilewati motor, hal itu tidak masalah asalkan tetangga Anda masih memiliki jalan. Syarat teknis selanjutnya Anda harus menyerahkan SKRK yang nantinya akan diperiksa oleh pihak Dinas. 

Setiap daerah memiliki syarat administrasi dan teknis yang berbeda-beda. Kurang lebih persyaratan akan sama seperti yang dilampirkan di atas. Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan secara detail. Apabila kedua syarat telah Anda penuhi, selanjutnya Anda mengajukan IMB pada Dinas. Pihak Dinas akan melakukan survey ke lokasi bangunan Anda. 

Cara mengurus IMB

Untuk mengurus IMB, Anda harus melengkapi persyaratan terlebih dahulu. Syarat yang pertama adalah gambar bangunan dibuat oleh arsitek bangunan. Syarat yang kedua, fotocopy KTP. Syarat ketiga fotocopy sertifikat tanah. Syarat yang keempat fotocopy PBB pajak tanah. Kemudian Anda mengisi formulir permohonan IMB dari Dinas PTSP. Syarat kelima, Anda melampirkan denah lokasi bangunan Anda. Syarat lainnya adalah bukti SKRK asli. 

Apabila syarat-syarat tersebut sudah Anda penuhi, silahkan ajukan ke Dinas PTSP. Kemudian Anda perlu menunggu, pihak Dinas akan datang ke lokasi banguan Anda untuk melakukan survey bangunan. Apabila tidak ada masalah, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak Dina IMB Anda sudah jadi. Pihak Dinas akan menghubungi Anda melalui telepon atau sms untuk menginformasikan hal tersebut. 

Cara mengurus IMB tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. IMB diterbitkan oleh pemerintah daerah. Setiap daerah memiliki syarat administrasi dan teknis sesuai kebijakan pemerintah daerah masing-masing. Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan pengajuan IMB di daerah tempat Anda tingal. 

Related Posts