Home Bisnis dan Usaha Siapkan Mental, Berikut Ini Tantangan Saat Memulai Usaha

Siapkan Mental, Berikut Ini Tantangan Saat Memulai Usaha

by Lara Nifa

Saat pertama akan memulai suatu bisnis atau usaha, akan muncul berbagai kendala yang segera dihadapi oleh para pengusaha baru. Tapi, bukan berarti menjadi pengusaha pemula gampang patah semangat saat dihadapkan oleh berbagai kendala yang ada. Berikut merupakan hal-hal yang bisa menjadi kendala ketika Kamu memulai suatu bisnis.

Baik usaha berskala besar hingga skala kecil sekalipun, Kamu tentu akan dihadapkan oleh tantangan yang umumnya sering terjadi atau yang juga dirasakan oleh para pengusaha profesional lainnya. Nah, untuk Kamu yang memiliki rencana untuk membangun dan memulai sebuah bisnis dan disini Kamu berstatus sebagai pengusaha pemula maka Kamu harus mempersiapkan mental agar tetap bisa bertahan dan melanjutkan usaha tersebut. Tantangan-tantangan tersebut antara lain:

1.       Bingung Memilih Jenis Usaha

Jika kebanyakan memiliki ide usaha tentu akan membuat Kamu semakin bingung dalam memilihnya. Terdapat banyak sekali kesempatan usaha yang menjanjikan. Akan tetapi, Kamu bingung dalam memilih jenis usaha terbaik serta cocok untuk dijalankan sendiri.

Rasanya Kamu sangat ini membuka kedai kopi, namun Kamu juga tertarik oleh bisnis properti atau bisnis startup. Menjalankan semuanya langsung sekaligus tentu tidak mungkin. Maka Kamu wajib memilih satu diantaranya.

Apabila Kamu bingung dengan hal inilah, cobalah Kamu untuk memilih usaha yang paling cocok dengan keahlian dan passion serta mempunyai prospek bagus kedepannya. Nah, itulah bentuk usaha yang paling pas untuk dijalankan oleh Kamu.

2.       Takut Bisnis Gagal

Kegagalan merupakan momok paling menakutkan untuk siapapun. Dimana kekhawatiran dan kecemasan merupakan hal yang wajar saja selama Kamu sendiri tidak membiarkannya dalam menghalangi upaya Kamu dalam melangkah. Kamu perlu melawannya serta selalu senantiasa berpikir positif, bergaul oleh orang-orang yang memotivasi dan selalu optimis. Melihat mereka yang saat ini sukses dengan kerja kerasnya serta berhasil merupakan kehidupan mereka menjadi lebih layak.

3.       Tidak Memiliki Modal Usaha

Kamu perlu menyesuaikan usaha Kamu dengan dana yang dimiliki. Apabila modal terbatas, Kamu bisa mencoba usaha kecil-kecilan dulu. Seperti usaha dropship online yang mana Kamu hanya bermodalkan gadget serta jaringan internet.

Akan tetapi, bila Kamu ingin menjalankan usaha dengan modal yang besar makan Kamu bisa mencari pemasukan tambahan yakni dengan bekerja sampingan. Atau bisa pula dengan mencari pinjaman uang kepada bank atau kerabat dekat.

Bahkan Kamu bisa mencari investor yang mau serta tertarik oleh konsep usaha milik Kamu. Kamu dapat menggaet investor lewat website crowdfunding. Dapat juga lewat kompetisi startup agar memperoleh pendanaan dari venture capital bila berhasil memenangkan sesi pitching.

4.       Tak Ada Tempat untuk Membuka Usaha

Saat ini harga penyewaan tempat sudah semakin mahal dan cukup menjadi kendala dalam berbisnis. Akan tetapi, tidak seluruh jenis usaha harus memiliki tempat atau menyewa sebuah tempat. Sebaiknya Kamu memulai usaha dari apa yang Kamu miliki saat itu juga.

Kamu dapat memulai usaha rumahan. Dimana Kamu dapat menawarkan barang dagangan secara online, menjalankannya dari tempat tinggal sendiri serta tidak perlu pusing untuk mencari-cari tempat usaha lagi.

5.       Merasa Tidak Memiliki Keahlian Berbisnis

Skill tentu sangat penting serta Kamu dapat mempelajarinya. Dengan banyak membaca, mengikuti kursus, seminar dan bergabung oleh komunitas pengusaha untuk memperoleh ilmu serta menambah jaringan berbisnis.

Para pengusaha yang telah meraih kesuksesan besar pun dulunya mereka juga pasti memulai usaha dari nol dan tak memiliki banyak pengalaman seperti yang Kamu rasakan saat ini. Itu berarti Kamu pun memiliki peluang yang sama oleh mereka, asal Kamu mau berjuang dan belajar terus menerus serta meningkatkan keahlian Kamu dalam dunia perbisnisan.

6.       Belum Siap Berhenti atau Resign dari Pekerjaan

Kamu focus ketika menjalankan suatu bisnis. Akan tetapi, bila Kamu sendiri merasa belum terlalu siap agar bisa meninggalkan pekerjaan yang masih dijalankan sekarang ini maka hal tersebut tidak perlu diambil pusing atau bahkan menjadi penghambat dalam upaya Kamu membangun bisnis yang sudah direncanakan dengan matang.

Kamu bisa-bisa saja menjalankan bisnis tanpa perlu resign dari tempat kerja Kamu saat itu, dan bahkan banyak para pekerja entah itu PNS, guru, dokter dan lain sebagainya mereka tetap bisa memulai, membangun dan menjalankan bisnis mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang usahanya semakin besar dan sangat populer.

Akan tetapi, jika ini menjadi pilihan Kamu, maka Kamu harus bersiap untuk menerima semua resikonya, mulai dari waktu, tenaga dan lain sebagainya. Karena pada prosesnya Kamu harus disiplin waktu dan pintar dalam mencari waktu agar semuanya tetap bisa berjalan antar pekerjaan di kantor dengan bisnis. Dengan kepadatan rutinitas ini, tentu mental dan juga kesehatan tubuh wajib dijaga.

 

Related Posts